Awas Malware Hook Di 34 Apikasi Mengintai Pengguna Android





Malware baru bernama Hook telah ditemukan pada 34 aplikasi dan dapat menguras rekening korban dan mengambil alih akun WhatsApp mereka. 

Menurut Bleeping Computer, malware ini menggunakan teknologi VNC (Virtual Network Computing) untuk mengontrol perangkat korban secara real-time. Dibuat oleh peretas yang sama dengan virus Android BlackRock dan ERMAC, Hook memungkinkan pelaku melakukan serangan dari jarak jauh dan mengakses file di perangkat.

Pada BlackRock, serangan memungkinkan peretas untuk mencuri uang dan kata sandi (password) pada aplikasi perbankan. Sementara itu, ERMAC digunakan untuk dompet kripto, yakni mencuri informasi kontak dan ID bank milik korban, seperti dilansir dari Cnbcindonesia.com.

Hook dapat melakukan berbagai penipuan, seperti mencuri data dan melakukan transaksi tanpa memerlukan saluran tambahan. 

Malware ini juga dapat mengunduh berkas tertentu sehingga peretas dapat memperoleh daftar yang disimpan di dalam perangkat. 

Terkait dengan WhatsApp, Hook dapat menyimpan seluruh obrolan dan mengirimkan pesan dengan menggunakan akun korban.


Menurut laporan Gichina, saat ini Hook telah tersedia di pasar global, diantaranya Amerika Serikat, Australia, Polandia, Kanada, Turki, Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, dan Portugal.

Korban target malware baru ini adalah Google Play Store. Sejumlah langkah keamanan di toko aplikasi baik Android dan ChromeOS telah dilakukan, tetapi belum bisa menghentikan sebaran tersebut.

Masalah ini berdasarkan pengungkapan pakar keamanan khusus SecneurX. Mereka juga memberikan daftar aplikasi yang terinfeksi sejumlah virus yang ditunjukkan bagi Android, termasuk di dalamnya adalah Joker.

Tentang Ermac


Dilansir dari Liputan6.com, Ermac merupakan trojan banking yang menyerang perangkat Android. Trojan ini membantu aktor kejahatan siber mencuri kredensial dari 467 bank dan aplikasi kripto.

Pembesut trojan Ermac mengklaim, malware baru ini dibuat dari sangat awal, namun para peneliti di ThreadFabric meragukan hal itu. Para peneliti menganggap bahwa Hook ini berdasarkan dari kode ekstensi yang tumpang tindih antar kedua malware.

Hal tersebut mengingat keduanya konsisten dengan basis kode milik Ermac. Jadi, para peneliti menyimpulkan bahwa Hook juga merupakan trojan perbankan.

Para peneliti menilai malware Hook adalah evolusi dari Ermac. Dengan kata lain, Hook lebih berbahaya dari Ermac yang pada dasarnya juga tidaklah baik bagi perangkat pengguna.

Hook sejauh ini menargetkan aplikasi-aplikasi perbankan yang dipakai oleh pengguna di Amerika Serikat, Spanyol, Australia, Polandia, Kanada, Turki, Britania Raya, Italia, dan Portugal.

Malware Hook ini juga diklaim bisa berdampak bagi siapa pun di seluruh dunia. ThreadFabric mendata bahwa semua aplikasi yang ditarget oleh Hook adalah aplikasi perbankan.

Untuk itulah, ThreadFabric menyarankan agar pengguna smartphone atau perangkat apa pun agar hanya selalu memasang aplikasi dari sumber-sumber resmi.

Jika pengguna mengunduh dan memasangnya dari sumber pihak ketiga, pastikan aplikasi yang akan dipasang adalah aplikasi yang aman.

Aplikasi-aplikasi yang telah terinfeksi biasanya mudah dikenali, mulai dari desain, jumlah unduhan yang hanya sedikit, hingga komentar atau tinjuan tentang aplikasinya kurang baik.

34 Aplikasi terinfeksi malware Hook :


Logo Design Maker

Funny Emoji Keyboard

Animal Doodle Drawing

Paper Paint - Autolycos

Dexterity QR Scanner

Heart Rate Monitor

Fun Paint & Coloring

Beauty Christmas Songs

Epica Gamebox & Hub

Magic Face AI

Love Sticker

HD Screen Mirroring

Phone to TV - Joker

Photo Voice Translator

Effect Voice Changer

Quick PDF Scanner

Easy Voice Change

Fast Language Translator

Perfect Face Swap

Effects Photo Editor

Super Emoji Editor & Sticker

Blue Voice Changer

Cool Screen Mirroring

Phone Cleaner Lite

Digital Clock - Always display

Live Wallpaper

Grape Camera & Photo Editor

Blood Glucose Recorder

Clever Clean - Batter Saver

Album Live Wallpaper & Theme

Shortcut Screen Mirroring

Mind Message - Joker

Advanced Cast Screen

Coloring Painting 

Posting Komentar untuk "Awas Malware Hook Di 34 Apikasi Mengintai Pengguna Android"