Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ternyata Sangat Banyak

manfaat berenang



Berenang merupakan salah satu jenis olahraga air yang sangat digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Renang merupakan salah satu cabang olahraga akuatik yang mengutamakan gerakan tangan dan kaki untuk tetap mengapung.

Selain menyenangkan, berenang juga memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. 

Manfaat berenang sangat beragam, termasuk dalam menjaga kesehatan jantung, paru-paru, otot, tulang dan juga menurunkan berat badan. Berenang juga dapat digunakan untuk terapi bagi penderita penyakit khusus seperti diabetes, asma, dan nyeri kronis.

Selain itu, berenang juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati. Berenang dapat dilakukan oleh semua usia, mulai dari bayi hingga orang tua.

Nah, bagi Anda yang gemar berenang berikut manfaat yang diperolah dengan berolahraga renang secara rutin, yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan


Membakar kalori, Menurunkan Berat Badan

Berenang merupakan bentuk pelatihan yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Kalori akan terbakar dengan cepat saat berenang sehingga badan memiliki berat yang lebih ideal. 

Diketahui bahwa berenang selama satu jam bisa membakar kalori sekitar 400-700 kalori, tergantung pada intensitas renang yang dilakukan.

Menurut penelitian, berenang dalam satu jam, membakar sekitar 500-600 kalori. Malahan, studi BMC Sports Science, Medicine and Rehabilitation menemukan kalau renang yang dilakukan selama 16 minggu berturut-turut, bisa membantu mengurangi lemak di tubuh dan mendapatkan berat badan ideal.

Selain itu, berenang juga bisa bantu ngurangin lemak di perut sehingga bisa bikin perut jadi lebih kecil. Karena renang melibatkan seluruh tubuh, gerakan seperti bahu, lengan, kaki, sampai punggung. Ini berarti, renang bisa membantu proses metabolisme dan kardio yang lebih baik.

Jadi, buat Anda yang sedang melakukan diet dan ingin cepat menurunkan berat badan, renang bisa jadi pilihan olahraga yang tepat.

Baik Untuk Jantung Dan Paru-Paru


Berenang merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. 

Meskipun tidak seintensif ketika berlari atau melakukan senam aerobik, namun manfaat berenang setara dengan olahraga kardio lainnya. 

Berenang membantu meningkatkan aliran oksigen dan darah  di dalam tubuh sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. 

Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa perenang cenderung memiliki paru-paru yang lebih sehat dibandingkan atlet lainnya.

Baik Untuk Penderita Asma


Berenang merupakan olahraga yang baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan melatih kontrol pernapasan. Oleh karena itu, olahraga ini sangat cocok untuk dilakukan secara rutin oleh penderita asma untuk melatih pernapasannya. 

Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya, karena beberapa studi menunjukkan bahwa kolam renang yang mengandung kaporit dapat memicu asma. 

Menurut studi yang dilakukan oleh Swim England, berenang di rekomendasikan untuk orang dengan penyakit asma dan paru-paru kronis. 

Dengan melakukan olahraga ini secara rutin, akan melatih otot paru-paru dan meningkatkan volume paru-paru.

Mengontrol gula darah

Bagi orang diabetes, berenang akan menjaga kadar gula darah. Ini terjadi karena berenang bisa meningkatkan kebugaran dengan menguatkan semua otot utama. 

Hal ini memungkinkan tubuh menyerap oksigen dan nutrisi ke dalam sel otot secara efisien. Dan tentunya, sangat baik bagi penderita diabetes yang memiliki gula darah fluktuatif.

Membuat Umur Panjang

Berenang juga bisa membuat umur panjang. Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur seperti berenang bisa membuat umur panjang. 

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 oleh Swim England, rutin berenang dapat mengurangi 28 persen risiko kematian dini akibat penyakit jantung dan stroke. 

Hal ini dikarenakan berenang sama saja dengan olahraga aerobik yang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, membuat paru-paru lebih efisien dalam menggunakan oksigen, dan juga menjaga kesehatan tulang.

