Cerita Tukang Taxi Dapat Jutaan Dalam Sehari

Saya mendapatkan kisah ini melalui kiriman di email saya dari seorang pakar pembuat tools untuk optimasi web. Beliau sendiri membagikan kisah ini dari seorang ibu yang menulis pengalamannya ketika naik taksi umum. Kisahnya memang cukup inspiratif, karena itu saya tergerak membagikannya di sini.
Kisah inspiratif sopir taksi yang ikhlas.
Supir taksi yang ikhlas (via www.rd.com)

"Penghasilan bapak berkurang ga sejak ada gocar atw grab belakangan ini?" Tanya saya ke si supir taksi Bluebird.

Di luar dugaan, beliau menjawab, "Nggak ah, sama aja bu. Da rejeki mah tergantung Allah. Kan 3 Hal yang udah dijamin Allah tuh.. jodoh, rejeki, mati"

Wah, menarik nih, pikir saya.

Padahal jelas-jelas eksistensi taxi resmi banyak tergerus dengan adanya mobil online seperti Go-Car dan Grab. Sampe pernah kan para driver taxi resmi berdemo. Tapi kok si bapak ini santai aja, ga merasa rejekinya terenggut mereka?

"Kan gak semua orang mau nunggu demi dapet harga murah bu. Kalo pake taxi kan lebih cepat, tinggal tunjuk. Ga usah nunggu 20 menit seperti naik Go-Car atau Grab. Tinggal pinter-pinternya kita aja. Datengin tempat yang rame, jangan kebanyakan tidur atau istirahat di jalan. Tapi kerja, Cari tempat2 rame. Pasti dapet ko"

Tapi bukan itu rahasia dia sebenarnya. Rahasia kenapa dia bisa mendapat penghasilan lumayan dari taksi adalah...

"Semua itu tergantung perasaan kita .. Kalo Kita kerja dengan ikhlas, bener-bener diniatin cari rejeki buat anak istri, pasti ada aja  rejekinya. Pasti. Kalo perasaan saya ikhlas, happy, itu 800-900 dapetlah. Minim-minimnya 500. Lah tapi kalo perasaan saya lagi ga enak, atau lagi kesel, ya boro-boro 500. Dapet 250 aja udah bagus" kata si bapak.

"Penting banget  jaga perasaan positif. Jangan kesel, walau diomelin penumpang sekalipun. Jangan ngeluh, jangan ngedumel. Ntar itu rejeki pasti ngikutin apa kata kita"

"Misalnya nih bu, dapet penumpang yang jaraknya deket. Itu kan biasanya supir taxi ngedumel dalam hati ya. Kalo saya mah nggak. Mau cuma 10rb, 15rb, hayuk.. saya jalanin dengan ikhlas bu. Ga ngedumel saya, walau cuma dalam hati"

Lalu si bapak cerita pengalamannya yang menakjubkan tentang penumpang berjarak dekat.

"Pernah suatu ketika bu, saya ngantre nyari penumpang di Central Park. Pas akhirnya dapet penumpang, tau ga minta dianter kemana? ke Taman Anggrek, bu. Lah itu kan deket banget, jalan kaki juga bisa. Bayangin bu, udah ngantri giliran 2 jam,pas dapet penumpang, ternyata cuma mau ke mall yang jaraknya sekilo. Hahahaha.."

"Tapi saya tetep ikhlas, rejeki mah Allah yang ngatur. Ga mau ngedumel. Dan tau ga apapun yang terjadi, bu?

Pas turun, si penumpang tanya, 'lho kok ga gerak argonya Pak? Cuma 6500?' saya jawab, 'iya Pak, karena jaraknya ga nyampe sekilo'. Akhirnya si penumpang nanya kembalian 20rb ke saya. Saya pikir dia mau kasih duit 50 ribu,kembalian 20rb.

Ternyata bu... Dia ngasih duit 100ribu!!

Padahal argonya cuma 6500! Allahu Akbar.." Kata si bapak.

