-->

Cara Mempercepat Laptop Windows 8/10 Terbaru

Arsip Info kali ini akan sharing bagaimana cara mempercepat kinerja laptop. Terutama buat yang laptopnya lelet maupun yang spek laptopnya rendah. Dan di kesempatan kali ini saya share kepada anda tips mempercepat laptop atau Windows 8/10 anda. Silahkan ikuti tutorial ini dengan awalan membaca do'a semoga bermanfaat.
Cara mempercepat windows 8/10
Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 8/10

Langkah-langkahnya:
1. Pembersihan File Sampah Pada system
Pembersihan bisa dengan mengecek file sampah seperti berikut:
Pembersihan Temp sangatlah penting karena file temp/file sampah tidaklah penting bagi komputer atau bagi anda sendiri bahkan sebagai penyebab lemotnya kecepatan komputer/laptop anda

Cara Membersihkan Temp:
- Buka RUN pad windows dengan cara menekan tombol Start atau Windows+R secara bersamaan. Dan tuliskan perintah  %TMP%  pada RUN. Tekan enter dan anda akan masuk ke file explorer tempat file temp (sampah) tersimpan. Silahkan anda hapus secara permanent dengan menekan Ctrl+A lalu SHIFT+DEL klik yes.
(lakukan cara ini setelah anda melakukan editing atau setelah main game minimal 2x Satu minggu)

Windows+R dan Ketikkan %tmp% Lalu enter
2. Disk Clean up
sedikit berbeda dan banyak kesamaan dengan membersihkan Temp pada point pertama tadi kesamaannya yaitu sama sama membersihkan file sampah yang tidak penting. Silahkan lakukan pembersihan (Disk Clean Up)
Dengan Cara Sebagai Berikut:
Untuk Windows 7 : klik tombol start dan ketikkan "Disk Clean Up"
Untuk Windows 8 : Klik tombol start ketikkan "Free up disk space by deleting unnecessary files"
Untuk Windows 10: sama dengan cara windows 8 di atas

Setelah muncul Disk Clean Up anda klik oke, dan tunggu prosess scanning selesai. Lalu centang semuanya dan klik oke
Tampilan Disk Clean Up
(lakukan cara ini sekali seminggu)
3. Pembersihan Folder dan file yang tidak penting.
Disini anda perlu untuk memilih dan memilah file file mana yang harus anda simpan dan anda buang serta penempatan folder juga harus rapih supaya anda juga semakin betah dengan laptop anda sendiri. Buang file file yang tidak penting bagi anda. Apabila anda memiliki file penting, saya sarankan untuk menyimpannya di penyimpanan online gratis seperti yang di sediakan oleh google yaitu Google Drive, atau penyedia lainnya seperti Mediafire, Zippyshare, 4shared dan lain sebagainya

4. Uninstall program/software yang tidak penting
Bagi anda dan disarankan untuk Uninstall Program dengan menggunakan software "Uninstaller" seperti Revo Uninstaller. Jangan biarkan software tidak penting tidur di laptop and ya...!!

5. Uninstall Software bawaan dari Windows
ini khusus untuk windows 8/10
Semakin update windows, semakin banyak bloadware yang terinstall pada windows, lihatlah windows 8 dan windows 10 penuh dengan software yang tidak penting bagi kita.

Setelah anda menginstall Windows 8 atau Windows 8.1, tentunya anda akan menemui banyak sekali program dan aplikasi bawaan sistem operasi tersebut. Dan faktanya, tidak semua program bawaan #windows pernah digunakan karena tergantikan fungsinya oleh program dari pihak ketiga yang memiliki kualitas dan fitur lebih bagus.

Silahkan klik tombol Windows atau Start menu lalu anda akan melihat beberapa software yang tidak anda butuhkan, misal seperti Calender, Mail, Dan lain sebagainya. Ini juga mempengaruhi kinerja laptop anda apalagi software tersebut berjalan pada latar belakang. Uninstall Dengan cara klik kanan pada icon/shortcut software tersebut dan klik uninstall.
Cara Uninstall Software Bawaan Windows

6. Mematikan Service Start Up Pada Windows
Hal yang perlu di perhatikan ketika komputer anda mempunyai banyak software yg terinstall. Maka secara tidak langsung beberapa software akan melakukan startup otomatis tanpa harus kita setting. Mematikan startup untuk software yang berjalan ketika latpop anda di nyalakan sangat penting, karna software yg berjalan di latar belakang akan memakan waktu prosess menyala-nya laptop anda.

- Untuk Windows 7 ketikkan perintah "MSCONFIG" pada RUN lalu pilih start up. Klik kanan pada software yang enable, dan klik disable
Klik disable pada software yg memakan banyak memory
- Untuk windows 8/10 tekan Ctrl+Shift+esc secara bersamaan dan klik pada startup. Disable software yang enable. Close dan buka RUN ketikkan perintah "MSCONFIG" Lalu enter. Masuk ke bagian SERVICE centang "Hide all Microsoft service" lalu disable program yg tidak penting. Klik apply dan OK. (lakukan cara ini ketika ada software baru terinstall) (restart PC jika diminta)
Di Bagian Service Perlu di perhatikan

6. Mematikan sekala Animasi Windows
Bagian in untuk mempercepat performa PC, Disarankan untuk mematikan dan meminimalis tampilan Windows
silahkan buka (Windows) File Explorer
Klik kanann pada This PC klik Properties. Klik pada Advence system setting >> Advence >> Setting >> Virtual Effect dan ikuti gambar di bawah. (restart PC jika diminta)
Mengatur Skala Animasi Windows 8/10


7. Stop Program yg Berjalan ketika anda menjalankan software berat
      Tahap ini juga penting, ketika anda menjalankan software yg berat seperti game online, photoshp terbaru, coreldraw terbaru, software editing video dll. (misal)
Disarankan untuk memberhentikan software yang bejalan selain software yg anda jalankan
Silahkan Buka task manager dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+Esc di bagian processes anda melihat software yg sedang berjalan. Klik kanan pada software yg tidak anda gunakan, dan klik End Task.

8. Kill Not Responding
Dengan cara ini anda akan mematikan paksa software yg membuat PC anda lemot terutama ketika ada software yg Not Responding (Biasanya di browser, photoshop, dll). Disini kita membutuhkan software tambahan yg bernama Winaero Tweaker. Download software nya, install dan jalankan sebagai administrator. Lalu cari pilihan "Kill not responding tasks" dan centang enable. Coba Pergi ke desktop dan klik kanan. Apakah ada pilihan Kill
Klik Kanan Pada Desktop >> Kill Not responding tasks

9. Mempercepat PC dengan menggunakan software "Winaero Tweaker"
Selain bisa mempercepat kinerja laptop, anda juga bisa menghilangkan Arrow pada desktop.

10. Disable Logo Windows Pada Saat Startup
Cara ini cukup ampuh untuk mempercepat booting (nyala) sebuah laptop. buka Winaero Tweaker dan lihat Gambar (Restart PC Anda)
Klikk Boot Options dan Hapus Semua Centang (bisa meniru yg ada di gambar
Nah, itu adalah sedikit tips mempercepat laptop Windows 8/10 dari pengalaman pribadi dan dari referensi Google. Baiklah jangan lupa untuk share ke teman-teman anda jika dia membutuhkan. (WS)
loading...

Labels: Komputer, Tekno, Windows

Thanks for reading Cara Mempercepat Laptop Windows 8/10 Terbaru. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mempercepat Laptop Windows 8/10 Terbaru"