-->

Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari

manfaat minum air putih hangat pagi hari
Segelas air putih hangat di pagi hari, banyak manfaat untuk kesehatan.


Air berperan penting bagi kesehatan tubuh, mulai dari membantu jalannya pencernaan, merawat kulit hingga bantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Bagi Anda yang tidak mengonsumsi kopi dan teh saat bangun tidur atau sarapan, Anda bisa mengganti dengan air hangat. Minum air putih hangat saat pagi ternyata banyak manfaatnya.

Aspek lain yang juga perlu diperhatikan adalah kapan, seberapa dan mengapa konsumsi yang tepat untuk air hangat.

Dilaporkan NDTV (23/11), menurut ilmu pengetahuan, suhu air yang paling baik untuk dikonsumsi adalah saat hangat.

Ayurveda, ilmu kesehatan dari India yang menyarankan untuk konsumsi secangkir air hangat pada saat makan. Ada pula ritual 'Water cure' dari Jepang, menyarankan untuk minum 4 gelas air setiap pagi tepat setelah bangun, bahkan sebelum menggosok gigi dan air yang diminum adalah air hangat dan tidak boleh terlalu dingin. 




Dikabarkan LifeHack (9/10) seorang ahli gizi klinis dan kesehatan, Stella Mersovas mengatakan, "Dokter menyarankan untuk minum air hangat di pagi hari, bisa dengan tambahan lemon yang kaya polifenol atau teh yang bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Air hangat juga membantu sistem pencernaan sebagai pengatur kerja usus."

Untuk jumlah yang harus dikonsumsi tergantung pada berbagai faktor seperti usia, tingkat aktivitas, cuaca, diet, dan lainnya. 

Apabila dikonsumsi bersamaan dengan makanan, maka kurang lebih satu cangkir air menjadi takaran tepat. Jika makanan termasuk hidangan seperti sup atau yoghurt, maka jumlah ini bisa dikurangi. 

Jumlah ideal untuk mengonsumsi air hangat perlu diperhatikan karena terlalu banyak air akan membuat Anda kenyang sebelum makanan habis, sehingga hal tersebut akan merebut kesempatan tubuh untuk dapat mengkonsumsi nutrisi.

Selain itu, hal ini karena sifat-sifat air yang berubah setelah mendidih. Semua jenis air tidak diserap pada tingkat yang sama oleh tubuh. Air biasa membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk diserap, sedangkan air yang telah direbus, hanya membutuhkan separuh dari waktu itu. 


Manfaat Minum Air Hangat


Adapun manfaat konsumsi air hangat bagi tubuh telah dirangkum dalam beberapa poin berikut ini:

1. Mencegah sembelit

Menurut Dr. Rupali Datta, konsumsi air hangat sangat bagus untuk pembersihan sistem pencernaan internal. Ini mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Sembelit memang sangat mengganggu dan membuat orang tersiksa. Kurangnya asupan air membuat usus tidak bekerja dengan optimal, sehingga menimbulkan masalah pencernaan.

Dengan mengonsumsi air hangat di pagi hari saat perut kosong, dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Ini ampuh mengurangi sembelit. 

Metsovas mengatakan, "Wanita biasanya merasakan dampak langsung dari minum air putih, karena siklus hormon ini membuat sembelit menjadi masalah."

2. Baik untuk kulit

Minum air hangat meningkatkan suhu tubuh dan membantu melepaskan racun. Detoksifikasi akan mencerahkan kulit dan cegah pori-pori tersumbat.

3. Merangsang rasa lapar

Seorang ahli gizi, Anju Sood menjelaskan, apabila mengkonsumsi air hangat, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya. Dengan demikian, sistem metabolisme akan mulai bekerja. Sehingga akan memicu pikiran untuk menuntut makanan dan merangsang rasa lapar.

4. Membantu pencernaan

Minum air hangat di pagi hari membantu meningkatkan fungsi hati dan ginjal, yang merupakan organ utama bagi semua metabolisme. Air hangat memainkan peran penting dalam menghancurkan zat makanan dan dengan demikian membantu pencernaan.

5. Membantu membersihkan kongesti

Tidak dapat disangkal bahwa air hangat membantu membersihkan kongesti atau pembendungan darah dan dapat meredakan tenggorokan yang sakit. Air juga membantu mencegah akumulasi dahak.


Arsip Lain:


6. Melancarkan sirkulasi darah

Timbunan lemak dan sirkulasi yang tersumbat bisa dilancarkan lagi dengan minum segelas air hangat. Jika semua lancar maka tubuh bisa mengeluarkan racun dengan mudah. 

Air hangat juga membuat rileks, membantu otot-otot menjadi lebih santai, menghilangkan sumbatan sirkulasi dan membantu melancarkan aliran darah.

7. Meringankan rasa sakit

Air putih hangat adalah obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit dari kram saat menstruasi. Segelas air hangat membantu melemaskan otot dalam perut dan membantu meringankan nyeri haid.

Selain itu, air hangat juga jadi obat yang efektif untuk semua jenis kram karena bisa meningkatkan sirkulasi sel darah. Air hangat juga membantu mengendurkan otot-otot di dalam tubuh sehingga memberi efek rileks.

8. Membantu menurunkan berat badan

Minum segelas air hangat pagi hari terbukti bisa menurunkan berat badan. Ini bukanlah rumor semata, tapi memang air hangat bisa diandalkan sebagai peluntur lemak.

Air hangat membuat suhu tubuh meningkat dan ini berpengaruh pada meningkatnya metabolisme dalam tubuh. Hal ini lantas membuat tubuh lebih optimal membakar lebih banyak kalori.

Jika Anda memulai hari dengan minum segelas air hangat dengan lemon, maka tubuh bisa memecah jaringan adiposa atau lemak tubuh. Air hangat dengan lemon juga mengontrol keinginan makan karena lemon mengandung serat pektin. 

9. Meningkatkan kualitas tidur

Ketika Anda minum segelas air hangat saat makan, terutama saat makan malam dan sebelum tidur, ini akan membantu tubuh menjadi rileks. Segelas air hangat juga membantu menenangkan saraf sehingga  tidur pun lebih berkualitas.

Minum air hangat juga membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, minum air hangat menjelang tidur membantu mengurangi keinginan makan tengah malam.

10. Mencegah penuaan dini

Konsumsi air hangat menghilangkan racun dari dalam tubuh melalui keringat, buang air besar dan pori-pori yang tidak tersumbat. Kehadiran racun dalam tubuh menyebabkan penuaan dini.

Ketika dalam tubuh kita menumpuk racun, itu memicu datangnya banyak penyakit sekaligus mempercepat proses penuaan. Air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, minum air yang cukup juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit dan menjaga elastisitasnya.

Itulah deretan manfaat yang bisa diperoleh dengan kebiasaan rutin meminum air hangat di pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong.

Labels: Air, Kesehatan

Thanks for reading Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari"