-->

Cara Alami Menghilangkan Flek Di Wajah

Tak bisa dipungkir, selain jerawat, flek hitam menjadi momok bagi kecantikan wajah seorang wanita. Memang flek tidak hanya muncul di bagian wajah, tapi juga bisa di bahu dan tangan. Tapi yang paling dirasa mengganggu tentu saja flek yang muncul di wajah. Selain membuat penampilan kurang menarik, flek di wajah membuat orang kurang percaya diri.
Cara menghilangkan flek di wajah secara alami.
Flek di wajah via Beyondtalk.net

Flek wajah pada dasarnya merupakan noda atau bercak berwarna coklat atau kehitaman biasanya berbentuk simetris, yang terdapat pada wajah akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. Secara kedokteran, bentuk flek yang besar disebut sebagai melasma, bila berupa titik-titik disebut freckles atau ephelides.


Penyebab Timbulnya Flek Di Wajah


Secara umum penyebab timbulnya flek di wajah diantaranya :
  • Akibat paparan sinar matahari pada kulit yang tidak dilindungi tabir surya.
  • Faktor keturunan atau genetik juga berperan pada pigmentasi di wajah. Menurut penelitian, 20 sampai 70% flek dipengaruhi faktor keluarga. 
  • Pemakaian obat hormonal seperti difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin, termasuk pil dan suntik KB dapat memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit.
  • Perubahan hormonal selama masa kehamilan. Pigmentasi akibat hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone) pada ibu hamil biasanya terjadi pada trisemester ketiga.
  • Bekas adanya jerawat atau luka seringkali meninggalkan bintik-bintik gelap pada kulit. Bekas luka itu biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk hilang sepenuhnya.
  • Pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan yang berlebihan.
  • Pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat dalam waktu lama akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari. 


Cara Menghilangkan Flek Wajah Dengan Bahan Alami


Selain berusaha disamarkan dengan kosmetik, kaum wanita akan berusaha keras menghilangkan flek dengan berbagai cara. Mulai dari memakai masker, krim pemutih hingga obat-obatan. Dengan melihat cukup kompleknya faktor penyebab timbulnya flek, maka kita menjadi maklum bahwa tidak mudah dan cepat untuk menghilangkan flek di wajah, namun harus dilakukan dengan tekun dan rutin.  Dengan kemajuan teknologi kecantikan medis, flek memang bisa cepat dihilangkan, yaitu dengan sinar laser. Namun cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun sebenarnya di sekitar kita terdapat banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi flek pada wajah. Selain murah juga tidak mengandung resiko bagi kesehatan seperti halnya menggunakan obat-obatan dan bahan kimia. Yang penting

Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan flek yang menimbulkan bekas kehitaman di wajah  :

Lemon
Buah lemon memiliki bahan pencerah alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek pada wajah. Caranya dengan cara meneteskan air lemon pada kulit yang terdapat flek, biarkan hingga mengering, lalu bilas.

Tomat
Tomat mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dan lycopen yang berfungsi untuk mencegah terjadinya radikal bebas, jelas bermanfaat untuk perawatan wajah dan kulit. Tomat dapat dibuat jus untuk masker wajah atau jika mau praktis cukup diiris tipis dan potongannya ditempelkan di bagian flek wajah.

Aloe vera
Aloe vera atau lebih dikenal sebagai lidah buaya dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Usapkan daging lidah buaya pada area yang ada fleknya. Diamkan selama 30 menit hingga kering lalu bilas.

Masker kayu cendana
Cendana mengandung senyawa antiseptik sekaligus sebagai agen anti-penuaan, juga efektif menghilangkan noda hitam. Ada macam masker kayu cendana yang bisa Anda buat. Yang pertama campurkan bubuk kayu cendana dengan beberapa tetes susu, lalu aplikasikan pada wajah Anda.

Kedua, masker dengan bahan bubuk kayu cendana, gliserin, air mawar dan jus lemon. Oleskan masker ini pada wajah dan biarkan kering sendiri. Bilas dengan air dingin. 

Cuka apel
Cuka apel sangat bagus dalam menghilangkan berbagai masalah pada kulit. Campurkan satu sendok makan air dengan cuka apel beberapa tetes, lalu tambahkan madu. Oleskan pada area yang terkena flek selama empat menit, lalu bilas.

Nanas
Cara alami menghilangkan flex hitam akibat jerawat adalah dengan masker yang dibuat dari nanas segar. Caranya parut atau blender 100 gram nanas, 50 gram dan satu sendok makan madu asli.

Oleskan masker nanas pada wajah secara merata selama 20-30 menit dalam posisi berbaring, lalu bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori tertutup. Lakukan secara rutin 2x seminggu.

Alpukat
Kandungan vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan pada alpukat sangat bermanfaat menjaga kelembapan dan memberi asupan nutrisi pada kulit wajah, terutama sebagai pelembab alami sekaligus membuat kulit lebih cerah. Karena itu buah alpukat dapat digunakan sebagai bagian dari perawatan wajah dari flek hitam.

Bengkuang
Bengkuang yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga bermanfaat untuk perawatan kulit dan wajah, termasuk untuk mengatasi flek dan bintik hitam di wajah. Ini dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan ekstrak bengkuang sebagai bahan utama. Salah satunya berupa bedak dingin.

Untuk mengatasi flek wajah, pilih bengkuang yang masih segar, kupas lalu blender atau parut bengkuang sampai halus. Hasilnya diperas, diamkan air perasan bengkuang sampai mengendap. Buang air nya dan ambil endapan dibawahnya, lalu digunakan sebagai masker wajah. Jika cara ini dirasa sulit, pakai cara yang lebih praktis. Yaitu setelah bengkuang diblender/parut, langsung gunakan dengan dilumurkan di wajah secara merata. Diamkan 30 menit, lalu dibilas air dingin.

Mentimun
Mentimun dikenal memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Gunakan mentimun sebagai masker wajah untuk mengencangkan dan meremajakan kulit. Caranya, mentimun diparut dan digunakan di seluruh wajah dan leher. Jika dilakukan secara rutin dapat mengurangi munculnya bintik-bintik hitam pada kulit.


Teh
Teh mengandung tanin yang sangat baik untuk merawat kuliah wajah, selain itu kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya juga berguna untuk mencegah penuaan dini.  Inapkan secangkir teh kental semalaman, lalu esuknya baru dipakai dengan cara mengoleskan air the ke seluruh kulit wajah dan leher. Biarkan mengering sendiri, lalu basuh dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka, setelah itu baru dibilas dengan air biasa.


Untuk mencapai hasil yang lebih sempurna dalam mengatasi flek wajah, kombinasikan perawatan tadi dengan konsultasi ke ahli kecantikan, agar perawatan yang dilakukan dapat disesuaikan dengan jenis kulit dan berat-ringannya  gangguan flek di wajah. Anda juga sebaiknya memperhatikan pola hidup dan makan yang sehat. Usahakan menghindari makanan yang memicu timbulnya flek, terutama makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak jenuh.


Selamat mencoba, semoga cara-cara menghilangkan flek di wajah dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita ini bisa bermanfaat.
loading...

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cara Alami Menghilangkan Flek Di Wajah. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Alami Menghilangkan Flek Di Wajah"