-->

Mengenal Perguruan Tinggi Kedinasan

Selain Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi kedinasan menjadi salah satu sekolah favorit yang didambakan para siswa lulusan SMA. Hal ini didasarkan faktor biaya pendidikan yang relatif lebih murah, bahkan ada yang gratis, dan beberapa perguruan tinggi kedinasan menjanjikan kelulusannya bisa langsung diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.
Info lengkap perguruan tinggi kedinasan.
IPDN, salah satu sekolah kedinasan yang banyak peminatnya.
Murahnya biaya kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan karena umumnya disubsidi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ada yang menanggung biaya pendidikan sampai memberikan uang saku bulanan kepada mahasiswanya.

Nah, bagi kamu yang berminat masuk sekolah kedinasan, sebaiknya mempelajari dulu apa itu sekolah atau Perguruan Tinggi Kedinasan agar tidak salah mengerti. Hal ini karena sedikitnya informasi mengenai sekolah kedinasan dan kurangnya pemahaman tentang sistem pendidikan di Sekolah Tinggi Kedinasan tersebut. 

Disarikan dari berbagai sumber, berikut informasi pendidikan tinggi kedinasan yang perlu kamu ketahui.

Perguruan Tinggi Kedinasan Tidak Sama Dengan Sekolah Ikatan Dinas

Sebelum lanjut membahas lebih jauh, harus dibedakan antara Perguruan Tinggi Kedinasan dengan Sekolah Ikatan Dinas. Sebab banyak orang yang bingung maupun salah mengartikan keduanya. Meskipun mirip, tapi keduanya memiliki pengertian sendiri. 

Secara sederhana, untuk membedakan antara sekolah kedinasan dan ikatan dinas adalah sekolah kedinasan merupakan nama sekolahnya sedangkan ikatan dinas adalah status atau sifat dari sekolah tersebut.

Sekolah Tinggi Kedinasan atau sekarang lebih dikenal sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan adalah sebuah Perguruan Tinggi atau Sekolah Tinggi yang dikelola langsung oleh sebuah badan atau kementrian ataupun lembaga pemerintahan lainnya, dimana sebagian besar atau seluruh biaya pendidikannya ditanggung oleh lembaga yang menaunginya tersebut.

Sedangkan Sekolah Ikatan Dinas adalah status sebuah Sekolah Kedinasan yang melekat pada alumninya.



Jadi secara sederhana, jika status Sekolah Kedinasan tersebut adalah ikatan dinas, maka seseorang yang telah menyelesaikan masa pendidikannya di sekolah kedinasan tersebut, maka ia akan langsung diangkat menjadi seorang pegawai di instansi yang menaungi sekolahnya tadi.

Contoh sekolah ikan dinas adalah STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara). Seseorang yang berkuliah di STAN, setelah lulus otomatis ia akan langsung diangkat menjadi pegawai Kementerian Keuangan.

Contoh lain sekolah kedinasan sekaligus ikatan dinas adalah Akademi Kepolisian dan juga Akademi Militer. Kedua lulusan sekolah tinggi ini nantinya akan langsung bertugas sebagai Polisi maupun TNI, yang berarti langsung bertugas di instansi yang menaungi ke dua sekolah tinggi tersebut.

Jika status sekolah kedinasan tersebut non ikatan dinas, maka alumninya bisa ditempatkan di mana saja di instansi-instansi terkait lainnya, tidak selalu menjadi pegawai instansi yang menaungi sekolah tersebut.

Dengan demikian sebuah Sekolah Tinggi Kedinasan belum tentu merupakan sekolah ikatan dinas juga.

Sebagai contoh IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) yang merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementrian Dalam Negeri. Setelah menyelesaikan pendidikan, lulusan IPDN belum tentu ditugaskan di kantor Kementrian Dalam Negeri. Tapi bisa saja ditempatkan di mana saja, di institusi-institusi pemerintahan lainnya yang masih ada hubungan dengan Kementrian Dalam Negeri.

Bahkan tidak sedikit pula alumni atau lulusan IPDN yang kemudian ditugaskan menjadi kepala daerah setingkat lurah atau camat.

Dilihat dari institusi atau lembaga yang membawahinya, jika Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan dan berada dibawah Kementerian Pendidikan,maka  Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah Kementerian dan Lembaga Non-Kementrian Pendidikan di Indonesia, namun untuk kurikulum pendidikan pada dasarnya tetap mengacu pada ketentuan Kementerian Pendidikan. 

