-->

Manfaat Positif Reuni Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Reuni - Pada waktu-waktu tertentu kita punya kecenderungan untuk bertemu dan bernostalgia dengan teman-teman lama. Setelah sekian waktu tidak berjumpa dengan teman-teman sekolah yang pernah menjadi bagian dalam kehidupan kita untuk kurun waktu tertentu, biasanya timbul keinginan dalam diri kita untuk mengetahui bagaimana keadaan mereka saat ini. Karena itu kemudian akan tercetus ide untuk mengumpulkan kembali teman-teman lama kita dalam sebuah reuni.

Manfaat positif reuni

Umumnya orang memandang reuni tidak lebih dari sekedar ajang bertemu kangen saja. Padahal seharusnya tidak hanya demikian. Memang ada reuni yang hanya berisi kegiatan rutin dan hura-hura untuk kesenangan sesaat saja. Namun jika digali lebih dalam, reuni memiliki sejumlah manfaat, tergantung bagaimana kita mau memandangnya.

Itulah sebabnya, reuni selalu ada dan orang-orang umumnya senang menghadiri sebuah reuni, mulai dari reuni dengan teman-teman SD sampai perguruan tinggi. Berkumpul kembali dengan teman-teman lama, walau sesaat, memiliki makna tersendiri bagi setiap orang. Secara umum, reuni dipandang memiliki manfaat positif, kecuali mereka yang mempunyai pengalaman negatif ketika bersekolah.

Berikut ini beberapa manfaat reuni yang perlu kita ketahui :


1. Ajang Nostalgia Masa Sekolah

Salah satu alasan kuat orang menghadiri reuni adalah ingin mengulang masa-masa manis saat bersama dengan teman-teman sekolah kita, mencari romantisme masa lalu yang masih terkenang dalam ingat kita.

Menurut Prof Ganesha ahli jantung RS Harapan Kita, reuni, apapun istilahnya adalah suatu upaya untuk mempertemukan kembali apa yang dulu pernah bersama, upaya mencari eksistensi diri yang mulai pupus dari memori karena dimakan usia.

Melalui reuni itu kita bisa merasakan kembali masa-masa sekolah yang pernah kebersamaan, mengenang hal-hal menarik dari pengalaman yang pernah terjadi di masa lalu. Apa yang dulu dianggap biasa, lewat reuni diungkap kembali, menjadi suatu kenangan yang menyenangkan.

Ketika berkumpul kembali dalam reuni, setiap orang berusaha mengumpulkan ingatan akan kejadian yang pernah dialami dan menceritakan kembali dengan nuansa yang berbeda dari kejadian sebenarnya. Maka suatu kejadian yang tidak menyenangkan, seperti dihukum oleh guru, ketika diceritakan kembali, menjadi sesuatu yang lucu dan menyenangkan.

"Reuni", kata Dr Priguna Sidharta "selain untuk memutar longterm memori di hipocampus, juga untuk memperbaiki fungsi nucleus accumbens, bagian otak yang mengurus kesenangan". Memutar kembali memori adalah satu upaya mencegah Alzheimer yang memang satu saat kelak akan menghampiri kita semua cepat atau lambat.

2. Merekatkan kembali Tali Persahabatan

Ada ungkapan dalam Bahasa Jawa, bahwa reuni adalah sebuah upaya “ngumpulke balung pisah”. Artinya reuni sebenarnya tak lain adalah usaha untuk mengumpulkan kembali teman-teman lama yang telah berpisah dalam waktu lama dan tak diketahui rimbanya. Tujuannya tak lain menjalin kembali tali silaturahmi dan persahabatan diantara teman-teman yang telah terputus oleh kesibukan masing-masing.

Dengan reuni, setiap orang akan berusaha mengumpulkan info tentang teman-temannya dengan berbagai cara, baik lewat pemasangan iklan, maupun saudara atau keluarganya untuk memberitahukan tentang rencana reuni tersebut.

Banyak diantara teman-teman kita yang sebetulnya tinggal di kota yang sama, namun kesempatan untuk bertemu selalu sulit ditentukan. Dengan adanya reuni, menjadi kesempatan terbaik untuk bertemu dengan teman-teman lama.

3. Reuni Itu Ternyata Memperpanjang Usia

Bertemu teman lama akan menimbulkan rasa gembira dan bahagia yang dapat membuat umur kita lebih panjang.

Menurut suatu penelitian, orang yang banyak dikelilingi teman dan saudara, kemungkinan meninggal lebih awal berkurang 50% dibandingkan mereka yang tidak memiliki kehidupan sosial yang baik. Orang-orang yang memiliki kehidupan sosial yang cukup aktif, rata-rata hidup 3,7 tahun lebih lama. Penelitian di Brigham Young University dan University of North Carolina (UCLA), Amerika Serikat juga mengungkapkan bahwa teman dan keluarga yang selalu mendukung dapat membuat seseorang lebih terasa mudah dalam menghadapi masalah sehingga kebahagiaan selalu tercipta dan membantu seseorang mengurangi beban masalahnya.

Bertemu sahabat lama dalam suatu reuni biasanya akan bersambung dengan jalinan komunikasi yang intens. Teman lama yang cukup mengenal kita dapat menjadi salah satu sumber pendukung emosi-sosial yang positif dalam kehidupan kita.

Selain itu, dukungan emosi yang didapatkan dari sahabat dan orang-orang terdekat dapat membantu mengurangi beban masalah dan dengan sendirinya menghindari faktor pencetus stres atau depresi berat yang bisa memicu kematian.

