-->

Sejarah Dan Perkembangan Ponsel Android Yang Harus Anda Ketahui

Hampir setiap orang dewasa memiliki ponsel atau handphone. Dan sebagian besar ponsel yang beredar di masyarakat merupakan ponsel pintar atau sering disebut smartphone.

Ada dua sistem operasi ponsel yang paling populer, yaitu iOS buatan Apple dan Android buatan Google.

Awalnya Apple meluncurkan iPhone bersistem iOS dengan nama iPhone OS 1 pada 2007. Tahun berikutnya Google menyusul memperkenalkan Android pertama yang disematkan pada HTC Dream.

Perbedaan mendasar antara keduanya terletak pada prinsip keterbukaannya. Jika Apple memilih iOS secara khusus digunakan untuk iPhone, sedangkan Google membuka Android untuk semua vendor yang ingin bekerjasama.

Keputusan tersebut otomatis membuat Android menjadi sistem operasi paling populer saat ini. Android merupakan salah satu jenis sistem operasi yang sampai hari ini mampu mengusai pasar gadget khususnya untuk smartphone sendiri.

Perkembangan sistem operasi Android.

Ponsel dengan sistem yang canggih ini tercipta bukan tidak melewati beberapa tahap penting, bahkan android sempat kesulitan untuk memasarkan produknya karena pada saat itu masih banyak orang yang belum terlalu paham penggunaan jenis ponsel dengan system os android ini.

Namun beberapa dekadi terakhir pembaharuan selalu dilakukan untuk benar-benar menghasilkan ponsel cerdas yang mampu melakukan berbagai macam fungsi.

Nah pada kesempatan ini Admin Arsip Info akan mengulas Sejarah dan perkembangan sistem operasi Android yang sudah mencapai ke generasi ketujuh dalam sembilan tahun terakhir, dan saat ini banyak digunakan di seluruh dunia.

Ponsel android ini pertama kali dirilis pada bulan November, lebih tepatnya apada tanggal 5 November 2017. Berikut beberapa tingkatan perkembangan ponsel android dari versi beta hingga versi Nougat.

# Android Beta

Versi android pertama ini di rilis pada tanggal 5 November 2007 dimana pada saat itu nama android versi beta lebih mendukung development Kit ( SDK ) Yang dirilis oleh Google. Untuk android versi beta ini belum diterapkan ke semua jenis ponsel. Hanya beberapa ponsel saja sebagai uji coba.

# Android 1.0 ( Astro )
Kemudian pada tanggal 23 September 2008, android mengalami perkembangan dengan nama rilis terbaru “ Astro “. Ponsel pertama yang menggunakan jenis android ini adalah HTC Dream.

# Android 1.1 Bender

Kemudian ditahun 2009 terpatnya pada bulan februari, Rilis terbaru OS android diumumkan kembali oleh Google dengan nama BENDER, Namun dengan alasan melanggan tardermark akhirnya versi ini dihentikan untuk produksi dan hanya ponsel T-Mobile saja yang menggunakan versi ini.

# Android 1.5 Cupcake

Android berikutnya rilis jenis terbaru yaitu Cupcake pada tahun 2009, Karena OS ini merupakan versi ketiga jadi dinamakan CupCake dengan awalan huruf “ C” . Os ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan ditambahkan beberapa update baru yang jauh lebih baik.

# Android 1.6 Donut

Rilis pada tanggal 15 September 2009. Ada banyak peningkatan mulai dari system UI yang lebih friendly dan dibekali dengan teknologi terbaru CDMA/EVDO, 820.1X VPNS.

# Android 2.0/2.1 Éclair

Pada bulan Desember 2009, Google merilis pembaharuan OS android jauh lebih lengkap. Untuk upgrade OS android satu ini, Google memberikan sentuhan ke beberapa bagian terutama pada penggunaan dukungan HTML5, Daftar kontak baru, hingga tampilan UI yang lebih dinamis.