Biaya Kuliah Murah Bahkan Gratis

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Sekolah Tinggi Kedinasan adalah biaya pendidikan yang sangat terjangkau. Bahkan tidak sedikit sekolah kedinasan yang tidak menarik biaya pendidikan sepeserpun dari mahasiswanya alias gratis.

Mengapa biaya kuliah bisa murah bahkan gratis? Jawabannya adalah karena Perguruan Tinggi Kedinasan sudah mendapatkan subsidi dari APBN. Setiap tahunnya pemerintah memberikan anggaran untuk biaya operasional sekolah kedinasan melalui lembaga atau instansi yang menaunginya. 

Fasilitas Sekolah Kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan memiliki fasilitas yang tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lainnya. Fasilitas tersebut merupakan sebuah jaminan yang diberikan Perguruan Tinggi Kedinasan bagi para lulusannya untuk diangkat sebagai pegawai tetap di instasi yang berkaitan dengan kampus tersebut.

Sebagian besar dari lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan akan diangkat menjadi PNS begitu mereka lulus. Bahkan tidak jarang, untuk sebagian Sekolah Tinggi Kedinasan telah memberikan fasilitas berupa pengangkatan sebagai CPNS untuk mahasiswanya walaupun si mahasiswa tersebut belum menyelesaikan pendidikannya atau belum lulus.

Untuk sekolah kedinasan yang telah mengangkat mahasiswanya menjadi CPNS walaupun si mahasiswa belum menyelesaikan pendidikannya, maka otomatis si mahasiswa tersebut telah mendapatkan fasilitas berupa gaji atau uang saku sesuai  dengan kepangkatan atau golongan CPNS si mahasiswa.

Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi Kedinasan Biasanya Bersifat Semi Militer


Salah satu ciri pendidikan di Perguruan Tinggi Kedinasan bersifat semi militer. Maksudnya ada beberapa aspek yang menerapkan pendidikan bergaya militer. Tujuannya tak lain untuk membentuk pribadi yang disiplin , tangguh dan bertanggungjawab terhadap pekerjaannya.

Sesuai dengan tujuan dari didirikannya sekolah kedinasan adalah untuk mencetak pegawai-pegawai cekatan dan berdedikasi tinggi sesuai dengan kebutuhan dari instansi yang menaunginya, maka perlu ditempa dengan pendidikan yang mengadopsi sistem di sekolah militer. 

Sistem semi militer sendiri berarti sistem yang menerapkan prinsip-prinsip militer seperti selalu tepat waktu dan memiliki disiplin yang sangat tinggi. 

Adapun sistem semi militer tersebut juga terlihat dari beberapa aspek lainnya seperti :
- Penggunaan seragam yang di desain dengan penambahan atribut-atribut tertentu sesuai dengan sekolah kedinasannya.
- Kerapian berpakaian mulai dari tatanan rambut, cara berpakaian, dan juga sepatu yang digunakan haruslah seragam.
- Sistem senioritas yang sangat tinggi.
- Menuntut kegiatan fisik yang tinggi dan juga padat.
- Sistem kampus dengan asrama.

Selain itu, mata kuliah yang diberikan di Perguruan Tinggi Kedinasan bersifat spesifik sesuai dengan fungsi di kementerian yang menaunginya. Misalnya di Sekolah Tinggi Sandi Negara, para mahasiswa akan mempelajari ilmu persandian (kriptografi) yang tidak diajarkan di perguruan tinggi umum.

Semua hal tersebut dimaksudkan agar nantinya lulusan dari sekolah kedinasan yang disiapkan sebagai pegawai-pegawai di instansi pemerintah dapat memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya.

Seseorang yang disiapkan untuk menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) harus memiliki dedikasi yang tinggi, disiplin dan selalu tepat waktu agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. 

Jika seorang ASN atau PNS tidak memiliki dedikasi yang baik dan juga tidak pernah disiplin, maka sistem yang ada pada instansi tersebut akan kacau dan pelayanan publik pun akan terhambat.

