Tips Praktis Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata

Selain mengkonsumsi bahan makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, ada baiknya juga melakukan kebiasaan tertentu untuk menjaga dan merawat kesehatan mata kita. Bagaimanapun juga mata termasuk salah satu indra terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tak kan bisa melihat keindahan dunia dan melakukan aktivitas secara leluasa.

Cara menjaga kesehatan mata.

Dengan semakin bertambahnya usia, diperlukan usaha untuk merawat kesehatan mata agar mata tetap sehat dan berfungsi baik. Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan menjaga dan merawat mata kita yang diambil dari berbagai sumber :

Lepaskan Kacamata

Salah satu cara untuk mengurangi minus mata, atau setidaknya menjaga agar minus mata tidak bertambah, saat Anda sedang melakukan kegiatan yang tidak memerlukan kacamata, lepaskan kacamata Anda. Terlalu lama memakai kacamata membuat mata menjadi lelah.

Oleh karena itu coba lepaskan kacamata saat Anda merasa mata mulai panas dan berair. Kemudian, arahkan pandangan dengan melihat benda-benda lain yang memiliki jarak berbeda-beda. Kedip-kedipkan mata Anda secara normal, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat.

Jika Anda menggunakan kontak lensa, hindari terlalu lama menggunakannya. Penggunaan kontak lensa dalam waktu yang lama bisa menimbulkan iritasi pada mata. Sebaiknya hindari penggunaan kontak lensa jika kondisi mata baik.

Menutup Mata

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi minus pada mata Anda adalah dengan menutup mata Anda menggunakan telapak tangan. Kemudian, berikan sedikit tekanan pada mata Anda. Tekanan atau pijatan ringan ini akan membantu melemaskan otot mata Anda. Pijatan ini juga akan membantu meregangkan otot mata akibat mata lelah.

Gunakan Kacamata Anti UV

Menghindari paparan sinar matahari langsung. Menggunakan kacamata hitam kala di bawah sinar terik matahari adalah cara terbaik untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Mata yang terlalu banyak mendapatkan paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Pilihlah kacamata yang bisa menahan UVA dan UVB sampai 99 hingga 100 persen.

Gunakan Pelindung Mata

Bagi Anda yang bekerja di tempat yang terkena paparan material berbahaya seperti tempat las, gunakan pelindung mata atau kacamata google untuk menjaga keamanan mata.


Senam Mata

Senam mata dipercaya dapat mencegah bahkan membuat orang tidak perlu menggunakan kacamata lagi jika dilakukan dengan benar dan teratur. Di Singapura konon sejak kecil para siswa sudah diajarkan senam mata untuk menjaga kesehatan matanya.

Lihat : Cara Melakukan Senam Mata

Konsumsi buah dan Sayur
Satu solusi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi minus mata Anda adalah dengan mengonsumsi buah wortel dan berbagai macam buah berwarna jingga lainnya. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang asam untuk mengurangi minus mata Anda. Anda bisa membentuknya menjadi jus atau membuat wortel ini menjadi kreasi makanan yang Anda inginkan.

Relaksasi

Bukan hanya otak, mata juga butuh penyegaran agar tetap berfungsi prima. Lihatlah pemandangan pegunungan atau persawahan di sekitar Anda yang berwarna hijau, biarkan mata Anda merasa rileks dan menikmati suasana yang segar. Konon jika dilakukan dengan tekun dan sabar, cara ini bisa menurunkan minus pada mata kita.

Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam 

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

Kurangi penggunaan tetes mata

Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

Bersihkan bagian mata setelah memakai makeup

Pastikan untuk membersihkan sisa makeup secara rutin setelah mengaplikasikan pada bagian mata. Gunakan cairan pembersih yang aman untuk mata.

Kompres Dengan mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

Pakai Kacamata Pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung sinar UV (ultra violet) diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

Hindari Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Terlalu lama menatap layar komputer, tablet serta smartphone bisa berakibat buruk terhadap kesehatan mata : mata lelah,  pandangan jadi kabur, mata kering, mata sulit fokus, nyeri punggung, leher dan bahu.

Agar mata tetap sehat meski bekerja di depan layar komputer, jaga jarak mata dari layar komputer sejauh 35 cm, duduk di kursi nyaman, lalu setiap 20 menit istirahatkan mata dengan melihat ke depan sejauh 20 meter selama 20 detik. Setelah satu bekerja didepan computer/laptop, istirahatkan mata selama 15 menit sebelum melanjutkan pekerjaan.

Hindari terlalu lama menggunakan gawai

Hindari menatap layar gawai terlalu lama karena bisa membuat mata lelah dan iritasi. Istirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam.

Kenakan kacamata di saat yang tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya

Jangan Membaca dalam Cahaya Redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Jangan Langsung Melihat Cahaya yang Terlalu Terang

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

Periksa mata secara teratur

Periksa mata ke dokter secara berkala, idealnya sekali dalam setahun. Terutama bagi yang memiliki riwayat medis tertentu.

Berkonsultasi dengan dokter mata untuk memastikan bahwa kesehatan mata Anda dalam kondisi baik dan untuk mendeteksi masalah mata sejak dini.

Hindari merokok

Merokok dapat memperburuk kesehatan mata dan meningkatkan risiko berbagai masalah mata seperti cataract dan degenerasi makula.

Kontrol berat badan

Menjaga berat badan yang sehat. Obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai masalah mata, termasuk glaukoma dan diabetes retinopati, sehingga penting untuk mengontrol berat badan dengan berolahraga dan diet sehat.

Menjaga kesehatan umum 

Melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola tidur yang sehat dan menghindari stres dapat membantu memelihara kesehatan mata dan umum.

Selain itu jangan lupa mengimbangi dengan mengonsumsi yang kaya akan vitamin A, C, dan E, zink, dan antioksidan untuk membantu memelihara kesehatan mata.

Demikianlah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata yang mudah diterapkan, lakukan secara rutin setiap hari dan rasakan hasilnya. Memelihara kesehatan mata penting untuk memastikan bahwa Anda dapat melihat dengan jelas dan menjaga kualitas hidup Anda.

Posting Komentar untuk "Tips Praktis Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata"