-->

Mau Kuliah Jurusan Akuntansi? Ini Cara Memastikan Apakah Kamu Cocok Kuliah Di Jurusan Tersebut

Banyak lulusan SMA yang bingung setelah lulus mau kuliah di jurusan apa? Memang saat ini banyak pilihan jurusan yang bisa kamu ambil di perguruan tinggi. Dari sekian jurusan atau program studi yang ada, barangkali Akuntansi bisa kamu pilih.
 
Cara memastikan apakah kamu cocok kuliah di jurusan Akuntansi.
Ilustrasi

Alasan mengapa Akuntansi pantas dipilih, karena prodi Akuntansi banyak dibutuhkan tenaga kerjanya diberbagai lini pekerjaan. Tidak ada satu usaha apapun yang tidak membutuhkan tenaga yang menguasai tata cara pembukuan yang baik.

Tak heran dari dulu jurusan Akuntansi menjadi salah satu prodi favorit di PTN. Dan prodi akuntansi pun selalu ada di PTN. Ini berarti lulusan jurusan akuntansi banyak dibutuhkan dunia kerja.

Program studi akuntansi merupakan program studi yang sudah cukup umum di Indonesia. Bahkan hampir semua PTN memiliki program studi ini. Dan sejak dulu jurusan Akuntansi menjadi salah satu prodi favorit di PTN.

Lulusan akuntansi banyak dibutuhkan dikarenakan tenaga kerjanya yang bisa mengatur dan juga sebagai media konsultasi bagian keuangan baik di perusahaan maupun organisasi.

Dengan menguasai ilmu akuntansi, seseorang akan lebih bisa mengatur pengeluaran dan pendapatan yang diterima sehingga bisa berjalan dengan baik.

Namun demikian, masih banyak calon mahasiswa di Indonesia yang belum sepenuhnya paham dan mengerti tentang program studi ini. Termasuk prospek kerja seorang sarjana akuntansi.

Sebenarnya seperti apakah program studi akuntansi ini dan orang-orang seperti apa yang cocok dalam bidang ilmu ini?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, disarikan dari Bernas.id berikut rangkuman informasi ringkas mengenai program studi ini supaya kamu dapat memahaminya sebelum memutuskan memilih jurusan ini.

Apa Itu Akuntansi?

Akuntansi atau accounting adalah proses pencatatan transaksi finansial yang berkaitan dengan sebuah bisnis. Proses-proses akuntansi antara lain adalah meringkas, menganalisis, dan melaporkan transaksi-transaksi tersebut pada sebuah agensi, regulator, atau otoritas perpajakan.

Laporan keuangan yang dalam accounting adalah ringkasan yang singkat dan padat mengenai transaksi finansial yang telah berlangsung selama periode akuntansi tertentu. Laporan keuangan tersebut pada akhirnya akan memberikan kesimpulan mengenai informasi-informasi yang terkait dengan keuangan sebuah perusahaan.

Prospek Karir Sarjana Akuntansi


Arsip Lain:


Selain menjadi akuntan standar, sebuah gelar dalam bidang akuntansi bisa membuka jalan menuju berbagai jalur karir. Salah satu contoh karir yang populer adalah sebagai Akuntan Publik dan Akuntan Manajemen yang tersertifikasi.

Certified Public Accountant (CPA) atau Akuntan Publik Tersertifikasi pada umumnya bekerja dengan perseorangan untuk mengurus pajak dan dokumen finansial dari seseorang tetapi juga bisa bekerja secara self-employed atau bahkan dengan perusahaan-perusahaan besar.

Sedangkan Certified Management Accountant (CMA) atau Akuntan Manajemen tersertifikasi pada umumnya bekerja dalam sebuah tim yang lebih besar untuk menjaga dan memperbarui catatan keuangan dan laporan keuangan sebuah perusahaan serta dokumen-dokumen lainnya untuk digunakan dalam internal perusahaan tersebut.

Dengan menguasai ilmu Akuntansi kamu bisa menjadi seorang akuntan, audit, manajer, banker dan sektor penting lain baik industri atau usaha.

Selain menjadi seorang Akuntan, lulusan akuntansi juga bisa menjadi seorang Manajer, Dosen, Auditor, bahkan Pengusaha.

Selain itu, gelar dalam bidang ilmu akuntansi juga bisa mengantarkan lulusannya untuk berkarir sebagai Management Analyst, Auditor, Financial Analyst, dll.

Lulusan akuntansi banyak dibutuhkan dikarenakan tenaga kerjanya yang bisa mengatur dan juga sebagai media konsultasi bagian keuangan baik di perusahaan maupun organisasi.

Program Studi Akuntansi Cocok untuk Orang yang Seperti Apa?


Seorang akuntan kemungkinan besar akan bertanggung jawab terhadap kondisi finansial sebuah perusahaan, maka seorang akuntan harus memiliki perhatian terhadap hal detail secara baik dan mampu bekerja dengan data berjumlah banyak dalam satu waktu.

Sebuah kesalahan atau kekeliruan kecil saja dalam membuat dokumen atau mencatat detil tertentu bisa membawa perusahaan menuju berbagai permasalahan.

Untuk mengetahui apakah kamu orang yang cocok untuk mengambil program studi akuntansi, kamu bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai self-reflection :


“Apakah aku orang yang selalu memberi perhatian pada detil-detil kecil?”

“Apakah aku merasa tertarik dan senang ketika harus bekerja dengan data dalam jumlah banyak?”

“Apa aku tipe orang yang suka bekerja dengan dokumen-dokumen seperti dokumen finansial dan perpajakan?”

“Apakah aku bisa melihat sebuah pola dalam setumpuk data lalu mengkomunikasikan hal tersebut kepada orang lain?”

“Apakah aku pecinta matematika? Bagi yang suka hitung menghitung sejak kecil dan menganggap Matematika sebagai passion, jurusan Akuntansi bisa menjadi pilihan tepat.”

Jika semua jawabanmu Ya atas semua pertanyaan tadi, maka kamu harus mulai mempertimbangkan program studi akuntansi untuk menjadi pilihan studimu. Dengan mengetahui beberapa kriteria yang erat berkaitan dengan bidang kerja seorang akuntan, kamu akan lebih yakin dengan pilihanmu. 

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang program studi Akuntansi dan prospek pekerjaannya sebagai pertimbangan kamu untuk membuat keputusan yang tepat sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikanmu ke bangku kuliah.
loading...

Labels: Pendidikan, Profesi

Thanks for reading Mau Kuliah Jurusan Akuntansi? Ini Cara Memastikan Apakah Kamu Cocok Kuliah Di Jurusan Tersebut. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mau Kuliah Jurusan Akuntansi? Ini Cara Memastikan Apakah Kamu Cocok Kuliah Di Jurusan Tersebut"