-->

Begini Cara Mudah Merebus Dan Mengupas Telur

Kebanyakan orang suka telur, bahkan sedari kecil telur sudah menjadi menu sehari-hari masyarakat kita, khususnya untuk sarapan. Tak heran mengingat telur mengandung banyak protein, dan harganya relatif murah serta mudah didapatkan di pasar maupun toko kelontong bahkan supermarket modern.

Cara merebus dan mengupas telur ayam.

Biasanya telur dikonsumsi dengan cara digoreng atau direbus. Sebagian besar orang mungkin lebih suka telur goreng daripada telur rebus, mungkin karena rasanya jadi lebih gurih, padahal yang terakhir ini lebih disarankan dari segi kesehatan karena kandungan kolesterolnya lebih sedikit daripada digoreng.

Meskipun merebus telur mudah dilakukan di dapur, namun ternyata kalau dilakukan sembarangan, asal rebus, hasilnya tidak sempurna bahkan bisa merusak sumber proteinnya.

 Kalau direbus terlalu lama, kuning telur akan berubah warna menjadi kehijauan. Sedangkan jika direbus dengan suhu yang terlalu tinggi, putih telur menjadi sangat kenyal. Sebaliknya, jika suhu air untuk merebus telur terlalu rendah akan membuat kuning telurnya berair.

Nah, agar hasil rebusan telur sempurna, ternyata ada caranya. Berikut kiat merebus telur yang benar dari situs Men's Health yang dikutip dari Kompas.com.

 Agar hasil rebusan telur sempurna, ikuti kiat dari situs Men's Health berikut ini.

1. Tempatkan telur ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya sampai menutupi telur kira-kira 2,5 cm diatasnya atau sampai telur tenggelam.
2. Rebus telur dengan api sedang, lalu matikan api setelah matang dan tutup pancinya.
3. Diamkan selama 12 menit. Kalau ingin lebih lembut, diamkan selama 10 menit.
4. Tiriskan dan pindahkan telur ke dalam mangkuk berisi air es sampai cukup dingin (sekitar 5-10 menit). Telur bisa ditaruh ke lemari pendingin hingga satu pekan.

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika merebus telur adalah kulit atau cangkangnya retak. Ada trik tertentu agar telur rebus  tetap mulus saat direbus.

Berikut beberapa cara merebus telur agar menghasilkan telur dengan cangkang tidak retak dan tekstur telur yang kenyal.

1. Beri jarak antar telur.
Jangan masukkan terlalu banyak telur dalam satu panci, sebaiknya beri jarak antara satu telur dengan lainnya, karena jika terlalu rapat bisa menyebabkan telur bertabrakan satu sama lainnya, sehingga kulitnya mungkin akan retak dan putih telurnya merembes keluar.

2. Jangan memasak telur terlalu lama.
Memasak telur terlalu lama bisa menyebabkan telur memiliki tekstur yang mirip karet. Untuk membuat telur matang merata, cukup waktu10 menit untuk merebusnya. Tapi jika ingin telur yang sedikit lebih lunak, maka kurangi saja empat menit dari waktu yang diperlukan. 

3. "Normalkan" suhu telur.
Telur yang baru dikeluarkan dari kulkas jangan langsung direbus. Tapi biarkan dulu sampai suhunya mencapai suhu normal atau suhu kamar.

Telur yang baru keluar dari lemari es ini selain membuat telur matang lebih lama, dan juga membuat risiko telur rusak lebih besar.

4. Gunakan Cuka

Untuk mencegah telur retak saat direbus, tambahkan dua sendok makan cuka suling untuk setiap liter air rebusan telur. Cuka juga berguna ketika merebus telur dengan membuang kulitnya lebih dulu. Tambahkan beberapa sendok makan cuka ke dalam air rebusan agar putih telurnya tidak menyebar, dan tetap padat. Cuka ini akan menjaga telur selalu dalam kondisi sempurna dan tidak menyebar ke air rebusan.

Itu tadi kiat merebus telur, sekarang untuk mengupasnya juga ada cara tersendiri. Meskipun sepele, tapi percaya atau tidak, tidak semua orang bisa mengupas kulit telur dengan benar lo.

Kalau salah mengupasnya, penampilannya jadi tidak utuh, telur akan rusak. Atau yang sering kita lihat, bisa saja ada bagian kecil kulit telur yang masih menempel.

Berikut cara mudah untuk mengupas kulit telur. 

1. Telur yang sudah lama direbus 

Jangan langsung kupas kulit telur setelah direbus. Tapi diamkan atau rendam telur dalam air dingin sampai telur benar-benar dalam kondisi dingin. Hal ini akan mempermudah proses pengupasan telur.. 

2. Gunakan telur dingin 
Ternyata telur yang sudah didinginkan sebelum direbus membuatnya mudah dikuliti.

3. Sedikit pecahkan telur sebelum dimasukan ke air es 

Mendinginkan telur rebus dingin akan membuat telur lebih mudah dikupas. Tapi, memecahkan telur sedikit sebelum memasukkannya ke dalam air es, justru akan membiarkan air merembes di bawah cangkang sehingga memudahkan untuk mengupas telur.

4. Kupas dari ujung yang lebih lebar 
Setelah telur dingin, kupas kulit telur dari ujung yang lebih lebar. Karena di area itu terdapat kantong udara, sehingga lebih mudah menyelipkan jari di bawah cangkang dan membuangnya dalam jumlah yang lebih besar.

5. Kupas di dalam air dingin 
Kalau cara-cara sebelumnya masih sulit, coba kupas telur di dalam air dingin agar lebih mudah dikupas.

Nah, kalau kamu selama ini mengalami masalah dengan hasil rebusan telur yang tidak cantik dan kesulitan mengupas telur, dengan menerapkan tips-tips diatas sekarang sudah tahu bagaimana cara merebus telur dan mengupasnya dengan baik.
loading...

Labels: Tekno, Tips

Thanks for reading Begini Cara Mudah Merebus Dan Mengupas Telur. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Begini Cara Mudah Merebus Dan Mengupas Telur"