"Ya begitulah bu. Kalo hati Kita ikhlas, pasti Allah ngasih deh. Itu mah sy percaya banget. Makanya saya mah ga pernah ngeluh dpt penumpang berjarak deket"

Lalu dia melanjutkan ceritanya.

Setelah mengantar penumpang pertama tadi, dia balik lagi ke Central Park, ngantri lagi. Tak disangka.. penumpang ke 2 minta diantar lagi ke tempat yang sama seperti penumpang pertama: Taman Anggrek lagi!

Dan ndilalah, si penumpang kedua ini juga lagi-lagi bayar taksi jauuh di atas Argo. Argo 6500, dia bayar 50 ribu.

Dua Kali ketiban rejeki, si bapak balik lagi ke Central Park, ngantri lagi di sana. Pas dapet penumpang ke 3, tujuannya sama lagi: Taman Anggrek lagi. Kali ini si penumpang bayar 30ribu.
Alhamdulillah, lumayan. Si bapak pun balik lagi ke Central Park untuk ke 4 kali.

Pas dapet penumpang ke 4, baru dapet tujuan yang jauh: Narogong Bekasi. Si penumpang adalah orang Jepang yang sedang berkegiatan di kawasan industri di Bekasi. Pas sampai di tujuan, si orang Jepang ini minta pak driver untuk menunggu 3jam. Lalu dia minta antar lagi ke Tangerang. Total Argo selama antar dan menunggu itu adalah 900ribu. Sangat sangat lumayan sebenarnya.

Tapi masih ada kejutan lagi: si orang Jepang bukan membayar 900ribu sesuai Argo, tapi bayar 1,2juta!

300ribu tips buat beliau, sambil berpesan: ini buat anak istri di rumah ya. Kamu pulang sudah malam.

"MasyaAllah buu.. saya bersyukur banget hari itu."

Setelah itu ia pun berniat pulang dari Tangerang ke Parung. Tak disangka, di jalan dia dapet penumpang lagi, dengan tujuan yang searah dengan jalan pulangnya: Ciputat.
Jadi dia nganter, sekalian pulang juga. Dan lagi2, si penumpang ini ngasih tips besar lagi ke dia.

MasyaAllah​...

"Itu satu hari yang gak akan saya lupakan bu. Rejeki datang bertubi-tubi. Beneran deh, kerja itu harus ikhlas. Jangan pernah ngedumel. Pasti rejeki itu terbuka. Yakin saya."

"Pokoknya bu, kalo sekali kita udah ngedumel, ngeluh, pasti deh.. setelah itu rejeki jadi seret. Penumpang dikit. Apalagi klo sampe kita ngomelin penumpang. Waduh.. udah deh. Bisa nutup setoran aja udah bagus itu mah. Susah bu!"

Inspiratif Pak!

Saya jadi inget ajaran film "The Secret" dulu:
"Perasaan positif menarik kejadian positif,
Perasaan negatif menarik kejadian negatif"

"Stay positive, even in the darkest situation ever"
"Be a grateful person. And always be like that"
"Gratitude. Gratitude. Gratitude. That is the key to solve your problems"

Atau kalau dalam Islam, Ini persis isi Surat Ibrahim ayat 7:
"Jika kamu BERSYUKUR, maka pasti akan Kami TAMBAH nikmatmu. Tapi kalau kamu ingkar, sungguh siksa Kami sangatlah keras"

Ayat yang simpel ini mengandung makna yang sangat dalam sebenarnya. Yaitu:
"BERSYUKURLAH wahai manusia, seberat apapun masalah yang menimpamu. Jangan mengeluh. Jangan ngedumel. Tapi ingat-ingatlah nikmat Allah lainnya. Kalau kamu bisa bersyukur dalam kondisi sulit, maka lihatlah.. pertolongan Allah pasti akan datang. Allah pasti akan tambah nikmat-nikmat itu. Tapi kalau kamu terus menerus mengeluh.. ya silakan merasa tersiksa dengan pikiran negatifmu, sampai akhir hayatmu.

JANGAN HARAP ALLAH MAU MENOLONGMU"
Ya kira2 begitulah

Posting Komentar untuk "Cerita Tukang Taxi Dapat Jutaan Dalam Sehari"