Asal Mula dan Kenapa Ban Kendaraan Berwarna Hitam

alasan ban berwarna hitam


Pernahkah Anda memerhatikan ketika sedang berada di jalan, kenapa ban mobil atau sepeda motor warnanya hitam? Padahal ada banyak pilihan warna untuk dijadikan sebagai warna ban, tapi kenapa warnanya semuanya hitam? 

Ternyata dulu awal mula munculnya ban tidak berwarna hitam, namun putih. Warna putih pada ban berasal dari warna asli karet yang memang berwarna putih seperti susu. 

Sejarah Singkat Ban

Ban pertama kali dibuat dari kayu untuk digunakan pada gerobak ditarik hewan, seperti kuda. Kemudian, ban dilapisi besi atau kulit untuk melindungi roda kayu dari kerusakan. 

Namun, ban jenis ini masih tidak mampu menyerap goncangan dan licin. 

Pada tahun 1800-an, Charles Macintosh mencoba membuat ban dari getah pohon Amazon, tapi hasilnya tidak tahan lama terhadap cuaca. 

Pada tahun 1839, Charles Goodyear menemukan karet vulkanisir dengan menambahkan belerang, yang membuat karet lebih elastis dan kuat untuk digunakan sebagai bantalan ban sepeda. 

Pada tahun 1895, ban karet pertama untuk mobil ditemukan.

Lalu, kenapa ban warnanya hitam? 

Ban kendaraan yang biasa kita temui rata-rata berwarna hitam. Pernahkah terpikir mengapa demikian? 

Sebelum menjawabnya, mari pahami dulu dari mana asal karet yang digunakan untuk membuat ban. 

Karet secara alami didapatkan dari zat putih lengket dikenal sebagai lateks yang berasal dari getah pohon. Lateks bersifat lengket dan berwarna putih. Untuk mendapatkannya, pemanen harus membuat sayatan pada kulit kayu. 

Setelah sayatan dibuat, cairan putih itu keluar dan mulai mengalir. Cairan itu kemudian disimpan dan ditambahkan asam untuk membuat karet alam. Suhu harus tepat agar lateks dapat keluar dari pohon dengan baik yang hanya terjadi jika cuaca cukup dingin

Jika suhu terlalu panas, maka lateks, bahan baku utama ban mobil ini, akan menjadi padat dan tidak dapat mengalir ke bawah pohon. Ini mengapa pemanen bekerja dari jam 2-5 pagi, saat suhu paling dingin. 

Lantas, bagaimana dengan ban mobil dan mengapa harus berwarna hitam? 

Menurut Science ABC, dalam membuat ban mobil, gumpalan karet alami dicampur dengan karet sintetis dalam mesin. Warna karet berubah menjadi hitam setelah pekerja menambahkan karbon hitam, yaitu karbon dalam bentuk partikel kecil sebagai hasil pembakaran tidak sempurna bahan bakar fosil.

Karbon hitam adalah zat paling hitam dan memberikan warna hitam pada ban mobil. Ini digunakan karena memiliki sifat penguat dan membantu memindahkan panas dari bagian penting ban. 

Dalam abad kedua puluh, pembuat ban memasukkan karbon hitam sebagai eksperimen untuk meningkatkan kualitas ban. Hasilnya, ban lebih tahan lama, stabil, dan mampu menghantarkan panas dengan baik.

Karbon hitam adalah produk samping dari pembakaran bahan bakar fosil yang membantu membuat ban tahan lama dan terlindung dari sinar UV dan ozon.

Apakah Ban Selalu Berwarna Hitam?


Setelah mengetahui bahwa karet alam putih menjadi hitam selama proses pembuatan karena adanya karbon hitam, mungkin timbul pertanyaan apakah ban selalu berwarna hitam?. 

Pada masa 1900-an di New York, ban mobil berwarna putih. Ban karet alam dalam warna putih awalnya dibuat lalu dilapisi dengan jelaga untuk memperkuatnya, namun seiring waktu dan melalui penelitian dan produksi bertahun-tahun, jelaga diganti dengan karbon hitam seperti sekarang.

Ban kendaraan tidak harus berwarna hitam, warna ini hanya menjadi pilihan karena memiliki tingkat refleksi sinar cahaya yang lebih rendah dan menimbulkan suhu lebih dingin, sehingga lebih efisien dan aman untuk digunakan. Namun, warna lain seperti putih atau merah juga dapat digunakan tergantung preferensi pemilik kendaraan.

Mayoritas ban dipilih berwarna hitam oleh pabrikan karena beberapa alasan:

- Warna hitam mudah diproduksi dan memiliki biaya lebih rendah dibanding warna lain.
- Warna hitam merupakan warna dasar yang tidak membosankan dan sesuai dengan banyak warna bodi kendaraan.
- Warna hitam memberikan tampilan yang klasik dan elegan pada kendaraan.
- Warna hitam memiliki tingkat refleksi sinar cahaya yang lebih rendah dan menimbulkan suhu lebih dingin, sehingga lebih efisien dan aman untuk digunakan.

Itulah alasan dan penjelasannya mengapa saat ini ban kendaraan, baik mobil maupun motor, mayoritas warnanya hitam.

Posting Komentar untuk "Asal Mula dan Kenapa Ban Kendaraan Berwarna Hitam"