Namun perlu diketahui juga, bahwa tidak semua Sekolah Tinggi Kedinasan menerapkan sistem semi militer yang sama. Misalnya di STIS tidak terdapat kegiatan fisik dan juga asrama, namun di STAN terdapat kegiatan fisik dan juga asrama. Jadi setiap sekolah kedinasan menerapkan sistem semi militernya sendiri sehingga tidak ada sebuah patokan yang pasti.

Persiapan Ujian Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan



Seperti halnya PTN, kesempatan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi kedinasan tidak mudah. Ini tidak lepas dari banyaknya calon yang mendaftarkan diri, sehingga persaingan sangat ketat. Agar bisa lulus dan diterima di perguruan tinggi kedinasan, berikut sejumlah persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi ujian seleksi masuk sekolah kedinasan.

1. Tes Administrasi
- Nilai rata-rata > 7,0
- Usia per tanggal 1 Desember 2016 minimal 17 tahun dan maksimal 20 tahun
- Fotocopy KTP
- Fotocopy Akte kelahiran
- Fotocopy Ijazah / STTB (legalisir)
- Surat Keterangan Berbadan Sehat
- Surat Pernyataan belum pernah menikah
- Pasfoto
- Tidak cacat badan, bebas dari narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

2. Tes Kesehatan
- Sebelum tes, lakukan pemeriksaan kesehatan berupa tes mata, buta warna, gigi dan mulut, tekanan darah, rontgen paru-paru, detak jantung, tinggi dan berat badan. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada penyakit-penyakit yang dapat menggugurkan saat tes kesehatan.

3. Tes Kesamaptaan
- Rajin berolahraga
- Jangan mengkonsumsi minuman suplemen penambah energi

4. Tes Psikotest
- Pelajari materi tes psikotest
- Istirahat dan makan yang cukup

5. Tes Wawancara
- Menjaga kesopanan
- Tidak memotong pembicaraan
- Menunjukan minat yang tinggi untuk menjadi mahasiswa di sekolah tersebut.

6. Tes Akademis
- Mempelajari materi dan contoh soal dari tahun-tahun sebelumnya, umumnya mereka mempunyai pola yang sama, soal sejenis akan diujikan kembali
- Dahulukan soal yang mudah baru yang sulit.


DAFTAR PERGURUAN TINGGI KEDINASAN

Perguruan Tinggi Kedinasan ada yang dibawah kementerian tertentu dan ada juga yang berada dibawah lembaga pemerintah nonkementerian. Berikut daftarnya secara lengkap yang bersumber pada situs Kumulasi.com.


A. Perguruan Tinggi Kedinasan Dibawah Kementerian

1. Kementerian Dalam Negeri

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Alamat : Jalan Ir. Soekarno KM 20, Desa Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang
Website : https://www.ipdn.ac.id/

2. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Sekolah Tinggi Energi Mineral (STEM Akamigas) 
Alamat : Jl. Gajah Mada No.38, Karangboyo, Cepu, Kabupaten Blora
Website : http://www.akamigas.ac.id/

3. Kementian Hukum dan Hak Asasi Manusia 

1. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Akademi Imigrasi (AIM)
Alamat : Jl. Raya Gandul No.4, RT.5/RW.6 Gandul, Cinere, Kota Depok
Website : http://www.politeknikimigrasi.ac.id/

2. Politeknik Akademi Imigrasi (AIM)
Alamat : Jl. Raya Gandul No. 4, RT.07 / RW.08, RT.5/RW.6 Gandul, Cinere, Kota Depok
Website : http://www.politeknikimigrasi.ac.id/

4. Kementerian Pariwisata 


1. Akademi Pariwisata Medan
Alamat : Jl.Rumah Sakit Haji No 12 Medan
Website : https://akparmedan.ac.id

2. Akademi Pariwisata Makassar
Alamat : Jl. Gunung Rinjani, Kota Mandiri Tanjung Bunga, Tamalate, Sulawesi Selatan

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Alamat : Jalan Setiabudhi No.186, Hegarmanah, Cidadap, Hegarmanah, Cidadap, Bandung

4. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali
Alamat : Jl. Dharmawangsa, Benoa, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali

5. Kementerian Keuangan

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)
 Alamat : Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten
Website : www.pknstan.ac.id/