Dalam suatu reuni biasanya dihadirkan juga guru-guru mereka dulu. Tak lupa dibagikan bingkisan atau sebuah bantuan. Bagi seorang guru yang saat itu usianya sudah renta dan sakit-sakitan, ia akan merasa terhormat dan dihargai jasa-jasanya oleh sang murid. Hal ini akan membuatnya bahagia dan menjadi penyemangat hidupnya.

4. Memperkuat jaringan koneksi pertemanan

Dalam reuni selalu terjadi pertukaran informasi, salah satunya yang berkaitan dengan bisnis. Mereka yang telah sukses dalam karir atau bisnisnya, biasanya akan membagikan informasi penting kepada teman-temannya. Bisa juga mereka akan memanfaatkan reuni untuk mengembangkan relasi dan jaringan usaha dengan mengajak teman-temannya bergabung dalam bisnisnya.

5. Menunjukkan eksistensi individu

Dalam suatu reuni kadang-kadang ada alumni yang menjadi “bintang” karena keberhasilan yang luar biasa dalam karir atau bisnisnya, misalnya menjadi pejabat di pusat. Biasanya mereka ini menjadi kebanggaan bagi almamaternya, sekaligus diharapkan menjadi semacam promosi bagi sekolah untuk menarik lebih banyak orang untuk belajar di sekolah tersebut.

Waktu bisa mengubah perjalanan hidup seseorang. Mereka yang ketika sekolah prestasinya biasa-biasa saja dan bahkan disepelekan oleh teman-temannya, bisa jadi sekarang justru berkembang menjadi orang sukses. Sebaliknya yang menjadi bintang kelas, justru kehidupannya kurang baik.

Bagi mereka yang hidupnya sukses, reuni bisa menjadi ajang pamer eksistensi dirinya.  Bahkan tak jarang mereka ini dengan senang hati menanggung biaya reuni untuk menunjukkan “kelasnya”.

Kondisi semacam ini yang sering menjadi beban bagi mereka yang hidupnya kurang beruntung, apalagi dulunya sangat berprestasi, dan merasa minder untuk bertemu dengan teman-temannya yang hidupnya lebih sukses.

Bagi mereka yang mampu meraih sukses ini, seharusnya ajang reuni bukan menjadi ajang pamer pribadi, namun justru menjadi motivasi bagi teman-temannya bahwa siapapun, termasuk yang pada saat bersekolah kurang menonjol prestasinya, tetap memiliki peluang untuk meraih sukses di kemudian hari.

6. Menjadi ajang untuk bakti sosial dan Amal

Ajang reuni juga sering menjadi ajang positif bagi anggotanya untuk melakukan kegiatan positif, seperti donor darah, mengadakan seminar-seminar atau penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam, membantu rekan yang sedang mengalami kesulitan atau sakit, membantu pembangunan sarana tertentu di sekolah kita, ataupun membentuk yayasan alumni yang didirikan untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan sosial.

Berikut share Tips Etika Reuni Sukses :

1. Kita hadir dalam reuni sebagai teman yang sederajat, seperti waktu kita masih bersama-sama dulu.
Peserta reuni harus memiliki jiwa besar, toleran dan mau menahan diri. Bersedia menanggalkan semua atribut dalam dirinya seperti, jabatan, status sosial, kekayaan dan lain-lain.

2. Legowo, bersedia dipanggil dan memanggil nama teman seperti waktu masih bersama-sama (sekolah / kuliah), tidak memakai embel-embel Pak, Bu, boss, mas, aden, juragan dst.

3. Jangan membuat teman lain bad mood atau minder. Sebaiknya Anda tidak ceritakan pekerjaan, keberhasilan bisnis, jabatan, status sosial, kekayaan yang dimiliki, kehebatan anak, istri Anda, sebaliknya juga jangan bercerita kegagalan Anda pada forum umum yang didengarkan banyak orang. Jika ingin berbagi cerita tentang hal ini bicarakan secara langsung/khusus kepada siapa anda ingin berbagi cerita.

4.Jangan bergunjing. Berceritalah yang wajar tentang kenangan masa saat bersama-sama tempo dulu, seperti cerita-cerita yang saat itu tidak terceritakan.

5. Jangan cemburu jika cowok atau cewek yang dulu Anda incar tampak lebih dekat dan akrab dengan teman yang lain. Atau jangan cemburu lagi jika terungkap kisah cinta cowok atau cewek incaran Anda, justru pada teman Anda sendiri. Jadikan itu lelucon masa lalu saja, jangan Baper (bawa perasaan). Semua sudah berlalu, apalagi sekarang kita sudah memiliki keluarga sendiri-sendiri.

Indikasi reuni sukses :
1. Terjalin persahabatan lebih akrab dan langgeng.
2. Tidak kapok datang lagi dalam reuni berikutnya..
3. Merasa bangga memiliki teman lama yang masih ramah bersahabat dan merasa dihargai sebagai teman/sahabat.
4. Menumbuhkan kepedulian karena merasa satu alumni.

Tentu saja tidak hanya manfaat positif yang didapat dari sebuah reuni. Biasanya ada juga ekses negatif reuni yang tentu saja harus dihindari. Salah satunya adalah kasus CLBK (cinta lama bersemi kembali) diantara mereka yang dulunya pernah terjalin cinta semasa sekolah. Jika tidak disadari resikonya, kondisi ini bisa mengganggu kebahagiaan rumah tangga.

loading...

Labels: Psikologi

Thanks for reading Manfaat Positif Reuni Yang Perlu Kamu Ketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Manfaat Positif Reuni Yang Perlu Kamu Ketahui"