Bahan Makanan Penangkal Depresi

Depresi bisa menyerang siapa saja, bahkan tanpa disadari sekalipun. Penyebabnya bisa beraneka rupa, entah karena tekanan atau stres dalam pekerjaan, faktor lingkungan, hingga trauma di masa lalu. Saat sedang mengalami depresi, suasana hati seorang akan menjadi nir stabil, pada saat yg tak bisa ditentukan.

Nah, ternyata, selain disebabkan oleh beberapa faktor eksternal, ketidak stabilan emosi ini bisa pula terjadi lantaran makanan yang kita santap, lho. Ya, asupan beberapa jenis kuliner seperti gula, roti, dan pasta yang terlalu banyak misalnya, dapat membuat suasana hati kita menurun dan riskan mengalami depresi.
 
Bahan Makanan Penangkal Depresi
Ilustrasi

Depresi sendiri sebenarnya tidak bisa hanya dicegah dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu saja, tetapi kita masih sanggup mencegah dan meminimalisirnya dengan menerapkan pola makan sehat. Selain itu, kita pun bisa menyantap kuliner yang berfungsi buat menaikkan kualitas tidur dan memperlancar pencernaan, yang nantinya berakibat suasana hati jadi lebih stabil.

Kira-kira, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi buat menjaga emosi supaya lebih stabil? Yuk, simak ulasannya seperti dilansir healthline berikut adalah:

1. Kacang kenari

Mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, kacang kenari dapat berfungsi buat meningkatkan kinerja otak. Bukan hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa omega-tiga bisa membantu meminimalisir gejala depresi. Selain kacang kenari, kamu juga bisa mengkonsumsi ikan, minyak canola, dan jenis sayuran hijau sebagai asal asupan omega-tiga.

2. Tomat


Arsip Lain:



Tak hanya mengandung berbagai vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, tomat juga kaya akan asam folat dan asam lipoat yang dipercaya dapat memerangi depresi. Bahkan, dalam penelitian yang dipublikasikan Journal of Pshychiatry and Neuroscience, kekurangan asupan asam folat kerap terjadi dalam pasien yang menderita depresi.

Asam folat sendiri bisa meminimalisir hormon homosistein, sehingga dapat menaikkan produksi serotonin, dopamin, dan hormon lain yg berfungsi membentuk rasa senang  dan senang , dan menstabilkan suasana hati.

3. Kacang polong

Ternyata, suasana hati yang buruk dan tidak stabil juga bisa disebabkan karena rendahnya taraf gula darah pada tubuh kita, lho. Untuk menambah asupan gula darah, bisa dimulai dengan mengkonsumsi kacang polong secara rutin. Proses pencernaan kacang polong sendiri memerlukan waktu yang relatif lama, sehingga bisa menciptakan kadar gula darah tubuh lebih stabil.

4. Jamur

Sama halnya seperti kacang polong, jamur mampu menciptakan kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil. Ya, makanan satu ini mengandung insulin yang dapat mengatur kadar gula darah, sebagai akibatnya menciptakan suasana hati jadi lebih nyaman .

Bukan itu saja, jamur juga mempunyai kandungan probiotik yang menciptakan pencernaan jadi lebih sehat. Lantas, apa hubungannya pencernaan sehat dengan depresi?

Sel-sel saraf pada usus kita sejatinya memproduksi 80 sampai 90 % serotonin--hormon yang membuat kita mampu bekerja menggunakan otak dengan baik
dan menaikkan suasana hati kita, sehingga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

5. Brokoli

Kandungan asam folat dalam brokoli dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, dan menyembuhkan sindrom panik bagi mereka yang mengalami depresi berat. Komponen tersebut pula dapat menciptakan kita tidak gampang terjangkit stres, sebagai akibatnya bisa terhindar dari depresi. Konsumsi brokoli secara rutin setiap harinya agar suasana hati menjadi lebih stabil.

Nah, jika suasana hati kerap tak stabil, usahakan mulai konsumsi aneka macam jenis kuliner sehat tadi supaya bisa terhindar dari depresi dan membuat perasaan jadi lebih senang .

Posting Komentar untuk "Bahan Makanan Penangkal Depresi"