Cara Membuat Channel YouTube Untuk Pemula

Cara membuat channel Youtube untuk pemula


Admin Arsip Info kali ini menyajikan artikel tentang cara membuat channel YouTube untuk pemula yang bisa dilakukan siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, usia, maupun status sosial. Channel YouTube bisa dibuat baik melalui HP maupun laptop, selama terdapat jaringan internet.

Bagi orang awam YouTube mungkin hanya dilihat sebagai situs hiburan. Tapi sebenarnya Youtube bukan hanya media berbagi video, namun YouTube juga menyediakan peluang bagi siapapun untuk menjadi content creator yang bisa menghasilkan uang. 

Content creator adalah sebutan bagi orang membuat dan berbagi video di Youtube. Beberapa orang memang membuat video hanya untuk bersenang-senang.

Beberapa lainnya mungkin sekedar memanfaatkan YouTube untuk menyimpan album video kenangan (seperti mimin nih). Daripada disimpan di HP lama-lama akan menghabiskan memori dan membuat lemot. Tapi didelete juga sayang, apalagi untuk video yang mengandung kenangan. Solusinya bisa disimpan di YouTube lo.

Ada juga orang-orang yang memang sengaja membuat video di YouTube agar bisa mendulang uang, mendapatkan penghasilan tetap, bahkan akhirnya memutuskan menjadi Youtuber sebagai profesi utama. 

Dengan kata lain, tujuan membuat channel adalah untuk tujuan monetisasi atau menghasilkan cuan. Nah, hal terakhir ini menjadi tujuan artikel kita kali ini.

Dan langkah awal monetisasi video di YouTube adalah membuat channel. 

Mengapa harus membuat channel YouTube? Jadi channel itu adalah akun kita di di YouTube. 

Kalau kita hanya menonton video atau main game di YouTube memang kita tidak perlu punya akun atau tidak perlu login ke YouTube. Tapi bisa langsung dilihat dari aplikasi YouTube atau membuka situs Youtube.com di browser HP maupun laptop.

Tapi kalau kita ingin mengupload video ke YouTube, baik itu untuk tujuan iseng maupun serius mau jadi Youtuber, kita wajib memiliki akun YouTube. Artinya kita harus Login ke YouTube dan melakukan pendaftaran akun.

Dari akun itulah kita nantinya bisa membuat channel YouTube.

Dilansir dari Katadata, menurut Tubics pada tahun 2022 terdapat lebih dari 51 juta channel YouTube dari seluruh dunia. Angka ini akan terus bertambah mengingat pengguna media sosial terus bertambah sejalan dengan minat orang melihat konten-konten sesuai dengan minatnya, terutama konten berformat video. Salah satunya YouTube.

Apalagi YouTube memberikan penghasilan iklan dari pemilik channel yang dimonetisasi, sehingga membuat orang tertarik menjadi youtuber.

Ditambah lagi, untuk membuat channel di YouTube itu gratis dan caranya juga relatif mudah. 

Syarat utama membuat Channel di YouTube adalah cukup memiliki email Google atau bisa disebut Gmail. Hanya modal email Google gratisan. 

Karena pendaftaran di YouTube hanya bisa dilakukan dengan menggunakan Gmail. Tidak bisa memakai email selain Google.

Lihat : Cara Membuat Email Gmail


Cara Membuat Channel YouTube

Setelah memiliki email dari Google, maka kamu tinggal selangkah lagi untuk membuat channel di Youtube.

Ada 2 cara untuk membuat channel YouTube, yaitu melalui aplikasi Youtube di Android maupun iOS, melalui situs YouTube di browser HP atau laptop/desktop.

Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Bikin Channel YouTube dari Aplikasi YouTube

1. Download aplikasi YouTube

Kamu bisa mulai membuat channel dari HP smartphone yang kamu miliki. Caranya adalah dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi Youtube.

Bagi pengguna Android, kamu bisa mencari aplikasi YouTube di Google PlayStore atau Ios bagi pengguna iPhone.

Setelah aplikasi YouTube terinstal di HPmu, buka dan login dengan email Google yang ingin kamu gunakan untuk bikin channel.

2. Login ke aplikasi YouTube. 

3. Jika menggunakan ponsel Android, biasanya akun Google sudah terintegrasi di aplikasi YouTube. Pilih ikon akun di pojok kanan atas. 

cara bikin channel YouTube
Klik ikon akun di pojok kanan atas pada aplikasi YouTube



4. Pilih opsi Your Channel  atau Channel Anda


(1. Secara default, nama pengguna dan email kamu akan tampil disini.
(2. Tambahkan akun, ini untuk menambah email lain. Abaikan.
(3. Channel Anda, klik untuk mulai membuat channel.   

4. Setelah itu akan muncul pop-up untuk mulai membuat channel, seperti berikut.

contoh channel YouTube


Disini ada 3 hal yang harus kamu lakukan, yaitu : membuat foto profil, nama channel dan nama sebutan channel (handle).

Untuk foto profil bisa diabaikan dulu jika kamu belum menyiapkan foto profil untuk channelmu. Bisa dilakukan nanti.

Nama channel. Isi dengan nama channel sesuai keinginanmu. Misalnya : Channel Aku. Nama channel ini bisa diubah kapan saja, jika kamu merasa kurang cocok. 

Nama sebutan channel. Biasa juga disebut handle. Saat kamu menulis nama channelmu, maka secara otomatis YouTube akan membuatkan handle untuk channelmu. Dalam contoh diatas nama sebutan channelnya adalah @channel_aku.

Nantinya kamu bisa membagikan channelmu dengan alamat /URL sebagai berikut : https://www.youtube.com/@channel_aku

Nama sebutan channel ini bisa sama dengan nama channelmu tapi juga bisa berbeda. Kamu bisa mengubahnya nanti. Intinya, nama sebutan channel adalah personalisasi channelmu. 

Kalau nama channel bisa saja sama dengan channel lain yang sudah ada di YouTube, namun nama sebutan channel sifatnya unik untuk tiap channel dan tidak bisa sama.

Setelah membuat nama channel dan nama sebutan channel/handle, maka langkah berikutnya adalah klik "Create Channel" atau "Buat Channel". Maka kamu pun sudah memiliki sebuah channel YouTube dengan nama sesuai yang kamu pilih.

5. Setelah channel YouTube berhasil dibuat, kamu bisa mengubah/menambah foto profil, mengisi deskripsi channel, termasuk mengubah nama channel dan handle jika merasa kurang pas dengan yang sebelumnya telah dibuat.

Tampilan channel yang telah berhasil dibuat.


Bahkan kamu sudah bisa langsung membuat video. Kamu bisa menyiapkan video, namun jangan keburu mengupload ke channel YouTube sebelum melakukan optimasi channel. Ini merupakan langkah berikutnya.

Bikin Channel YouTube dari Komputer/Laptop


Selain membuat channel YouTube dari HP, kamu juga bisa membuatnya melalui komputer atau laptop. Langkah-langkahnya hampir sama seperti di HP.

Berikut ini cara membuat channel Youtube dari laptopmu. 

1. Buka situs https://www.youtube.com/ di browsermu.

2. Login ke YouTube dengan cara klik ikon Login di pojok sebelah kanan. Masukkan email dan password email Google yang akan kamu buat membuat channel.

3. Setelah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas, klik akunmu.

4. Pilh opsi Buat Channel atau Create Channel.

buat channel YouTube di laptop.
Buat tampilan profil channel kamu.

Selanjutnya akan muncul pop-up untuk memilih nama channel dan nama sebutan channel. 

Kamu bisa menggunakan nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom agar kamu bisa menentukan nama Channel YouTubemu sendiri.

Demikian juga untuk nama sebutan channel, kamu bisa mengubah sesuai yang kamu inginkan.  

Langkah terakhir klik tombol Buat Channel atau Create Channel. Maka channel YouTube kamu sudah berhasil dibuat.

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat channel YouTube.

Dengan penjelasan singkat tadi, terbukti membuat channel YouTube untuk pemula caranya cukup mudah dilakukan oleh siapa pun, karena bisa dilakukan dengan HP maupun laptop. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Channel YouTube Untuk Pemula"