Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta

Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta - Di Kota Tua Jakarta terdapat sejumlah bangunan indah peninggalan Belanda, satu diantaranya adalah Gedung Raad van Justitie yang dibangun pada tahun 1870, yang merupakan gedung bergaya art deco yang dahulu digunakan oleh pemerintah Belanda sebagai lembaga Peradilan Tertinggi Belanda. Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini kemudian dialihfungsikan menjadi asrama para tentara Jepang.
Museum Seni Rupa dan Keramik di kawasan Kota Tua Jakarta Barat.
Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta (foto: Liputan6.com)
Pasca kemerdekaan, tepatnya di tahun 1967, gedung Raad van Justitie digunakan sebagai kantor walikota Jakarta. Pada tahun 1968 hingga 1975 gedung ini pernah digunakan sebagai Kantor Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta. Kemudian pada tanggal 20 Agustus 1976 diresmikan sebagai Gedung Balai Seni Rupa oleh Presiden Soeharto. Saat Ali Sadikin menjadi gubernur Jakarta, fungsi gedung ditambah sebagai tempat menyimpan berbagai koleksi keramik, dan diresmikan pada tanggal 10 Juni 1997. Selanjutnya pada tahun 1990 sampai saat ini gedung tersebut difungsikan sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik.

Koleksi Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta 
Di museum ini tersimpan lebih dari 500 koleksi karya seni yang berupa patung, totem kayu, grafis, sketsa, keramik dan batik lukis yang harganya tak ternilai. Di antara berbagai koleksi langka yang dipamerkan, terdapat jejeran lukisan karya dua maestro lukis Indonesia, yaitu Affandi dan Raden Saleh. Melalui genre realis, maestro Affandi mencoba menguak sisi lain kemegahan Jakarta ke dalam kanvas.

Selain itu Tak hanya itu, Museum Seni Rupa dan Keramik juga menyimpan berbagai koleksi keramik langka peninggalan Dinasti Ming dan Ching, hingga keramik peninggalan zaman Majapahit.

Di Museum Seni Rupa dan Keramik ini disediakan berbagai fasilitas wisata yang lengkap, mulai dari studio gerabah, yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk belajar membuiat gerabah, hingga Museum Kontemporer jakarta, yaitu ruangan yang menyimpan berbagai karya seni kontemporer dari berbagai seniman Jakarta.

Beberapa koleksi museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta (foto : http://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id)
Pada waktu-waktu tertentu di museum ini sering digelar berbagai acara menarik, seperti lomba melukis anak-anak, pameran instalasi seni dari banyak seniman, hingga diskusi seputar dunia keramik dan seni rupa. Museum Seni Rupa dan Keramik tak hanya memamerkan berbagai koleksi seni yang langka, namun juga mampu memperkaya pengetahuan pengunjung akan sejarah seni rupa yang panjang.

Alamat Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta 
Museum Seni Rupa Dan Keramik berada di wilayah kota tua Jakarta, tepatnya terletak di jalan Pos Kota no. 2 Jakarta Barat.

Jam Buka Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta
Setiap harinya museum Seni Rupa dan Keramik dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 03.00 sore.

Tiket Masuk
Untuk memasuki ruang pamer,kita harus membeli tiket di loket dekat pintu masuk. Harga tiketnya relatif murah, untuk dewasa Rp5000/orang dan Rp3.000 untuk anak-anak di atas 3 tahun. Harga tiket ini tentu saja akan menyesuaikan perkembangan. Sedangkan untuk rombongan akan mendapatkan potongan harga.

Demikian informasi tentang keberadaan Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta. Jika Anda berkunjung ke Kota Tua Jakarta, jangan lupa berkunjung ke museum ini.

Posting Komentar untuk "Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta"