Inilah Bahan Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat

Bahan Makanan Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat - Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting, namun sayangnya banyak orang yang tanpa sadar melupakan untuk merawat kesehatan matanya. Padahal mata adalah salah satu harta yang penting dalam kehidupan yang harus selalu dirawat dan dijaga agar tetap sehat.
Makanan untuk mata sehat.
Mata yang sehat membutuhkan asupan nutrisi yang tepat.
Hampir setiap saat kita kita menggunakan mata untuk melihat bermacam obyek besar maupun kecil di komputer, televisi dan pastinya ponsel. Kebiasaan semacam ini jelas mengakibatkan kelelahan mata dan meningkatkan masalah mata dengan bertambahnya usia.

Salah satu cara paling mudah mendapatkan mata yang sehat diperoleh dari asupan makanan yang bernutrisi. Kita mengenal wortel sebagai sumber nutrisi yang bagus untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu sebenarnya masih banyak makanan lain yang memiliki manfaat untuk penglihatan kita.

Makanan yang mengandung Vitamin C dan E, Zinc, Lutein,Zeaxanthin, dan Omega-3 berperan penting untuk kesehatan mata dan dapat mencegah resiko Katarak. Selain itu, nutrisi dan vitamin ini dapat melawan gangguan mata terkait dengan usia atau AMD (Age-Related Macular Degeneration).

Berikut adalah beberapa bahan makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan mata :

Wortel

konsumsi wortel untuk menjaga kesehatan mata
Wortel baik untuk kesehatan mata


Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Kedua nutrisi ini memperkuat penglihatan pada saat malam. 

Beta karoten memberikan warna oranye pada wortel dan juga merupakan bahan pembentuk vitamin A yang penting setelah dicerna. 

Vitamin A memainkan peran penting dalam penglihatan dengan membentuk protein bernama rhodopsin yang membantu retina menyerap cahaya.

Bayam 

bayam
Bayam baik untuk menjaga kesehatan mata.



Sayuran hijau ini mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A untuk melindungi mata dari kerusakan disebabkan oleh sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara. Cobalah mengkonsumsi sayur bayam untuk mengurangi risiko gangguan mata akibat usia.

Bayam, yang penuh kandungan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi retina dari degenerasi macular yang datang dengan bertambahnya usia. Buatlah tumis bayam dengan sedikit minyak zaitun, karena lemak membantu meningkatkan penyerapan lutein.

Menurut Insider, bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin yang bertugas melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan lutein dan zeaxanthin, risiko terkena penyakit mata kronis seperti katarak bisa dikurangi.

Kubis


Kubis mengandung Vit.A yang baik untuk mata

Kubis juga baik untuk mata karena mengandung beta-karoten yang tinggi. Beta-karoten digunakan tubuh untuk membuat vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. 

Pada orang tua atau lanjut usia dapat membantu mencegah degenerasi makular dan masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan usia. Sedangkan pada orang muda dapat membantu mereka mencegah mata minus.

Kale

kale baik untuk menjaga kesehatan mata
Kale baik untuk kesehatan mata.


Sama halnya dengan bayam, daun kale merupakan sayuran yang bagus untuk kesehatan mata karena kaya akan lutein, zeaxanthin, dan vitamin A dalam bentuk beta karoten.

Nutrisi berkualitas yang terkandung dalam daun kale sangat penting dalam mencegah penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula, seperti yang diambil dari Healthline.

Dalam 100 gram kale atau setara dengan 1 cangkir, mengandung 11,4 mg lutein dan disarankan untuk mengonsumsinya minimal 10 mg per hari.

Sawi Hijau

Sawi hijau baik untuk kesehatan mata


Sawi hijau memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi dibanding bayam. Bahkan, sawi hijau juga kaya akan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah sitrus seperti jeruk, menurut WebMd. 

Kedua karotenoid, lutein dan zeaxanthin, yang terkandung dalam sawi hijau juga baik untuk mencegah masalah penglihatan.

Brokoli



Brokoli juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Antioksidan yang ditemukan dalam brokoli, seperti senyawa sulforaphane, membantu mencegah kebutaan. 

Studi dari Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins menunjukkan bahwa sulforaphane juga dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari atau ultraviolet.

Ubi jalar

Ubi jalar baik untuk kesehatan mata.


Seperti wortel, ubi jalar kaya akan beta karoten dan juga adalah sumber antioksidan vitamin E. Menurut Web MD, satu ubi jalar mengandung lebih dari setengah dari kebutuhan vitamin C harian. 

Mengubah sumber karbohidrat dengan makan ubi jalar secara berkala dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan mata.

Anggur dan Stroberi

Anggur dan stroberi


Kedua buah ini mengandung kadar Vitamin C yang tinggi. Makan anggur dan stroberi setiap hari baik untuk mata. Buah-buahan lain seperti Pepaya, Jeruk, dan Paprika Hijau juga mengandung kadar Vitamin C yang tinggi.

Kacang-kacangan



Kacang-kacangan dan polong-polongan juga baik bagi kesehatan mata. Jenis makanan ini mengandung vitamin E yang melindungi sel-sel mata dari radikal bebas. 

Menurut US News, vitamin E juga memperlambat perkembangan katarak dan degenerasi mata yang merupakan gangguan penglihatan terkait usia. 

Kacang Almon dan Pecan merupakan makanan sumber Vitamin E yang baik untuk mencegah dan memperlambat resiko katarak. Sayuran hijau juga kaya dengan Vitamin E.

Beberapa jenis kacang-kacangan dan polong-polongan yang baik untuk kesehatan mata antara lain almond, kacang brazil, kacang mete, almond, biji bunga matahari, kacang tanah, dan hazelnut.

Daging Kalkun, Kepiting, dan Tiram


Cukup makan dua tiram setiap hari dapat memenuhi kebutuhan Zinc harian yang menjaga kesehatan retina mata Anda. Daging Kalkun juga sumber Zinc yang kaya selain daging merah, kacang, dan gandum.

Ikan Salmon dan Sarden


Daging ikan sudah dikenal kaya dengan Omega-3 yang baik untuk jantung, otak, dan mata dengan melawan inflamasi dan membantu kinerja sel tubuh agar lebih baik.

Telur



Telur baik untuk menjaga kesehatan mata. Telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang dikenal baik untuk melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. 

Selain itu, telur juga mengandung vitamin A dan zat besi yang penting untuk kesehatan mata untuk membantu fungsi retina mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. 

Vitamin A juga berfungsi mengurangi resiko terjadinya Katarak dan degenerasi makular terkait usia atau AMD (Age-Related Macular Degeneration).


Jus seledri, peppermint, dan peterseli China


Menurut Dr. Maoshing Ni, seorang ahli kesehatan, obat-obatan tradisional China yang dapat digunakan untuk menjernihkan penglihatan adalah jus yang dibuat dari daun seledri, daun peppermint, dan daun peterseli China.

Menurut penelitian, luteolin, antioksidan yang ditemukan dalam ketiga bahan ini, mampu memberikan perlindungan terbaik terhadap sel DNA dari radiasi.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa luteolin membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi UV, dan glycation, suatu proses dimana molekul gula yang lengket mengikat protein yang potensial merusak retina. Luteolin juga mendorong kadar gula darah yang sehat dan mengatur sensitivitas insulin.

Cara membuat jus tersebut adalah campurkan seledri, peppermint, dan peterseli China ke dalam blender atau juicer dengan sedikit air. Minum jus segar ini setiap hari secara rutin akan menjernihkan pandangan Anda.

Jeruk



Jeruk mengandung vitamin C yang banyak. Sama seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan oleh American Optometric Association (AOA) untuk melawan kerusakan mata berkaitan dengan usia. 

Selain itu, jeruk juga adalah sumber lutein dan zeaxanthin, nutrisi yang juga baik untuk kesehatan mata seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Bilberry

Bilberry baik untuk kesehatan mata.


Bilberry, sejenis blueberry, mendorong aliran darah ke saraf mata, dan juga kaya antioksidan.

Bilberry dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan mata. Bilberry mengandung senyawa antioksidan yang disebut antosianin, yang membantu melindungi sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Antosianin juga dapat membantu memperkuat pembuluh darah mata dan membantu dalam memelihara penglihatan. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa bilberry dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu dalam memelihara kesehatan retina. 

Namun, perlu diingat bahwa hasil penelitian masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi manfaat bilberry untuk kesehatan mata.

Gojiberry

Goji Berry bermanfaat untuk kesehatan mata


Wolfberry, atau yang biasa disebut goji berry, digunakan untuk menguatkan pandangan mata. 

Gojiberry memiliki kandungan antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Kedua nutrisi ini bertanggung jawab melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar ultraviolet. 

Gojiberry juga mengandung vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan dan dapat membantu menjaga kesehatan mata. 

Namun, perlu diingat bahwa gojiberry harus dikonsumsi secara bergantian dengan sumber nutrisi lain untuk mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan mata.

Alpukat



Selain itu alpukat juga bagus untuk mata. Para peneliti dari University of Ohio menemukan, 43 gram alpukat dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap alfa-karoten hingga 8,3 kali lipat. 
Ditambah penyerapan beta-karoten menjadi 13,6 kali lebih banyak, dan lutein menjadi 4,3 kali lebih banyak.

Lemak baik dalam alpukat bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat karotenoid itu. Untuk menghindari kelebihan kalori, sebaiknya, Anda mengonsumsi 43 gram alpukat saja, terutama jenis alpukat mentega, karena mengandung lebih banyak lemak tak jenuh tunggal.

Banyak minum



Banyak minum air tak kalah penting untuk fungsi penglihatan yang baik. Minumlah  8 gelas air putih setiap harinya secara rutin. 

Minum banyak air dapat mencegah dehidrasi, yang dapat mengurangi gejala mata kering.

Hal ini akan memberikan persediaan air secara konstan untuk melembabkan dan memberi gizi pada mata.

Dengan mengonsumsi sayuran yang baik untuk kesehatan mata dan mengurangi kebiasaan buruk yang berpengaruh terhadap fungsi mata, risiko masalah penglihatan seperti rabun jauh atau minus dapat dikurangi.

Nah itulah berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga mata agar tetap sehat.

Posting Komentar untuk "Inilah Bahan Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga Mata Tetap Sehat"