-->

Cara Menambahkan Fitur Jual-Beli Pada Grup Facebook

Fitur Jual-Beli di Grup Facebook - Ketika saya membuka sebuah grup Facebook yang saya ikuti, saya sempat terkejut melihat ada sesuatu yang berbeda dari kotak posting. Biasanya hanya ada tombol Kirim, Foto/Video, Pertanyaan dan File. Tapi kali ini fitur di kotak posting grup Facebook berubah hanya ada tiga tombol, yaitu Jual Sesuatu, Mulai Diskusi dan Pertanyaan.
Cara menambahkan fitur Jual-Beli di Grup Facebook.
Kotak posting di Grup Facebook dengan fitur Jual-Beli
Dengan adanya fitur Jual-Beli pada grup Facebook, maka setiap anggota grup yang akan melakukan posting pada grup, tinggal menyesuaikan dengan tujuannya. Jika ia hanya akan melakukan posting status biasa, maka klik tombol Mulai Diskusi dan menuliskan postingan seperti biasanya, lalu klik Posting. Tapi jika ia berniat menawarkan sesuatu produk/barang dengan harapan ada anggota grup yang berminat membeli, maka ia akan menekan tombol "Jual Sesuatu", maka berikutnya dibawah kotak postingan akan muncul isinya seperti : Apa yang anda jual? harga, tambahkan lokasi (opsional), dan terangkan item anda (opsional). Ada juga tombol Tambahkan foto dari produk yang akan ditawarkan/dijual tersebut. Setelah semua diisi, klik Posting.

Fitur jual-beli pada grup Facebook ini memang terbilang masih baru, yaitu kalau tidak salah baru diberlakukan pada awal-awal bulan tahun 2015. Maka tidak heran masih banyak yang tidak mengetahuinya, termasuk para pengelola grup Facebook.

Nah daripada penasaran, sekarang kita bahas bagaimana cara mengaktifkan fitur Jual-Beli pada grup Facebook. Begini caranya :

1. Masuk ke grup yang Anda kelola.
2. Klik tanda ...  (tiga titik) disudut kanan atas grup (Pemberitahuan),  pilih Sunting Pengaturan Grup.
3. Lalu klik/centang kotak disebelah Fitur Jual Beli untuk mengaktifkan fitur Jual-Beli. Lalu pilih mata uang yang digunakan di grup.
4. Klik simpan.

Namun ternyata fitur Jual-Beli ini belum tersedia di semua grup. Dari berbagai grup yang saya ikuti, baru beberapa saja yang sudah dilengkapi fitur Jual-Beli ini. Dan setelah saya amati, fitur ini belum tersedia secara otomatis di semua grup (default). Artinya harus dimunculkan dengan setelan pada Pengaturan grup. Mungkin Facebook sendiri masih menjajaki atau sekedar memperkenalkan secara terbatas. Misalnya di grup yang saya kelola, ada yang sudah ada fiturnya, bahkan saat saya buka langsung muncul informasi dari Facebook yang menawarkan fitur Jual-Beli ini. Tapi di grup lain tidak ada opsi pengaturan Jual-Beli ini.

Lalu, bagaimana untuk grup Facebook yang belum dilengkapi dengan opsi fitur Jual-Beli ini? Facebook memberi cari lain, yaitu dengan mengajukan permintaan. Yaitu mengisi Formulir Minat Grup Jual Beli Facebook.
Formulir Minat Grup Jual Beli Facebook.

Untuk memunculkan formulir isian tersebut silakan KLIK INI. Tapi ingat Anda harus login dulu di akun Facebook Anda. Setelah mengisi formulir tersebut klik Kirim. Facebook menjanjikan perlu waktu beberapa hari agar fitur muncul di pengaturan grup setelah Anda mengisi formulir. Jadi harus bersabar ya. Jika setelah katakanlah maksimal 1 minggu fitur tersebut belum muncul di pengaturan grup Anda, bisa dicoba untuk mengulang kirim formulir permintaan lagi. Selamat mencoba semoga sukses.
loading...

Labels: Internet, Tekno

Thanks for reading Cara Menambahkan Fitur Jual-Beli Pada Grup Facebook. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Cara Menambahkan Fitur Jual-Beli Pada Grup Facebook"

Makasi gan untuk artikel nya, sangat membantu.

Nomor Cantik
http://andikanis.com