# Android 2.2 Froyo

Yang berikutnya adalah Android Froyo, Merupakan versi terbaru setelah android Éclair dengan beberapa perubahan seperti penambahan adobe flash, dan support dengan SD Card sebagai media penyimpanannya. Dirilis pertama kali pada tanggal 20 mei 2010.

# Android 2.3 GingerBread

Dirilis pada bulan Desember 2010, di versi ini os android mengalami beberapa peningkatan dratis mulai dari peningkatakan memaksimalkan aplikasi dan games, serta mampu digunakan untuk Near Field Communication. Serta perbaikan pada dukungan layar resolusi yang semakin jernih.

# Android 3.0/3.1 Honeycomb

Android ini dirilis untuk pengguna tablet PC bukan untuk Smartphone. Rilis pada tanggal 22 Februari 2011 dan Motorola Zoom adalah pengguna pertama kali dari versi rilis Honeycomb.


# Android 4.0 ICS ( Ice Cream Sandwich )
Rilis pada tanggal 19 Oktober 2011, smartphone dengan OS ini banyak memberikan perubahan yang lebih baik, mulai dari peningkatan-peningkatan fitur yang jauh lebih maksimal.
# Android Jelly Bean 4.1
Android ini termasuk android yang masih baru, rilis di tahun 2013 dengan fitur-fitur yang maksimal, diantaranya seperti Penampilan UI yang lebih baru, kemudian penambahan Voice Search dalam memudahkan pencarian dengan penggunaan suara serta penambahan Google Now yang modern.
# Android Versi Kiktat
Versi android ini rilis pada tahun 2013 dengan berbagai kelebihan yang cukup baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. OS Android Kitkat awalnya diberi nama “ Key Lime Pie “, namun berubah karena hanya sedikit orang yang tahu dengan rasanya. Support dengan RAM 512 MB sebagai minimum penggunaan RAM.
# Android Versi 5 Lollipop
Android satu ini adalah versi stabil dari versi sebelumnya yaitu versi 5.0 dan 5.1, Rilis pada tanggal 25 juni 2014 pada saat Google I/O dan tersedia secara resmi melalui Over-The-Air ( OTA ) update pada tanggal 12 Nobember 2012.
# Android Marshmallow
Android ini merupakan versi terbaru yang rilis pada tahun 2016 dengan berbagai peningkatan yang benar-benar maksimal, Mulai dari beberapa fitur canggih yang disematkan pada ponsel dengan minimum RAM 1 GB.

# Android Nougat 7.0/7.1

Versi teranyar dari OS Android ini diberi nama Nougat, yang diperkenalkan pada 216 pada ajang kumpul developer Google I/O.

Fitur terbaru pada versi Nougat adalah Google Assistant yang menggantikan Google Now yang tersedia pada versi sebelumnya. Selain itu terdapat fitur-fitur baru, seperti layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah ditingkatkan. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.
# Android 8.0 / 8.1 Oreo

