-->

Tips Pencegahan Penuaan Dini

Tips Cegah Penuaan Dini - Menjadi tua adalah salah satu hal yang tidak bisa terhindarkan karena merupakan hal yang hakiki dan pasti akan terjadi pada siapapun orangnya dan dari latar belakang apapun mereka. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mampu menghentikan terjadinya penuaan. namun walalupun demikian saat ini banyak orang yang mengeluhkan karena dirinya sudah terlihat menjadi tua padahal usianya seharusnya belum sedemikian.

Mencegah penuaan dini.
Ilustrasi penuaan dini (via Google.com)

Hal ini yang sering disebut dengan istilah penuaan dini, yaitu sebuah proses penuaan yang terjadi sebelum waktunya. Namun, tenang saja karena ada beberapa cara yang bisa menghambat terjadinya penuaan dini, sehingga membuat tubuh akan terlihat lebih segar dan awet muda.

Ada dua faktor yang memungkinkan terjadinya penuaan dini, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia. Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres yang dialami seseorang.

Sedangkan penuaan dini yang disebabkan oleh faktor eksternal antara lain meliputi:

1. Sinar matahari
2. Radikal bebas
3. Kelembaban udara
4. Polusi udara
5. Merokok
6. Alkohol
7. Nutrisi yang buruk
8. Kurang tidur atau sering begadang
9. AC
10. Stress
11. Kafein
12. Makanan

Cara mengatasi penuaan dini


Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi penuaan dini, diantaranya adalah :

1. Menggunakan madu
2. Pisang
3. Kentang dan bengkoang
4. Minyak zaitun dan lemon
5. Minyak kelapa
6. Anggur hijau
7. Kulit semangka
8. Nanas
9. Mentimun
10. Buah alpukat

Buah markisa 


Buah markisa kaya akan vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat berguna bagi tubuh. Buah markisa mengandung vitamin A, B6, B12, C dam D. Selain itu, beberapa mineral seperti zat besi, magnesium, sodium, potassium, kalsium dan sedikit asam folat juga terdapat dalam buah markisa. Di dalamya juga terkandung karbohidrat dan protein yang cukup besar.

Arsip Lain:


Buah markisa memiliki senyawa fitokimia yang cukup lengkap, di antaranya polifenol dan karotenoid yang berfungsi melawan sel kanker. Pada markisa yang berwarna kuning juga terdapat senyawa harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Selain itu, kandungan gizi seperti serat posfor, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat juga dimiliki oleh buah markisa.

Adapun manfaat yg dimiliki buah markisa adalah :
1. Sebagai Sumber Serat
2. Sebagai Sumber Antioksidan
3. Menjaga Imunitas Tubuh
4. Mencegah Penuaan Dini
5. Membantu Meremajakan Kulit
6. Mencegah Kerutan Kulit Wajah
7. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit
8. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah markisa menjadi sumber antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas sendiri menjadi penyebab utama dari penuaan dini pada kulit atau tubuh kita.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah markisa menjadi sumber antioksidan alami yang dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas. Kedua kandungan tersebut sangat membantu dalam mencegah & memperlambat penuaan dini atau anti aging. Kandungan vitamin C pada buah markisa dapat membantu dalam pembentukan kolagen di dalam sel kulit. Sehingga kulit lebih awet muda, elastis, kencang, dan segar.

Buah markisa dapat juga melembabkan kulit. Kulit kering cenderung lebih rentan terhadap timbulnya keriput. Kandungan minyak alami dalam sel kulit membuat kulit lebih lembab dan segar. Kulit yang lembab tentunya mengurangi resiko di datangani masalah kulit keriput. Buah markisa memilki sifat yang dapat menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit. Mengaplikasikan buah markisa sebagai masker dapat membantu menjaga kelembaban alami kulit. Buah markisa juga sangat cocok untuk kulit kering maupun kulit berminyak.

Manfaat buah markisa untuk meremajakan kulit memang bukan isapan jempol semata. Buah markisa mengandung zat karotenoid yaitu zat yang dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak. Zat antioksidan yang ada pada buah markisa lainnya yaitu zat beta-karoten yang dapat menghambat proses penuaan dini dan zat antioksidan tersebut dapat larut dalam lemak tubuh.

Selain dengan bahan alami, mencegah penuaan dini juga bisa dibarengi dengan menggunakan berbagai serum. Salah satunya Krasny Serum SR12 yang diperkaya minyak biji dari buah markisa. Oleskan serum terutama pada malam hari secara rutin untuk hasil yg maksimal.

Demikian tips pencegahan penuaan dini yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.

loading...

Labels: Kesehatan, Penuaan Dini

Thanks for reading Tips Pencegahan Penuaan Dini. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Pencegahan Penuaan Dini"