Misteri Seram di gunung gede pangrango

Misteri Horor Gunung Gede Pangrango (Tambahin Gan, kl ane kurang)

Ada misteri horor di Gunung Gede Pangrango yang terletak di 3 kabupaten, yakni Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Kadangkala pendaki yang berada di kawasan alun-alun Surya Kencana akan mendengar suara kaki kuda yang berlarian, tapi kuda tersebut tidak terlihat wujudnya. Konon, kejadian ini pertanda Pangeran Surya Kencana datang ke alun-alun dengan dikawal oleh para prajurit. Selain itu para pendaki kadang kala akan melihat suatu bangunan istana.
Alun-alun Surya Kencana berupa sebuah lapangan datar dan luas pada ketinggian 2.750m dpl(diatasPermukaanLaut)
, di sebelah timur puncak Gede, merupakan padang rumput dan padang edelweiss. Surya Kencana adalah nama seorang putra Pangeran Aria Wiratanudatar (pendiri kota Cianjur) yang beristrikan seorang putri jin. Pangeran Surya Kencana memiliki dua putra : Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi.
Kawasan Gunung Gede merupakan tempat bersemayam Pangeran Surya Kencana. Beliau bersama rakyat jin, menjadikan alun – alun sebagai lumbung padi yang disebut Leuit Salawe, Salawe Jajar, dan kebun kelapa salawe tangkal, salawe manggar.

Petilasan singgasana Pangeran Surya Kencana berupa sebuah batu besar berbentuk pelana. Hingga kini, petilasan tersebut masih berada di tengah alun-alun, dan disebut Batu Dongdang yang dijaga oleh Embah Layang Gading. Sumber air yang berada di tengah alun-alun, dahulu merupakan jamban untuk keperluan minum dan mandi.

Di dalam hutan yang mengitari Alun-alun Surya Kencana ini ada sebuah situs kuburan kuno tempat bersemayam Prabu Siliwangi. Pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi yang menguasai Jawa Barat, terjadi peperangan melawan Majapahit. Selain itu Prabu Siliwangi juga harus berperang melawan Kerajaan Kesultanan Banten. Setelah menderita kekalahan yang sangat hebat Prabu Siliwangi melarikan diri bersama para pengikutnya ke Gunung Gede.

Sekitar gunung Gede banyak terdapat petilasan peninggalan bersejarah yang dianggap sakral oleh sebagian peziarah, seperti petilasan Pangeran Suryakencana, putri jin dan Prabu Siliwangi. Kawag Gunung Gede yang terdiri dari, Kawah Ratu, Kawah Lanang, dan Kawah Wadon, dijaga oleh Embah Kalijaga. Embah Serah adalah penjaga Lawang Seketeng (pintu jaga) yang terdiri atas dua buah batu besar. Pintu jaga tersebut berada di Batu Kukus, sebelum lokasi air terjun panas yang menuju kearah puncak.

Eyang Jayakusumah adalah penjaga Gunung Sela yang berada disebelah utara puncak Gunung Gede. Sedangkan Eyang Jayarahmatan dan Embah Kadok menjaga dua buah batu dihalaman parkir kendaraan wisatawan kawasan cibodas. Batu tersebut pernah dihancurkan, namun bor mesin tidak mampu menghancurkannya. Dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, terdapat petilasan/ makam Eyang Haji Mintarasa.

Pangeran Suryakencana menyimpan hartanya dalam sebuah gua lawa/walet yang berada di sekitar air terjun Cibeureum. Gua tersebut dijaga oleh Embah Dalem Cikundul. Tepat berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum ini terdapat sebuah batu besar yang konon adalah perwujudan seorang pertapa sakti yang karena bertapa sangat lama dan tekun sehingga berubah menjadi batu. Pada hari kiamat nanti barulah ia akan kembali berubah menjadi manusia.
Detiknet.comBerikut Kumpulan Ceritanya
Ane naek gunung gede baru hari minggu kmrn gan tanggal 3 november 2013.
7 orang (2cewe, 5cowo). sebenernya udah bisa naek dari siang, tapi kita nungguin 1org temen kita yang belom dateng. akhirnya baru bisa bener2 naek stelah adzan maghrib.
Perjalanan naek cuma dikasih gangguan 1x, pas lagi istirahat di shelter sebelum mata air panas itu. kita lagi asik2 ngobrol, tiba2 tanpa dikomando langsung diem semua gara2 di depan shelter kita ada pohon gede banget gitu, nah ada yg tiba2 jatoh dari pohonnya. Tapi suaranya kaya nangka jatoh gt, jadi pasti bukan batang/ranting yg jatoh. Tapi kita senter2in di sekitar pohon itu, ga ada apa2 sama sekali. akhirnya kita lanjut ngobrol2 lagi dan nerusin pendakian sampe ke kandang badak, lanjut ngecamp disana. Puji Tuhan ga ada masalah lagi yg kita temuin sampe lanjut daki ke puncak.
Nah gangguan kedua didapet pas lagi turun. karena sedikit ga sepaham, tiap kita minta istirahat ga dikasih, akhirnya ane sama temen ane berdua mutusin jalan duluan. sepanjang jalan turun setelah pos kandang batu kalo ga salah, ane jalan berdua, nah yg anehnya, ane tungguin2 shelter pertama di sebelah kiri, yg di depan telaga warna. tapi kita ga ngelewatin itu, ga liat sama sekali. telaga warnanya pun aja ga ngerasa lewatin, denger suaranya pun engga, padahal dipinggirnya ada selokan yg cukup deres suaranya. tau2 udah di pos TNGP nya aja.

Bersyukur sih, walopun masih merasa janggal karena ga ngelewatin telaga warna, tapi sampe juga dengan selamat.kira kira tahun 2011 lah ane terakhir kesana...seperti biasa ane lewat jalur gunung putri bareng temen ane 7 orang cewe satu...dibawah gunung putri kira kira jam 8an lah..makan dulu trus shalat dan persiapan pendakian...

kira kira kira jam 9 atau jam 10 ane lupa..kita mulai pendakian...setelah ngechek di pos pemekriksaan dengan beberapa susah payah waktu itu karena kendala abis ujan sampe lah ane ama temen di pos pertama pendakian yang ada bangunan kayak bekas toilet gitu..

akhirnya kita berencana ngecamp disitu besok siang baru ngedaki lagi buat ke surya kencana...

nah disini ane mulai ngerasain ke anehan...abis makan trus maen api unggu...ane ngerasa temen" ane yang lagi ngobrol bareng suaranya jauuh...kaya beberapa kilometer dari ane..padahal jelas jelas mereka di depan ane...

ane pikir ane mungkin kecapean atau ngantuk kali ya..jadi ane cuek aja..tapi lama lama ane mulai ngerasa aneh di tambah lagi setiap mereka ngomong..ane ngerasa lupa dengan apa yang mereka obrolin padahal ga ada 5 detik mereka ngomong..ane udah lupa ama apa yang mereka omongin..

ane akhirnya mutusin buat masuk ke trnda sambil bilang ama temen temen ane kalo ane ga enak badan..pas ane mau masuk tenda tiba tiba ane blank gan..pandangan item semua selama beberapa detik..dan pokoknya ane tiba tiba udah di dalem tenda aja..ane mulai panik..

gara gara ane panik temen" ane pada ngerubungin..mereka pikir kedinginan karena baju basah mungkin, tapi setau ane ane masih dalam ke adaan kering karena ane baru ganti semuanya..

mungkin temen ane bermaksud buat nenangin hati ane dengan bilang.."elo mungkin kedinginan" walaupun ane tau ane dalam keadaan ga kedinginan sama sekali..tapi badan ane bergeter gan dari kaki trus pelan pelan ngejalar ke badan ampe pala..ane mulai ngerasain panas di punggu ane..trus ane di peluk ama kawan di dalem sleeping bag...ane pikir mungkin ane mulai proses kesurupan makanya ane baca baca doa aja waktu itu komat kamit...

nah di antara ane sadar dan ga sadar..ane ngedenger suara orang lagi main gitar sambil ketawa tawa gan jauh di belakang ane..padahal pas siangnya ane liat disitu tuh jurang...trus ane juga n gedenger dengan jelas di keliling tenda ane banyak suara daun yang kena langkah kaki orang..rameee banget suaranya kayak pasar...

ane mejamin mata aja coba tidur..akhirnya ane ketiduran dan paginya untungnya ane ga kenapa napa..dan perjalanan pendakian ke atas sampe pulang lagi ane selamat dan ga ada yang aneh lagi..

