-->

Asal-Usul Penemuan CCTV. Siapa Sangka Yang Menemukan Ternyata

Asal-Usul CCTV - Saat ini peran kamera pengawas atau lebih dikenal dengan CCTV (closed circuit television) sudah jamak digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di banyak tempat.
Penemu CCTV adalah Marie Van Brittan Brown
Marie Van Brittan Brown, penemu CCTV (via Kompas.com)

Jika sebelumnya CCTV lebih banyak dimanfaatkan untuk keperluan industry seperti militer, bandara, kantor, pabrik dan pertokoan, dalam perkembangannya penggunaan CCTV sudah merambah ke pemukiman perumahan. Bahkan CCTV juga banyak dipakai didalam rumah untuk mengawasi anak kecil atau para lansia.

CCTV adalah piranti elektronik yang bekerja menggunakan Televisi signal yang bersifat tertutup, berbeda dengan televisi biasa yang merupakan sinyal siaran. Secara singkat, CCTV berarti Perangkat Televisi Nirkabel yang digunakan untuk mengambil gambar.

Kebutuhan masyarakat modern terhadap CCTV sudah sedemikian rupa, mengingat fungsinya yang sangat penting dalam membantu pengawasan untuk tujuan keamanan maupun kepentingan penyelidikan suatu perkara kejahatan.

Apalagi dengan ditemukannya CCTV digital ( IP camera) yang dapat digunakan untuk memantau kondisi lingkungan sekitar dari jarak jauh melalui jaringan internet yang digunakan pertama kalinya pada tahun 1996.

Dibalik fungsi CCTV yang begitu luar biasa, mungkin kita bertanya-tanya tentang siapa penemu ide CCTV. Siapa sangka, ternyata asal-usul CCTV ternyata ditemukan oleh seorang perawat.

Seperti dilansir Kompas, penemuan alat pengawas rumah ini adalah seorang perawat bernama Marie Van Brittan Brown. Ia tinggal di sebuah perkampungan bernama Jamaica, di Queens, New York City, AS.

Marie adalah seorang perawat, sedangkan suaminya, yang bernama Albert Brown, berprofesi sebagai seorang teknisi elektronik.

Suatu ketika, Marie merasa tidak nyaman dengan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya sedangkan polisi tidak bisa diandalkan.

Sementara, pekerjaan Marie dan suaminya bukan jam kerja standar dari pukul 09.00 sampai 17.00.

Arsip Lain:


Marie lalu memikirkan cara untuk meningkatkan tingkat keamanan pribadinya di rumahnya. Dia ingin membuat sistem yang memungkinkannya mengetahui siapa yang ada di rumahnya agar bisa menghubungi pihak berwenang terkait secepat mungkin jika terjadi sesuatu.

Sistem keamanan rancangannya adalah dasar untuk komunikasi dua arah dan fitur pengawasan keamanan modern.

Awal penemuan sistem keamanannya terdiri dari lubang intip, kamera, monitor, dan mikrofon dua arah. Kemudian elemen terakhir yang ditambahkan adalah tombol alarm yang bisa ditekan untuk segera menghubungi polisi.

Selanjutnya, ia membuat tiga lubang intip yang ditempatkan di pintu depan pada tingkat ketinggian yang berbeda. Paling atas untuk orang yang tinggi, dan paling rendah digunakan untuk anak-anak. Yang di tengah adalah untuk siapa pun yang memiliki tinggi rata-rata.

Pada sisi yang berlawanan dari pintu, kamera terpasang dengan kemampuan untuk geser ke atas dan ke bawah sehingga memungkinkan orang untuk melihat melalui setiap lubang intip.

Kamera mengambil gambar yang akan muncul dalam monitor melalui sistem nirkabel. Monitor dapat ditempatkan di bagian mana saja di rumah untuk memungkinkan pemilik rumah melihat siapa yang ada di pintu.

Ada juga komponen suara yang memungkinkan sang suami Brown berbicara dengan orang di luar. Jika orang tersebut dianggap sebagai pengganggu, polisi akan diberi tahu dengan menekan satu tombol. Namun, apabila orang tersebut adalah pengunjung yang dikenal atau dinantikan, pintu dapat dibuka melalui remote control.

Pada tanggal 1 Agustus 1966 Marie mengajukan paten untuk sistem keamanan rumah menggunakan pengawasan melalui monitor televisi.

Penemuan alat yang menggunakan teknologi Closed Circuit Television atau CCTV oleh pasangan itu sangat mengesankan dan kemudian banyak diterapkan dalam pengawasan militer.

Sebelumnya, sudah ada seorang insinyur Jerman bernama Walter Burch telah mengembangkan sistem pemantauan kamera pada 1942 untuk mengamati pengujian roket Nazi V-2 dari jarak yang aman. Tapi sistem keamanan Brown membawa penggunaan CCTV itu ke rumah.

Berkat penemuan CCTV tersebut, Marie dan pasangannya dianugerahi paten pada 2 Desember 1969. The New York Times melaporkan kisah itu pada 6 Desember 1969, dengan mencantumkan nama Albert Brown , diikuti oleh istrinya, Marie.

Laporan itu menyebutkan, dengan sistem yang dipatenkan, seorang perempuan yang sendirian di rumah dapat membuat alarm lingkungan dengan segera dengan menekan tombol.

Itulah awal ditemukannya kamera pengawas yang dikemukan hari menjadi peralatan standar di setiap rumah keluarga modern. Mungkin banyak yang tidak menyangka ya, bahwa CCTV ternyata ditemukan oleh seorang perawat wanita.
loading...

Labels: CCTV, Tekno

Thanks for reading Asal-Usul Penemuan CCTV. Siapa Sangka Yang Menemukan Ternyata. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Asal-Usul Penemuan CCTV. Siapa Sangka Yang Menemukan Ternyata"