Android 8.0 dan 8.1 Oreo menjadi sistem operasi Android paling terbaru yang banyak digunakan saat ini. Sistem operasi ini dirilis secara stabil mulai Agustus 2017 sudah mengalami pembaruan lewat versi Android 8.1 Oreo.
Sistem operasi ini menawarkan pengalaman multitasking yang makin mumpuni dibanding versi sebelumnya. Selain itu, ada juga Project Treble yang memungkinkan pengguna mendapat pembaruan lebih cepat.
Pada Android Oreo tampaknya Google lebih terfokus pada peningkatan kecepatan dan juga efisiensi daya baterai. Bahkan kecepatan Boot pun dapat mencapai 2 kali lipat. 
#Android 9.0 Pie
Android 9.0 Pie yang secara resmi diperkenalkan pada 6 Agustus 2018. Sistem operasi Android Pie memberi banyak ubahan, terutama untuk HP dengan desain baru.
Misal Android 9.0 Pie memberikan navigasi berupa gesture yang menggantikan tombol fisik Home, Back, dan Recent Apps.
Fitur yang cukup menarik dari Android Pie ini adalah adanya App Actions. Fitur ini membuat Android dapat memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh penggunanya.
Fitur lainnya yang cukup berguna adalah sistem notifikasi, pengatur kecerahan, hingga sistem screenshoot terbaru yang lebih memudahkan pengguna.
#Android 10 
Android 10 dirilis pada 13 September 2019, mulai dari generasi ke 10 ini, Android memutuskan tidak lagi menggunakan nama makanan pada nama belakang OS-nya. 
Menurut pihak Android, ternyata nama dessert untuk Android tidak selalu dimengerti oleh masyarakat umum.
Namun ada juga alasan lain, yaitu agar sistem Android terbaru ini lebih mengglobalkannya dengan angka. Sehingga, pengguna bisa mengetahui apakah versi Android yang mereka gunakan sudah versi terbaru atau tidak.
Sebelum bernama Android 10, selama masa pengembangan, sistem baru ini diberi nama Android Q.
Berikut beberapa fitur canggih yang bisa dinikmati pengguna Android 10 :
1. Smart Replies
Smart Replies mendapat peningkatan di Android 10. Jika sebelumnya fitur ini digunakan untuk memilih pesan yang telah ditentukan, kini fitur ini akan mengenali tautan Google Maps, video YouTube, dan URL lain yang tersemat dalam pesan, juga memungkinkan pengguna beralih ke aplikasi yang relevan langsung dari pop-up notifikasi.
2. Dark mode
Dark mode dan mode gelap adalah aplikasi yang akan mengurangi penggunaan baterai. Dark mode juga lebih ramah pada mata yang terus tertuju pada ponsel.
3. Live Caption video
Salah satu fitur yang mengesankan dari Android 10 adalah Live Caption. Pasalnya, ketika melihat sebuah video secara otomatif akan muncul teks di dalam video. Teks muncul secara real-time.
4. Kelola privasi dengan lebih mudah
Android 10 membuat pengaturan privasi pada ponsel sejalan dengan apa yang dapat pengguna bisa akses melalui laman akun Google anda di web. Jika pengguna masuk ke Pengaturan (setting), lalu ketuk Privasi dan Tingkat Lanjut, pengguna akan dapat mengakses opsi Kontrol aktivitas, seperti di web. Ini memungkinkan pengguna memilih cara yang lebih baik untuk Google melacak penggunanya
5. Amplifikasi suara dan media
Google mencantumkan Sound Amplifier sebagai fitur Android 10, pada Android 6 dan ke seterusnya fitur ini tersedia sebagai unduhan terpisah. Fitur ini akan memungkinkan pengguna mengurangi kebisingan mengganggu di sekitar ponsel.
6. Ubah notifikasi menjadi hening
Android 10 memperkenalkan cara lain untuk menangani notifikasi yang berlebihan, notifikasi hening. Aplikasi ini tidak akan bergetar atau mengeluarkan suara, dan notifikasi yang masuk tidak akan membuat layar smartphone anda menyala.
7. Lebih Mudah Berbagi
Panel Share telah dirubah pada Android 10. Selain membuka lebih cepat berkat beberapa tweak rekayasa, itu juga diatur secara lebih cerdas untuk mempromosikan orang-orang dan aplikasi yang paling sering dibagikan (share) pengguna.
#Android 11
Google merilis OS Android 11 pada 8 September 2020. OS Android 11 sendiri dibekali dengan sejumlah fitur baru, seperti Bubbles, Conversation Notifications, Voice Access, Media Control, Device Control, One Time Permission, Background Location, Permission Auto-reset, Scoped Storage, dan sejumlah pemolesan di sisi desain.
Nah itulah sejarah hingga perkembangan OS Android dari Android Beta hingga Android 11. Dan tentu saja akan terus berlanjut setiap waktu.

Labels: Android, Gadget, Tekno

Thanks for reading Sejarah Dan Perkembangan Ponsel Android Yang Harus Anda Ketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Sejarah Dan Perkembangan Ponsel Android Yang Harus Anda Ketahui"