2. Pusdiklat Bea dan Cukai 
Alamat : Jalan Bojana Tirta III, Pisangan Lama, Rawamangu, Jakarta Timur

3. Balai Diklat Keuangan Medan
Alamat : Jl. Eka Warni, Gedung Johor, Medan Johor, Kota Medan

4. Balai Diklat Keuangan Banyuwangi
Alamat : JL. Raya Situbondo Km. 17, Desa Bangsring, Bangsring, Banyuwangi

5. Balai Diklat Keuangan Yogyakarta
Alamat : Jl. Solo KM.11, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman

6. Balai Diklat Keuangan Malang
Alamat : Jl. A. Yani Utara No. No.200, Polowijen, Blimbing, Kota Malang

7. Balai Diklat Keuangan Balikpapan
Alamat : Jl. MT haryono Dalam No. 97, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Gn. Bahagia, Balikpapan Sel., Kota Balikpapan

8. Balai Diklat Keuangan Makassar
Alamat : Jalan Jenderal Urip Sumoharjo Km.4, GKN III, Panakkukang, Pampang, Kec. Makassar, Kota Makassar

9. Balai Diklat Keuangan Cimahi
Alamat : Jl. Raya Gadobangkong No.111, Gadobangkong, Ngamprah, Kota Cimahi

10. Balai Diklat Keuangan Manado
Alamat : Jl. Mapanget Raya Km. 0,5, Paniki, Paniki Dua, Mapanget, Kota Manado.

6. Kementerian Kelautan dan Perikanan


1. Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Aprika
Alamat : RT 1/RW 9, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

2. Akademi Perikanan Bitung (APB) 
Alamat : Jl. Tandurusa, Aertembaga Dua, Aertembaga, Aertembaga Dua, Bitung

3. Akademi Perikanan Sidoarjo (APS)
Alamat : Jl. Raya Buncitan, Gedangan, Buncitan, Sidoarjo

4. Akademi Perikanan Sorong (APSOR)
Alamat : JL Kp Pattimura, Klasuur, Sorong, Kota Sorong, Papua

5. Sekolah Tinggi Perikanan Bogor
 Alamat : Jl. Cikaret No.2, Cikaret, Bogor Selatan

6. Bagian Administrasi Pelatihan Perikanan Lapangan Serang (BAPPL Serang)
 Alamat : Banten, Kasemen, Kota Serang

7. Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Ladong (SUPM N Ladong)
Alamat : Jl. Laksamana Malahayati KM.26, Ladong, Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar

8. Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Pariaman (SUPM N Pariaman)
Alamat : Jalan Simpang Toboh V Koto Kampung Dalam, Kotak Pos 112

9. Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Tegal (SUPM N Tegal)
Alamat : Jl. Martoloyo, Panggung, Tegal Tim., Kota Tegal

10. Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Bone (SUPM N Bone)
Alamat : Jl. Sungai Musi KM 8, Waetuwo, Watampone, Waetuo, Bone, Kabupaten Bone

11. Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Kota Agung (SUPM N Kota Agung)
Alamat : Jl. Pantai Harapan, Ds. Way Gelang, Kec. Kotaagung Barat, Kab. Tanggamus, Lampung

12. Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Pontianak
Alamat : Jl Pembangunan Nipah Kuning, Pontianak

13. Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Waeheru (SUPM N Waeheru)
Alamat : Waiheru, Baguala, Kota Ambon, Maluku

14. Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Sorong (SUPM N Sorong)
Alamat : Klakublik, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Barat



7. Kementerian Kesehatan


1. Poltekkes Ambon
Alamat : jl. Laksda Leo Wattimena Negeri Lama Ambon

2. Poltekkes Aceh
Alamat : Jl. Soekarno - Hatta, Lamblang Manyang, Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar

3. Poltekkes Bandung
Alamat : Jl. Prof. Eyckman No.30, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung

4. Poltekkes Banjarmasin
Alamat : Kemuning, Banjar Baru Sel., Kota Banjar Baru

5. Poltekkes Bengkulu
Alamat : JL. Indragiri 3 Pd. Harapan, Padang Harapan, Gading Cemp., Kota Bengkulu

6. Poltekkes Banten
Alamat : JL. Syech Nawawi Al Bantani, Cipocok Jaya,Banjar Agung,Kec. Serang Kota Serang , Banten

7. Poltekkes Denpasar
Alamat : Jl. Sanitasi No.1, Sidakarya, Denpasar Sel., Kota Denpasar

8. Poltekkes Gorontalo
Alamat : Moodu, Kota Tim., Kota Gorontalo

9. Poltekkes Jakarta I
Alamat : Jl. Wijayakusuma Raya No. 47-48 Cilandak - Jakarta Selatan

10. Poltekkes Jakarta II
Alamat : Jln. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru Jakarta

11. Poltekkes Jakarta III
Alamat : Jalan Melati 2 No.15, Jatiwarna, Pondokmelati, Jatiwarna, Pondokmelati, Kota Bekasi

12. Poltekkes Jambi
Alamat : Jalan Haji Agus Salim No.09, Paal Lima, Kota Baru, Paal Lima, Kota Baru, Kota Jambi

13. Poltekkes Kendari
Alamat : Jl. Jend. A. Nasution, Kambu, Kota Kendari

14. Poltekkes Kepulauan Riau
Alamat : Jalan Arif Rahman Hakim, Sei Jang, Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

15. Poltekkes Kupang
Alamat : Jl. El Tari II Liliba Kupang

16. Poltekkes Makassar
Alamat : Kompleks Kesehatan Banta-Bantaeng – Jl. Wijaya Kusuma Raya No 46 Makassar

17. Poltekkes Malang
Alamat : Jl. Ijen 77 C, Kota Malang

18. Poltekkes Mamuju
Alamat : Jl. Poros Mamuju - Kalukku Km. 16, Tadui, Mamuju, Tadui, Kec. Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat 60172

19. Poltekkes Manado
Alamat : Jl. R.W.Monginsidi, Malalayang Dua, Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

20. Poltekkes Mataram
Alamat : Jln. Prabu Rangkasari, Dasan Cermen, Kel. Sandubaya, Mataram

21. Poltekkes Medan
Alamat : Jl. Jamin Ginting KM.13,5, Lau Cih, Medan Tuntungan, Kota Medan

22. Poltekkes Padang
Alamat : Jl. Raya Siteba Nanggalo No.25146, Surau Gadang, Nanggalo, Kota Padang

23. Poltekkes Pangkal Pinang
Alamat : Jalan Telaga Biru 1,, Padang Baru, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung

24. Poltekkes Palangkaraya
Alamat : Jl. George Obos No. 30, 32, Menteng, Jekan Raya, Kota Palangka Raya

25. Poltekkes Palembang
Alamat : Jalan Jenderal Sudirman KM 3,5 Nomor 1365 Samping Masjid Ash-Shofa Komplek RS Moh. Hoesin Palembang

26. Poltekkes Palu
Alamat : Jl. Thalua Konchi, Mamboro, Palu Utara, Kota Palu

27. Poltekkes Papua
Alamat : JL. Kampus Poltekes Padang Bulan, Mandala, Abepura, Kota Jayapura

28. Poltekkes Papua Barat
Alamat : Jalan Basuki Rahmat, Klawalu, Sorong Timur, Klawalu, Sorong, Kota Sorong, Papua Barat

29. Poltekkes Pekanbaru
Alamat : Jl. Melur No.103, Harjosari, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau

30. Poltekkes Pontianak
Alamat : Jl. 28 Oktober, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak,

31. Poltekkes Kalimantan Timur
Alamat : Jl. Kurnia Makmur No. 64 Samarinda, Kota Samarinda

32. Poltekkes Semarang
Alamat : Jl. Tirto Agung Pedalangan Banyumanik Semarang

33. Poltekkes Surabaya
Alamat : Jalan Manyar Airdas II No.2, Manyar Sabrangan, Mulyorejo, Manyar Sabrangan, Mulyorejo, Surabaya

34. Poltekkes Surakarta
Alamat : Jalan Letnan Jenderal Sutoyo, Mojosongo, Jebres, Mojosongo, Jebres, Kota Surakarta

35. Poltekkes Tanjung Karang
Alamat : Jl. Soekarno - Hatta No.1, Hajimena, Natar, Kabupaten Lampung Selatan

36. Poltekkes Tasikmalaya
Alamat : Jl. Cilolohan No.35, Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya

37. Poltekkes Ternate
Alamat : Jl. Cempaka, Kelurahan Tanah Tinggi Barat, Kecamatan Ternate Selatan, Tanah Tinggi Bar., Ternate Sel., Kota Ternate, Maluku Utara

