-->

Cara Mudah Membedakan Daging Sapi Dengan Babi Dan Celeng

Cara pedagang daging curang mengelabui pembeli dengan mengaku menjual daging sapi, padahal ternyata daging babi, tentu saja merugikan para pembeli yang tidak mengetahui. Kasus seperti ini sering menjadi pemberitaan, sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat.

Cara Membedakan Daging Sapi Dengan Celeng
Ilustrasi daging sapi dan celeng.

Berdasarkan laporan, daging babi yang sering diaku penjual sebagai daging sapi untuk menipu pembelinya adalah daging celeng alias babi hutan. Hal ini karena adanya kemiripan pada tekstur, warna dan bau antara daging celeng dengan daging sapi.

Terlebih jika sudah dimasak, tekstur daging celeng dan daging sapi sangat mirip sehingga sangat sulit dibedakan.

Disisi lain, harga daging celeng sangat murah. Ini menjadi faktor lain yang membuat daging celeng sering dikamuflase sebagai daging sapi. Berbeda halnya dengan daging babi ternak yang harganya termasuk mahal bahkan nyaris sama dengan harga daging sapi.

Lalu, bagaimana cara membedakan antara daging sapi dan daging babi, khususnya daging babi hutan agar sebagai pembeli awam kita tidak mudah tertipu?

Dilansir Kompas.com, perbedaan antara daging sapi dan daging celeng bisa dilihat dari warna, tekstur, bau dan harganya. Pendapat ini dikemukakan oleh Chef Stefu Santoso, seorang chef professional Indonesia yang banyak meraih penghargaan.


1. Warna daging

Berdasarkan usia saat sapi dipotong, warna daging sapi muda berwarna merah jambu, tidak terlalu merah. Berbeda dengan warna daging sapi tua cenderung merah warna dagingnya.

Sedangkan warna daging babi ternak secara umum adalah putih atau hampir mirip dengan daging ayam. Jadi secara kasat mata, warga daging sapi dengan babi ternak sangat berbeda sekali.

Namun cukup sulit membedakan warna daging babi hutan alias celeng dengan daging sapi, karena warnanya hampir mirip, yaitu sama-sama merah. Karena itu untuk membedakannya tidak bisa hanya dilihat dari warnanya saja. Orang awam akan mengira sebagai daging sapi.

2. Bau daging

Nah, cara yang lebih mudah membedakan daging sapi dan celeng dilihat dari bau dagingnya. Bau daging celeng lebih anyir dan amis dibandingkan daging sapi, ini bisa jadi faktor pembeda yang jelas. 

Sesuai habitatnya, celeng adalah binatang liar yang memakan segala hal, sehingga berpengaruh terhadap bau dagingnya akan lebih anyir dan amis. Berbeda dengan sapi yang diternak dan dipelihara dengan makanan khusus sesuai yang disediakan peternaknya, maka daging sapi memiliki bau yang khas dan tidak menyengat. Sedangkan daging babi ternak hampir tidak memiliki bau khas.

3. Tekstur 

Secara tekstur, daging sapi dan daging celeng juga sangat mirip. Sama-sama kenyal tapi daging celeng lebih keras dan serat dagingnya lebih besar. Daging celeng sebagian besar juga lebih alot sehingga lebih sulit untuk diolah.

Sedangkan kalau membandingkan kadar lemak antara daging sapi dan daging celeng, tidak bisa dijadikan penentu perbedaan di antara keduanya. Sebab kadar lemak pada daging bisa dilihat dari bagian daging itu sendiri. 

Jika yang diambil daging bagian perut maka lemaknya tentu banyak, tapi jika yang diambil dari bagian kas dalam atau kas luar, lemaknya tidak terlalu banyak.

4. Harga Daging

Jelas harga daging celeng dijual lebih murah dibandingkan daging sapi asli. Ini jadi pembeda yang sekaligus daya tarik orang tergoda untuk membelinya. Karena itu jika kamu melihat pedagang daging sapi yang menjual daging dengan harga yang jauh lebih miring, patut dipertanyakan, benarkah itu daging sapi asli. Atau jangan-jangan itu daging celeng yang dikamuflase sebagai seolah-olah daging sapi? 

Untuk memastikan bahwa yang dijual itu benar-benar daging sapi, sebaiknya kamu membelinya di lapak pedagang daging langganan atau yang memang sudah dipercaya reputasinya.

Jadi kesimpulannya, cara membedakan antara daging sapi dengan daging babi atau celeng bisa dilihat dari 4 hal : daging sapi asli warnanya merah, baunya tidak menyengat dan amis, serta tekstur daging sapi tidak sekeras dan sealot daging celeng. Tekstur daging celeng juga lebih besar dibanding daging sapi.

Meskipun daging sapi mentah bisa dibedakan dari celeng, namun jika sudah dalam keadaan diolah menjadi masakan, maka sangat sulit untuk membedakannya lagi.

Daging sapi maupun daging celeng yang sama-sama dimasak dengan bumbu dan rempah yang kaya, sulit lagi membedakannya apakah itu berasal dari daging sapi atau daging celeng. Bau amis dari daging celeng akan tertutup dengan rempah dan bumbu masakan.
loading...

Labels: Kuliner

Thanks for reading Cara Mudah Membedakan Daging Sapi Dengan Babi Dan Celeng. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Membedakan Daging Sapi Dengan Babi Dan Celeng"