Mengenal Cover Knalpot Honda Beat, Jangan Salah Pilih Ya

aneka cover knalpot Honda Beat.



Tutup knalpot atau biasa disebut cover knalpot atau cover muffler pada sepeda motor termasuk bagian yang mudah rusak, tak kecuali pada motor Honda Beat. Pasalnya, tutup knalpot pada motor masa kini umumnya terbuat dari plastik. Tentu saja mudah pecah saat motor terjatuh atau kena benturan keras.

Beda dengan tutup knalpot pada motor jadul, masih banyak menggunakan bahan plat besi, secara kualitas lebih kuat. Motor matik sekarang untuk komponen tutup knalpotnya menggunakan bahan plastik. Mudah dibentuk secara menarik dan secara harga memang lebih murah. Tapi ya kelemahannya, mudah pecah.

Padahal fungsi cover muffler ini penting, yaitu sebagai sekat sekaligus pelindung bagi pengendara motor dari panas knalpot secara langsung. Karena itu jarang sekali pemilik motor yang membiarkan tutup knalpotnya rusak, tanpa segera mengganti dengan yang baru. 

Selain tampilan motor jadi terlihat jelek, karena bentuk atau model cover knalpot menyesuaikan dengan tipe motor secara keseluruhan, juga mengingat fungsinya yang memang penting. Resiko secara tak sengaja terkena atau tersenggol lapisan luar knalpot yang panas pastinya lebih merugikan daripada harga tutup knalpot barunya.

Di kalangan pebisnis sparepart dan bengkel sepeda motor, cover knalpot dikelompokkan sebagai part fast moving. Artinya komponen ini sering dicari oleh pembeli karena rawan pecah. 

Dan bagi pemilik motor, terutama Honda Beat, cover knalpot biasanya menjadi komponen yang bisa mengalami pergantian beberapa kali. Apalagi penggunanya dominan kalangan anak muda yang cenderung kurang hati-hati.  

Selain Vario, motor matik Beat termasuk tipe motor keluaran Honda yang menguasai penjualan sepeda motor di Indonesia. Maka tak heran, permintaan cover knalpot motor Beat terbilang tinggi.

Seperti halnya motor Honda Beat terdapat berbagai varian mulai dari yang pertama tipe karburator, bermesin 110 cc hingga berkembang menjadi tipe injeksi dan bermesin 125 cc, cover knalpot sebagai satu bagian dari type motor Beat juga memiliki perbedaan bentuk dan ukuran. 

Bahkan hampir tiap tahun Honda mengeluarkan varian baru untuk motor matik Beat. Perbedaan varian itu kadang hanya minor saja, yaitu beda casing atau beberapa bagian bodi motor, termasuk tutup knalpotnya. Namun memiliki penamaan yang berbeda. 

Hingga tahun 2022 setidaknya kita mengenal ada 6 bentuk cover knalpot Honda Beat sesuai dengan varian motornya. Kadang-kadang cukup sulit membedakan antara bentuk atau model cover knalpot Beat satu dengan lainnya. 

Hal ini karena adanya kemiripan cover knalpot antar varian motor Beat maupun dengan tipe motor lain Honda, seperti Vario yang juga memiliki beberapa kemiripan di bagian tertentu. 

Bahkan pihak pemilik toko atau bengkel kadang juga bisa keliru jika pembeli hanya menyebut varian atau tahun keluar motor Beat, tanpa melihat contoh atau motornya langsung. Karena antar tipe atau varian motor Beat ada yang cover knalpotnya sama dengan varian sebelumnya, tapi juga ada yang berbeda. 

Misalnya kalau hanya menyebut Honda Beat keluaran tahun 2014, ternyata ada 4 model cover knalpot untuk varian motor Beat tahun tersebut. Apalagi pemilik motor banyak yang tidak tahu persis motor Beat yang dimilikinya termasuk tipe atau varian apa. 
 
Berikut ini beberapa jenis cover knalpot dari varian Honda Beat yang masih banyak dicari oleh para pemiliknya, dan bisa menjadi rujukan bagi pemilik toko sparepart dan bengkel dalam memilih cover knalpot Beat yang sesuai permintaan konsumen.



Jenis Cover Knalpot Honda Beat


Cover Knalpot BeAT Karbu



Kode Part: 18318KVY901
Produk ini bisa digunakan oleh motor :
- BeAT Karburator KVY tahun 2008 - 2012.


Cover Knalpot BeAT FI eSP, FI CBS



Kode Part: 18318K25900

Produk ini bisa digunakan oleh motor :
- BeAT FI CBS K25 tahun 2012 - 2014.
- BeAT FI K25 tahun 2012 - 2014


Cover Knalpot – BeAT Sporty eSP





Kode Part: 18318K25600ZA

Produk ini bisa digunakan oleh motor :
- BeAT Sporty eSP K25G tahun 2014 - 2016.

Cover Knalpot BeAT eSP New



Kode Part: 18318K81N00ZA

Produk ini bisa digunakan oleh motor:

- BeAT Sporty eSP K25G (2014 - 2016)
- BeAT Sporty eSP K81 (2016 - 2020)

 

Cover Knalpot  – BeAT POP eSP


Kode Part: 18318K61900ZA
Produk ini bisa digunakan oleh motor:

- BeAT POP eSP K61 (2014 - 2019)


Cover Knalpot Beat K1A



Kode Part: 18318K1AN00
Produk ini bisa digunakan oleh motor: 

- BeAT dan BeAT Street K1A (2020 - Sekarang)


Demikian informasi bagi pemilik motor Beat maupun pengelola bengkel motor agar lebih mengenal jenis cover knalpot Honda Beat yang sesuai dengan varian atau tipe motornya. Selain itu akan disampaikan info tentang cover knalpot motor Vario yang juga banyak dicari masyarakat pada kesempatan berikut.

Posting Komentar untuk "Mengenal Cover Knalpot Honda Beat, Jangan Salah Pilih Ya "