38. Poltekkes Yogyakarta
Alamat : Jalan Tatabumi No. 3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta



8. Kementerian Komunikasi dan Informatika


Sekolah Tinggi Multi Media (Multi Media Training Centre/MMTC) Yogyakarta

Alamat : Jl. Magelang KM.6, Sinduadi, Mlati, Kota Yogyakarta

9. Kementerian Perhubungan

1. Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi, Jawa Barat
Alamat : Jl. Raya Setu No.40, Cibuntu, Cibitung, Bekasi

2. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Marunda, Jakarta, DKI Jakarta
Alamat : Jl. Makmur, Marunda, RT.2/RW.1, Marunda Cilincing, RT.2/RW.1, Marunda, Cilincing, Kota Jakarta Utara

3. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, (STPI) Curug , Kabupaten Tangerang , Banten
Alamat : Jalan Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Legok, Serdang Wetan, Legok, Tangerang

4. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan, Medan, Sumatera Utara
Alamat : Jalan Penerbangan No. 85, Jamin Ginting KM. 8,5, Sempakata, Medan Selayang, Kota Medan

5. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya, Surabaya, Jawa Timur
Alamat : Jl. Jemur Andayani I No.73, Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya

6. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan
Alamat : Kel. Kecamatan Biringkanaya, Jl. Salodong, Untia, Makassar, Kota Makassar

7. Akademi Perkeretaapian, Madiun, Jawa Timur
Alamat : Jl. Tirta Raya, Sambirejo, Jiwan, Madiun

8. Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang, Banten
Alamat : Jl. Raya Karang Serang No.1, Kec. Sukadiri Kab., Karang Serang, Sukadiri, Tangerang

9. Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Banyuwangi, Jawa Timur
Alamat : Komplek Bandara Blimbing Sari, Jl. Agung Wilis, Blimbing Sari, Rogojampi, Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi

10. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Sulawesi Selatan
Alamat : Jl. Tentara Pelajar No.173, Malimongan Tua, Wajo, Kota Makassar

11. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Jawa Tengah
Alamat : Jl. Singosari No.2A, Wonodri, Semarang Selatan

12. Politeknik Pelayaran Surabaya, Jawa Timur
Alamat : Jl. Gn. Anyar Boulevard No.1, Gn. Anyar, Surabaya

13. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ/Poltran) Tegal, Jawa Tengah
Alamat : Jl. Semeru No.3, Slerok, Tegal Tim., Tegal

10. Kementerian Perindustrian

1. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT), Bandung, Jawa Barat
Alamat : Jalan Jakarta No.31, Kebonwaru, Batununggal, Kebonwaru, Batununggal, Kota Bandung

2. Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta (STMI), Jakarta, DKI Jakarta
Alamat : Jalan Letjend Suprapto No.26, Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih, RT.10/RW.5, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat

3. Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta (ATK), Yogyakarta, DIY
Alamat : Jalan Ringroad Selatan, Panggungharjo, Sewon, Bantul

4. Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta (APP), Jakarta
Alamat : RT.6, Jl. Timbul No.34, RT.7/RW.5, Ciganjur, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan,

5. Akademi Teknologi Industri Padang (ATIP), Padang, Sumatera Barat
Alamat : Jl. Adinegoro, Bungo Pasang, Koto Tangah, Kota Padang

6. Akademi Teknik Industri Makassar (ATIM), Makassar, Sulawesi Selatan
Alamat : Jalan Sunu No.220, Suangga, Tallo, Suangga, Tallo, Kota Makassar



7. Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan (PTKI), Medan, Sumatera Utara
Alamat : Jalan Medan Tenggara No. VII, Medan Tenggara, Medan Denai, Kota Medan

8. Akademi Kimia Analisis Bogor (AKA), Bogor, Jawa Barat
Alamat : Jalan Pangeran Sogiri No. 283, Tanah Baru, Bogor Utara, Tanah Baru, Bogor Utara, Tanah Baru, Bogor Utara

11. Kementerian Pertahanan

1. Akademi Militer (TNI Angkatan Darat), Magelang, Jawa Tengah
Alamat : Jalan Gatot Subroto, Jurangombo Sel., Magelang Sel., Kota Magelang

2. Akademi Angkatan Laut (TNI Angkatan Laut), Surabaya, Jawa Timur
Alamat : Jalan Moro Krembangan, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya

