-->

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Air Minum Bagi Tiap Orang

Minum air putih sangat vital bagi tubuh, karena lebih dari 60 persen tubuh kita mengandung air. Mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Kebutuhan air bagi tubuh kita diperlukan untuk meningkatkan kesehatan, mempertajam mental, membuat lebih berkonsentrasi dan menjaga kesegaran tubuh.
Cara menghitung kebutuhan air minum setiap orang.
Kebutuhan air minum setiap orang berbeda-beda (via oxymedhospital.in)

Kekurangan asupan air atau dehidrasi akan berdampak serius bagi kesehatan kita. Misalnya, organ ginjal dan kulit akan bermasalah jika konsumsi air tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kebutuhan cairan dalam tubuh mutlak harus terpenuhi. Kita sering mendengar anjuran bahwa setiap hari orang harus minum sekurangnya 8 gelas air putih. Mengapa air putih? Karena air putih tidak mengandung kalori, bersifat diuretik (meningkatkan produksi air seni), dan tidak mengandung bahan pengawet maupun pewarna.

Benarkah ukuran minum 8 gelas air putih ini berlaku untuk semua orang? Apakah bayi dan orang dewasa harus minum dalam takaran yang sama? Bagaimana kebutuhan air minum antara orang gemuk dan orang kurus? Ukuran 8 gelas itu seberapa banyak, sedangkan ukuran gelas bermacam-macam?

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan cairan untuk tubuh kita untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh?

Ternyata minum air putih 8 gelas per hari  atau sekitar dua liter itu standar relatif untuk orang dewasa sehat.

Para ahli menyebutkan, kebutuhan asupan cairan berbeda setiap orang, tergantung faktor usia, berat badan, pola makan, penyakit, aktivitas, hingga iklim.
Kebutuhan air pada bayi atau anak-anak dan lanjut usia tidak bisa disamakan dibanding orang dewasa sehat.

Cara Mengukur Kebutuhan Air Bagi Setiap Orang

Cara menghitung kebutuhan air setiap orang adalah 30 ml (milliliter) per kilogram berat badan. Atau berat badan dikali 30 ml, hasilnya adalah jumlah air yang wajib dikonsumsi setiap hari. Dengan demikian kebutuhan air setiap orang tidak selalu sama.

Misalnya, orang yang bobot tubuhnya 50 kg, dikali 30 ml, maka jumlah air yang dibutuhkan adalah 1.500 ml atau 1,5 liter per hari.

Jika berat Anda 60 kg, maka air yang perlu Anda minum adalah 2 liter. Jika berat badan 90 kg, maka kebutuhan cairan sekitar 2.700 ml per hari.

Itu adalah cara menghitung kebutuhan cairan untuk tubuh secara umum. Lalu bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui?

Kebutuhan Air Ibu Hamil

Untuk itu hamil perhitungan kebutuhan air hariannya berbeda. Untuk ibu hamil konsumsi airnya perlu ditambah 300 ml per hari. Sedangkan bagi ibu menyusui bertambah lebih banyak lagi, yaitu 500-600 ml per hari.

Faktor Aktivitas Fisik

Menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi Shanty Olivia F Jasirwan, tanpa disadari manusia setiap hari bisa mengeluarkan cairan sebanyak 1300-3500 cc. Saat bernapas, cairan yang keluar sekitar 250-350 cc. Kemudian buang air kecil 500-1000 cc dan buang air besar sebanyak 100-200 cc.

Pada saat cuaca panas dan melakukan aktivitas tinggi, cairan akan lebih banyak keluar. Untuk itu asupan cairan dalam tubuh harus ditambahkan sekitar 500 ml agar tidak dehidrasi.

Bagi Anda yang rutin berolahraga, tubuh akan kehilangan cairan melalui keluarnya keringat. Karena itu disarankan Anda perlu menambah asupan air sesuai durasi olahraga yang dilakukan. Yaitu sekitar 350 ml air untuk setiap sesi olahraga selama 0,5 jam. Jika Anda olahraga selama satu jam, maka asupan air yang perlu ditambah 0,7 liter atau setara 700 ml.

Makanan Juga Mengandung Air

Kebutuhkan cairan bagi tubuh kita tidak semuanya harus dipenuhi dengan minum air putih, tapi juga bisa lewat makanan.

Dikutip dari Times of India, diperkirakan sekitar 20-25 persen asupan air berasal dari makanan yang kita makan, entah itu berasal dari buah-buahan, sayuran, atau makanan berkuah. Sisanya, harus tetap dipenuhi dalam bentuk air putih.

Buah apel berukuran sedang misalnya, mengandung sekitar 116 ml air. Sementara jeruk seberat 140 gram mengandung sekitar 122 ml air. Sayuran rata-rata mengandung air sekitar 19 hingga 114 ml.


Nah, dengan rumusan 30 ml per kilogram berat tubuh tersebut mudah bagi setiap orang untuk mengetahui apakah asupan cairan dalam tubuh sudah cukup atau belum. Selain itu perlu dipertimbangkan kondisi dan aktivitas setiap orang yang tidak sama antara satu dengan lain.
loading...

Labels: Air, Kesehatan

Thanks for reading Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Air Minum Bagi Tiap Orang. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Air Minum Bagi Tiap Orang"