Contoh Deskripsi Diri untuk PPPK Saat Login sscasn.bkn.go.id

contoh deskripsi diri saat daftar PPPK


Setiap tahunnya pemerintah membuka pendaftaran menjadi ASN (aparatur sipil negara) baik sebagai PNS maupun PPPK. Kali ini kita membahas tentang PPPK.

Pendaftaran seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) ini berlaku untuk PPPK guru maupun non-guru yang memenuhi syarat tertentu. 

Pendaftaran seleksi rekrutmen calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Seleksi rekrutmen P3K akan berlangsung secara online melalui laman sscascn.bkn.go.id. 
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau bisa disingkat PPPK atau P3K merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-Undang.

Dalam proses pendaftaran PPPK guru maupun non-guru, ketika login di laman sscascn.bkn.go.id pelamar diharuskan mengisi sejumlah data. Salah satunya adalah mengisi deskripsi diri atau Self Description.

Dalam tahapan pengisian deskripsi diri atau riwayat hidup di sscascn.bkn.go.id ini harus dilakukan dengan benar. Banyak pelamar yang bingung mengenai jawaban apa saja yang harus diisikan didalamnya.

Poin-poin yang harus dimasukkan dalam mengisi riwayat dalam pendaftaran PPPP meliputi deskripsi diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, hingga pengalaman kursus atau pelatihan.

Untuk mengisi deskripsi diri, maka terlebih dahulu pelamar harus melakukan pengisian biodata.

Pengisian biodata meliputi: 

- Nama sesuai Ijazah Tanpa Gelar 
- Gelar Depan Ijazah 
- Gelar Belakang Ijazah 
- Tempat Lahir (sesuai Ijazah) 
- Tanggal Lahir (sesuai Ijazah) 
- Alamat pada KTP 
- Status Beasiswa 
- Jenis Disabilitas 
- Negara Domisili 
Negara domisili adalah negara tempat Pelamar tinggal saat ini. 
- Alamat Domisili 
Alamat domisili adalah tempat Pelamar tinggal saat ini. 
- Provinsi/Negara Domisili 
- Sedang Mengikuti Program Beasiswa 
- Kabupaten /Kota Domisili 
- Akun Media Sosial 
- Tinggi Badan 
- Status perkawinan 
- Agama 
- Nomor Telepon
- Nomor Ponsel 

Setelah biodata diisi, pelamar diharuskan memilih jenis seleksi, seperti apakah termasuk pelamar P1, P2, P3 atau P4. 

Selanjutnya, setelah pengisian jenis seleksi pelamar akan diminta untuk mendaftar formasi. Pada tahap ini, pelamar akan diminta untuk melengkapi data pendidikan, lokasi dan jabatan yang dilamar.

Jika tahap mendaftar formasi sudah selesai, selanjutnya pelamar diminta untuk mengisi riwayat. Di tahap pengisian riwayat inilah pelamar harus mengisi deskripsi diri.

Pada kolom deskripsi diri yang tersedia, pelamar diharuskan menuliskan sebuah essay yang menggambarkan sosok diri pelamar dalam bidang pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat.

Dalam menulis essay di kolom deskripsi ini, pelamar bisa menuliskan maksimal 3000 karakter.

Berikut teks contoh deskripsi diri saat login sscasn.bkn.go.id pendaftaran PPPK yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan pengalaman kerja pelamar yang sebenarnya.


Contoh Deskripsi Diri Pendaftaran PPPK


Nama saya Slamet Prayogo, seorang pendidik yang mengajar di Sekolah Dasar Suka Maju.

Saya lahir di Klaten 11 Maret 1998 dan telah mengajar di SD tersebut selama lima tiga tahun. 

Dalam menjalankan tugas, saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semngat tinggi dalam mengajar.

Hal itu dibuktikan dengan kedekatan antar guru ataupun dengan anak-anak didik. Dalam mengajar saya berupaya mewujudkan suasana yang menyenangkan, menarik serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Hal ini saya lakukan dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Selama bekerja di lembaga pendidikan, saya juga terus menjaga dan memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan bersama dengan lebih mengutamakan kepentingan bersama.

Contoh 2 Deskripsi Diri PPPK


Nama saya Heru Listanto, lahir di Bondowoso pada 25 Juli 1997. Saya adalah seorang guru di SD Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di SDN 1 Genteng.

Selama mengajar selama 8 tahun di SD tersebut, saya mempelajari berbagai karakter siswa. Selain itu saya memiliki pengalaman berinteraksi yang baik dengan sesama pengajar.

Selama ini saya mengampu dua mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia dan IPS.

Saya pernah menjadi wali kelas selama 3 tahun untuk murid kelas 3, 2 tahun untuk kelas 4. Selebihnya sebagai guru biasa ketika diawal-awal mengajar di sekolah tersebut.

Dalam bertugas sebagai guru honorer saya selalu berupaya agar bisa menyampaikan materi menggunakan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. 

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan siswa, saya selalu mencoba melakukan pendekatan secara pribadi pada para siswa yang prestasinya kurang baik, dengan tujuan bisa memahami kondisi mereka dan membantu meningkatkan prestasi belajarnya.

Selain menjalin kedekatan dengan siswa, saya juga membangun komunikasi dan hubungan baik dengan guru-guru lain sebagai rekan kerja. Saya juga tak segan untuk selalu belajar dari guru-guru berpengalaman di sekolah tersebut.

Saya juga sering berkolaborasi dengan para guru lain untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Salah satu program yang saya kerjakan dalam 2 tahun terakhir ini adalah melakukan pembelajaran di luar sekolah/alam dengan mengaktifkan media pembelajaran dari lingkungan sekitar.

Hal ini bertujuan sebagai variasi pembelajaran agar para siswa tidak jenuh dengan pembelajaran rutin di dalam kelas.

Dalam kegiatan bermasyarakat saya juga berusaha memberikan kontribusi untuk daerah setempat. Saya selalu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan dan berpartisipasi dalam organisasi kemasyarakatan dan aktif serta dalam kegiatan gotong royong di tempat tinggal saya.


Demikianlah 2 contoh pengisian teks deskripsi diri pada saat mendaftar PPPK guru maupun nonguru dengan penyesuaian ruang lingkup pekerjaan yang pernah dilakukan. 

Pelamar harus memastikan agar semua poin penting tertulis secara lengkap agar dapat menjadi nilai positif saat mendaftarkan diri pada program PPPK guru maupun nonguru.

Posting Komentar untuk "Contoh Deskripsi Diri untuk PPPK Saat Login sscasn.bkn.go.id "