-->

Inilah Bahan Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat

Bahan Makanan Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat - Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting, namun sayangnya banyak orang yang tanpa sadar melupakan untuk merawat kesehatan matanya. Padahal mata adalah salah satu harta yang penting dalam kehidupan yang harus selalu dirawat dan dijaga agar tetap sehat.
Makanan untuk mata sehat.
Mata yang sehat membutuhkan asupan nutrisi yang tepat.
Hampir setiap saat kita kita menggunakan mata untuk melihat bermacam obyek besar maupun kecil di komputer, televisi dan pastinya ponsel. Kebiasaan semacam ini jelas mengakibatkan kelelahan mata dan meningkatkan masalah mata dengan bertambahnya usia.

Salah satu cara paling mudah mendapatkan mata yang sehat diperoleh dari asupan makanan yang bernutrisi. Kita mengenal wortel sebagai sumber nutrisi yang bagus untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu sebenarnya masih banyak makanan lain yang memiliki manfaat untuk penglihatan kita.

Makanan yang mengandung Vitamin C dan E, Zinc, Lutein,Zeaxanthin, dan Omega-3 berperan penting untuk kesehatan mata dan dapat mencegah resiko Katarak. Selain itu, nutrisi dan vitamin ini dapat melawan gangguan mata terkait dengan usia atau AMD (Age-Related Macular Degeneration).

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik untuk mata :



Bayam dan Kubis
Kedua sayuran hijau ini mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A untuk melindungi mata dari kerusakan disebabkan oleh sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara. Cobalah mengkonsumsi sayur bayam untuk mengurangi risiko gangguan mata akibat usia.

Bayam, yang penuh kandungan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi retina dari degenerasi macular yang datang dengan bertambahnya usia. Buatlah tumis bayam dengan sedikit minyak zaitun, karena lemak membantu meningkatkan penyerapan lutein.

Kubis juga baik untuk mata karena mengandung beta-karoten yang tinggi. Beta-karoten digunakan tubuh untuk membuat vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Pada orang tua atau lanjut usia dapat membantu mencegah degenerasi makular dan masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan usia. Sedangkan pada orang muda dapat membantu mereka mencegah mata minus.

Anggur dan Stroberi
Kedua buah ini mengandung kadar Vitamin C yang tinggi. Makan anggur dan stroberi setiap hari baik untuk mata. Buah-buahan lain seperti Pepaya, Jeruk, dan Paprika Hijau juga mengandung kadar Vitamin C yang tinggi.

Kacang-kacangan
Kacang Almon dan Pecan merupakan makanan sumber Vitamin E yang baik untuk mencegah dan memperlambat resiko katarak. Sayuran hijau juga kaya dengan Vitamin E.

Daging Kalkun, Kepiting, dan Tiram
Cukup makan dua tiram setiap hari dapat memenuhi kebutuhan Zinc harian yang menjaga kesehatan retina mata Anda. Daging Kalkun juga sumber Zinc yang kaya selain daging merah, kacang, dan gandum.

Ikan Salmon dan Sarden
Daging ikan sudah dikenal kaya dengan Omega-3 yang baik untuk jantung, otak, dan mata dengan melawan inflamasi dan membantu kinerja sel tubuh agar lebih baik.

Wortel dan Telur
Adalah makanan sumber Vitamin A yang kaya untuk membantu fungsi retina mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Vitamin A juga berfungsi mengurangi resiko terjadinya Katarak dan degenerasi makular terkait usia atau AMD (Age-Related Macular Degeneration).



Jus seledri, peppermint, dan peterseli China
Menurut Dr. Maoshing Ni, seorang ahli kesehatan, obat-obatan tradisional China yang dapat digunakan untuk menjernihkan penglihatan adalah jus yang dibuat dari daun seledri, daun peppermint, dan daun peterseli China.

Menurut penelitian, luteolin, antioksidan yang ditemukan dalam ketiga bahan ini, mampu memberikan perlindungan terbaik terhadap sel DNA dari radiasi.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa luteolin membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi UV, dan glycation, suatu proses dimana molekul gula yang lengket mengikat protein yang potensial merusak retina. Luteolin juga mendorong kadar gula darah yang sehat dan mengatur sensitivitas insulin.

Cara membuat jus tersebut adalah campurkan seledri, peppermint, dan peterseli China ke dalam blender atau juicer dengan sedikit air. Minum jus segar ini setiap hari secara rutin akan menjernihkan pandangan Anda.

Brokoli, labu, jagung, alpukat
Selain bayam, sumber lutein dan zeaxanthin yang lain adalah kale, turnip hijau, sawi, kacang polong, brokoli, labu, dan jagung. 

Bilberry, sejenis blueberry, mendorong aliran darah ke saraf mata, dan juga kaya antioksidan.
Wolfberry, atau yang biasa disebut goji berry, digunakan untuk menguatkan pandangan mata. Anda bisa mengudap goji berry di sela-sela waktu makan.

Selain itu alpukat juga bagus untuk mata. Para peneliti dari University of Ohio menemukan, 43 gram alpukat dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap alfa-karoten hingga 8,3 kali lipat. 
Ditambah penyerapan beta-karoten menjadi 13,6 kali lebih banyak, dan lutein menjadi 4,3 kali lebih banyak.

Lemak baik dalam alpukat bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat karotenoid itu. Untuk menghindari kelebihan kalori, sebaiknya, Anda mengonsumsi 43 gram alpukat saja, terutama jenis alpukat mentega, karena mengandung lebih banyak lemak tak jenuh tunggal.

Banyak minum
Banyak minum air tak kalah penting untuk fungsi penglihatan yang baik. Minumlah  8 gelas air putih setiap harinya secara rutin. Hal ini akan memberikan persediaan air secara konstan untuk melembabkan dan memberi gizi pada mata.

Nah itulah berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga mata agar tetap sehat.
loading...

Labels: Kesehatan, Mata

Thanks for reading Inilah Bahan Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Inilah Bahan Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat"