Kenali 6 Modus Penipuan Dalam Bisnis Online

Bisnis online memang menjanjikan banyak kemudahan dan peluang yang besar bagi pelakunya. Namun sebagaimana halnya dengan bisnis offline, penipuan juga sering terjadi dalam bisnis online.
Modus penipuan bisnis online.
Waspadai penipuan dalam penawaran bisnis online (via  cblogmarketing.com)
Agar tidak menjadi korban penipuan bisnis online, kamu sebaiknya memahami berbagai modus penipuan yang sering digunakan para pelaku.
Penipuan dalam bisnis online pun memiliki modus yang beragam. Berikut ini beberapa modus penipuan yang terjadi dalam bisnis online seperti dilansir situs Bisnis Kurir :
1. MLM (Multi Level Marketing)
Metode bisnis MLM memang sempat populer beberapa tahun yang lalu. Sistem ini biasanya berfokus pada sistem pemasaran berupa perekrutan member. Sebuah bisnis yang baik seharusnya lebih menonjolkan pada produk terlebih dahulu bukan pada sistem pemasaran walaupun pemasaran memang penting.
MLM yang muncul kebanyakan memberikan iming-iming bonus yang besar bagi membernya namun harus membeli produk mereka terlebih dahulu. MLM yang dulunya dilakukan secara konvensional saat ini bermunculan secara online, ada baiknya berhati-hati dan tidak berharap terlalu banyak pada bisnis model ini. Perhatikan dulu apakah produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas atau ecek-ecek.
2. Pekerjaan Rumahan dengan Untung Besar
Mendapatkan uang secara online bisa jadi salah satu hal yang ingin dicapai saat berselancar di dunia maya. Tak jarang banyak yang mencari pekerjaan online sehingga bisa bekerja dari rumah. Hal ini menjadi peluang bagi para penipu yang ingin mendapatkan keuntungan. Mereka awalnya akan memberikan penawaran pekerjaan online dengan untung yang besar. Pekerjaan yang diberikan kadang ringan seperti mengisi survey, tapi ternyata mereka malah tidak membayar.
3. Bisnis Agen Pulsa
Bisnis Agen Pulsa memang tidak selalu berupa penipuan tapi ada yang memanfaatkan usaha ini untuk menipu orang lain. Mereka biasanya menyuruh untuk membayar uang deposit pulsa. Namun setelahnya ada lagi pembayaran-pembayaran lain yang tidak jelas. Saat ini bisnis pulsa memang tidaklah mudah dengan adanya berbagai pilihan pembelian pulsa secara online ataupun e-banking.
4. Penipuan Arisan/Usaha Patungan Online
Modus penipuan dalam bisnis online berikutnya berupa usaha mengumpulkan uang dari para membernya baik berbentuk arisan ataupun usaha patungan. Metode ini memang paling efektif untuk bisa mengumpulkan banyak uang sehingga sering digunakan oleh penipu.
Biasanya di awal-awal mereka akan memberikan keuntungan rutin per bulan sehingga dipercaya dan dapat merekrut member lain. Namun setelah agak lama mereka akan menghilang dan membawa kabur uang milik membernya.
5. Lotre Online
Hati-hati saat mengakses sebuah website, tiba-tiba kamu mendapat notifikasi dari email maupun pop-up yang intinya menyatakan kamu telah memenangkan undian lotre dengan nilai yang besar.
Jangan tergoda dnegan hadiah yang disebutkan, karena itu tak lain sebuah modus jebakan. Sebaiknya abaikan saja dan segera hapus email atau menutup pop-up yang menawarkan hadiah lotre tesebut. Sebab sangat mungkin itu sebuah scam atau penipuan.
Saat kamu mengklik link sumbernya, biasanya kamu lantas diarahkan untuk mengisi data pribadi dan nomor rekening bank yang selanjutnya akan dimanfaatkan untuk menyedot uang yang tersimpan dalam rekening tersebut.
6. Bisnis Data Supplier
Modus penipuan ini menawarkan database lengkap beragam supplier, mulai dari makanan, kosmetik, pakaian hingga gadget atau beragam alat elektronik. Dan dijanjikan bisa dijual lagi dengan iming-iming keuntungan besar.
Tentu tidak gratisan. Kamu harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya. Padahal data supplier yang diberikan si oknum adalah data yang tidak valid bahkan palsu.
Pasti tidak ada yang ingin jadi korban modus penipuan bisnis online dengan iming-iming yang menggiurkan seperti yang dijelaskan tadi. Yang menjadi sasaran biasanya anak-anak muda dan pemula yang belum paham benar mengenai seluk beluk bisnis online.
Tentu tidak semua usaha sejenis itu merupakan modus penipuan bisnis online. Yang penting harus mewaspadai penawaran bisnis online yang dilakukan secara tidak wajar.

Posting Komentar untuk "Kenali 6 Modus Penipuan Dalam Bisnis Online"