3. Akademi Angkatan Udara (TNI Angkatan Udara), YogyakartaAlamat : Jl. Laksda Adi Sucipto KM. 10, Sendangtirto, Berbah, Yogyakarta

4. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (TNI Angkatan Laut), Surabaya, Jawa Timur
Alamat : Bumimoro, Morokrembangan, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya

5. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Darat (TNI Angkatan Darat), Malang, Jawa Timur
Alamat : Ksatrian Artileri, Junrejo-Batu, Pendem, Malang, Pendem, Junrejo, Kota Batu

6. Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)
Alamat : Kawasan IPSC, Sentul, Sukahati, Citeureup, Bogor

7. Universitas Pertahanan Palembang
Alamat : Komplek Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul Bogor 

12. Kementerian Pertanian

1. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Medan (STPP Medan), Medan, Sumatera Utara
Alamat : Jl. Binjai KM.10 Medan Sumatera Utara

2. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang (STPP Magelang), Magelang, Jawa Tengah
Alamat : Jl. Magelang - Kopeng Km. 7 Kotak Pos 152, Magelang

3. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Gowa (STPP Gowa), Makassar, Sulawesi Selatan
Alamat : Jalan Malino KM. 7, Romanglompoa, Bontomarannu, Gowa, Romang Lompoa, Makassar, Kabupaten Gowa

4. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang (STPP Malang), Malang, Jawa Timur
Alamat : Jl. DR. Cipto No.144a, Bedali, Lawang, Malang

5. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor (STPP Bogor), Bogor, Jawa Barat
Alamat : Jl. CIbalagung No.1 Bogor

6. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Yogyakarta (STPP Yogyakarta), Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Alamat : Jl. Kusumanegara No.2, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta

13. Kementerian Sosial

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS), Bandung, Jawa Barat
Alamat : Jalan Ir. H.Djuanda No.367, Dago, Coblong, Dago, Coblong, Dago, Coblong, Kota Bandung


B.    Perguruan Tinggi Kedinasan Dibawah Lembaga Pemerintah Nonkementerian

1. PLN

Sekolah Tinggi Teknik-PLN, Menara PLN, 

Alamat : Jl. Lingkar Luar Barat, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat
Website : sttpln.ac.id/

2. Badan Intelijen Negara (BIN)

Sekolah Tinggi Inteljen Negara (STIN), Sentul, Bogor, Jawa Barat
Alamat : Sumur Batu, Babakan Madang, Sumur Batu, Bogor
Website : www.stin.ac.id/

3. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (AMKG), Pd. Betung
Alamat : Jalan Perhubungan I No. 5 Komplek Meteo BMKG, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang Selatan
Website : https://stmkg.ac.id/

4. Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Yogyakarta
Alamat : Jl. Tata Bumi No.5, Banyuraden, Gamping, Kabupaten Sleman
Website : stpn.ac.id/

5. Badan Pusat Statistik (BPS)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Jakarta
Alamat : Jalan Otto Iskandardinata No.64C, RT.1/RW.4, Kampung Melayu, Jatinegara, RT.1/RW.4, Kampung Melayu, RT.1/RW.4, Kp. Melayu, Jatinegara, Kota Jakarta Timur
Website : stis.ac.id

6. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN), Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaAlamat : Jl. Babarsari, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Website : www.sttn-batan.ac.id

7. Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara - Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN), Bandung, Jawa Barat
Alamat : JL. Cimandiri No. 34-38, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung
Website : https://stialan.ac.id

8. Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Bogor, Jawa Barat
Alamat : Jl. Raya Haji Usa, Putat Nutug, Ciseeng, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor
Website : https://stsn-nci.ac.id

9. Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kepolisian Negara Republik Indonesia

Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang, Jawa Tengah
Alamat : Gedung astagina akademi kepolisian, Jl. Sultan agung candi baru, Gajahmungkur, Kota Semarang
Website : penerimaan.polri.go.id

Demikianlah berbagai hal mengenai Perguruan Tinggi Kedinasan yang perlu kamu ketahui sebagai bekal untuk memasukinya. Semoga info sederhana ini bisa membantu kamu yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
loading...

Labels: Pendidikan, Perguruan Tinggi

Thanks for reading Mengenal Perguruan Tinggi Kedinasan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Perguruan Tinggi Kedinasan"