Meningkatkan Kesehatan Otak


Berenang sangat baik untuk kesehatan otak. Olahraga ini dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif, seperti kemampuan memproses informasi visual. 

Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang. Studi dari jurnal Physiological Reports menunjukkan bahwa kombinasi olahraga berenang dengan makan sehat seperti diet Mediterania dapat mencegah penyakit kognitif akibat penuaan atau neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

Latihan Bagus Untuk Pasien Nyeri Kronis

Berenang dapat membantu pasien yang menderita nyeri kronis seperti arthritis dan fibromyalgia untuk meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup mereka. 

Olahraga ini dianggap sebagai latihan yang baik karena memiliki tekanan yang rendah pada sendi dan otot, serta dapat membantu mengurangi nyeri dan meningkatkan kekuatan otot. 

Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam berenang dapat membuat sendi lebih fleksibel dan meredakan rasa nyeri.

Studi telah menunjukkan bahwa program renang yang dilakukan secara teratur dengan intensitas yang sesuai, dapat membantu pasien osteoarthritis untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan kondisi fisik mereka.

Karenanya renang termasuk olahraga yang dianjurkan bagi pengidap arthritis, karena olahraga ini dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi.

Mengatasi Syarat Kejepit


Saraf kejepit merupakan kondisi yang cukup mengganggu dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Akibatnya, pengidap saraf kejepit tidak bisa bebas bergerak dan lebih sering beraktivitas di tempat tidur, yang malahan dapat melemahkan otot.
 

Nah, salah satu manfaat berenang adalah untuk mengatasi saraf kejepit. Gerakan dalam renang dapat membuat tulang belakang dan otot-otot punggung lebih rileks.

Salah satu manfaat berenang dapat membantu meringankan tekanan pada saraf terjepit. Gerakan ketika berenang dapat membuat tulang belakang dan otot-otot punggung lebih rileks. 

Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai melakukan olahraga ini untuk mengetahui apakah berenang sesuai untuk kondisi Anda dan bagaimana cara berenang yang tepat.

Berenang Baik Untuk Kesehatan Mental 


Tidak hanya memberikan manfaat fisik, berenang juga memberikan manfaat psikis. Berolahraga akan membuat hati senang, apalagi jika dilakukan bersama-sama dalam suatu kelompok atau komunitas. 

Berenang akan membuat seseorang lebih sering berinteraksi dengan orang lain yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Ini akan membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup.

Mengurangi Stress

Berenang, seperti juga olahraga lain, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati. Minimnya gravitasi di kolam renang akan mengurangi tingkat stres di dalam tubuh. 

Menurut studi, air dan berbagai gerakan renang yang dilakukan dalam tubuh  dapat menghasilkan pelepasan endorfin, dopamin, dan serotonin, yang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. 
 
Berenang juga dapat dikombinasikan dengan senam relaksasi untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan mental.

Mengatasi Insomnia


Berenang dapat mengatasi masalah tidur seperti insomnia. Olahraga ini akan meningkatkan kualitas tidur seseorang karena dapat mengurangi stres yang seringkali menyebabkan insomnia. 

Menurut riset yang dilakukan oleh National Sleep Foundation di Amerika pada tahun 2013, hasilnya menunjukkan bahwa orang yang melakukan olahraga seperti berenang memiliki kualitas tidur yang lebih baik hingga 76-83 persen dibandingkan dengan yang tidak melakukan olahraga.

Dengan melakukan olahraga berenang secara rutin, Anda dapat merasakan perbedaan dalam kualitas tidur Anda.

Aktivitas Yang Menyenangkan

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Selain meningkatkan kondisi fisik, berenang juga dapat memberikan perasaan rileks dan santai yang baik untuk perasaan emosional seseorang. 

Menurut laman Better Health, berenang dapat memberikan latihan yang baik untuk kebugaran fisik serta cara yang efektif untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan mental.

Sebagai kesimpulan dari manfaat berenang bagi kesehatan, berenang merupakan olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Namun sebelum memulai olahraga, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Posting Komentar untuk "Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ternyata Sangat Banyak"