dan malahan ane turun dari surya kencana..ga terasa cuma tiga jam sampe pos pemersiksaan awal..alhamdulillah

sorry gan kalo kepanjangan..itu pengalaman ane
ini pertama kali ane naik gunung gede,ane naik sama abang ane,temen ane 2 dan temen abang ane 3. jadi 7 orang naik nih.
berhubung dr jakarta dan pendakian dimulai hari jumat jadi sampe cibodas itu sekitar jam 11 malem.
tadinya mau di tunggu setelah adzan subuh baru mulai pendakian tapi berhubung udh pada kebelet mau naik akhirnya jam 12 pas kita mulai lah pendakian. start jam 12 dr pos TNGP.
setelah beberapa lama akhirnya sampe juga di pos air terjun tuhh,temen abang ane ngambil persediaan air minum di air terjun tuh,kabut di sekitar air terjun itu tebel banget,kaya asep foging lah
setelah berapa saat ngaso dulu di sana akhirnya kita lanjutin tuh pendakian,tapi baru juga beberapa langkah kita udh di cegat sama gerombolan babi hutan
ohya saat lewat telaga biru kalo bisa jangan malem deh,kapok ane. berhubung waktu itu ane baru bisa ngerasain aja,hawanya ga enak kalo udh malem dan bener aja kata abang ane yg bisa emang bgtu
ane percepat deh,akhirnya setelah matahari muncul ane dan yg lain segera cari spot yg enak buat bikin tenda,tempatnya itu di kandang batu tapi lebih maju lagi deket air terjun yg di hutan. tempatnya enak terus datar bisa bikin 1 tenda gede dan 2 tenda kecil lah kira kira.
nah pas udh pada cape tuh kita stay lah di situ,masak,tidur tiduran dll lah. pas malem tiba lagi lagi kita di sambangi oleh babi hutan
entah kenapa baru sehari udh di samperin babi hutan 2x,alhasil lgs pada masuk tenda semua lahh
di cepetin lagi deh langsung ke part seremnya
ini kejadiannya pas kita turun,lagi lagi jalan turunnya malem
di beberapa pos awal turun kita ga ada masalah,cuman saat sampe mau air terjun pada ngeluh semua tuh, yg cape lah ada yg mau istirahat lamaan lagi lah. percaya ga percaya (kalo ane sih percaya,udh kejadian ) kalo di gunung kita ngeluh saat perjalanan maka perjalanan kita akan di buat lebih panjang dr sebelomnya dan akhirnya kejadian lah perjalan turun kita di buat muter muter sama yg iseng
ane inget kita udh muter di jalan yg sama 3x cuma ane diem aja,akhirnya pada duduk lagi tuh kecapean jalan. sama abang ane di semangatin aja,akhirnya pada semangat
nah pas udh ga di puter puterin lagi di jalan semua pada nengok tuh,soalnya ada binatang putih tapi putihnya itu bersinar
temen ane ada yg bilang mirip kelinci lah,malah ada yg mau nangkep (entah kecapean sampe pikiranya agak miring kali ya mau di tangkep segala )
kata abang ane udh biarin aja,akhirnya kita jalan lagi dah tuhh
nah pas disini nihh,ane bener bener liat
ane kan jalan nunduk tuh biar ga berasa capenya,trus ane iseng liat ke depan pertama ane ga ngeh kan,ane kira orang ngasi tanda di jalan biar ga nyasar tapi ane bingung ini kan msh di bawah dan papan pentunjuknya msh jelas kenapa ngasi tanda, ane perhatiin lagi dah tuhh tapi kok ngasi tandanya gede juga ya,ane makin bingung tuhh. ane kira lagi itu tanda anak sekolahan kali ya,soalnya kan papasan sama rombongan dari sekolah gtu. ane perhatiin aja tuhh gan terus. tapi kok tinggi ke atas yaa,pas udh rada deket ane kaget gann
itu mbak K lg melayang gtu sampe ane lewatin gan,ane kira abis lewat udh kan yaa,ternyata malah ngikut lagi gan di atas tas ane posisinya
sontak aja tas ane jadi berat banget rasanya,padahal isinya cuma,kaos,sisa beras ga sampe 1kg lah sama panji doang tapi rasanya kaya bawa tabung gas elpiji yg biru tuhh
ane tahan tahan aja dah tanpa bilang ke yg lain,dr pada tar ngibrit semua ane ga bisa lari gara gara berat nih tas
selepas beberapa lama pas udh mau sampe pos yg deket telaga tiba tiba tuh putih berenti gan,ane rasa batas wilayahnya udh abis tuh,alhamdulliah deh ane bilang,abis dr pos itu ane lgs ngacir tuh sampe pos TNGP dan ngerebah di dalem posnya sampe subuh .