-->

Begini Cara Mudah Membuat Blog Gratisan Bagi Pemula

Jika Anda ingin terjun dalam bisnis online dan menghasilkan uang dari internet, sebaiknya memiliki sebuah blog. Memang tidak ada ketentuan bahwa seorang pebisnis online wajib dan harus memiliki blog, namun bisa dikatakan blog adalah sarana atau media penting dalam bisnis online. Blog adalah media komunikasi yang efektif dan murah - bahkan gratis - untuk menyampaikan ide, informasi atau produk tertentu melalui internet.
Begini Cara Mudah Membuat Blog Gratisan Bagi Pemula
Bagi seorang penjual/pebisnis online, blog dapat digunakan sebagai toko online (online shop) yang buka selama 24 jam. Bagi seorang blogger, blog adalah sarana untuk mendapatkan uang dengan menjadi publisher iklan atau affiliate marketer. Intinya, blog merupakan media online agar orang seluruh dunia mengenal dan mengetahui keberadaan Anda.

Anda bisa membuat blog secara gratis dan pilihannya banyak, namun seperti sudah saya sebutkan dalam Cara Memulai Bisnis Online, sebaiknya Anda membuat blog menggunakan platform Blogger.com. Nantinya blog yang Anda buat akan menggunakan sub domain blogspot.com, sehingga blog Anda akan beralamat www.NamaBlogAnda.blogspot.com.

Begini Cara Mudah Membuat Blog Gratisan Dengan Blogger.com

1. Anda harus memiliki email dari Google. Kalau belum punya, silakan lihat Cara Membuat Email Dengan Gmail.
2. Kalau sudah punya email Gmail (Google Mail), silakan buka www.blogger.com
3. Login dengan Gmail dan password Anda. Jika email dan password Anda sesuai, maka Anda akan dibawa ke halaman Dashboard blog seperti berikut. Perlu dijelaskan tampilan dashboard ini menggunakan setelan Bahasa Indonesia.

Blog gratisan.
Tampilan dashboard blog dengan Blogger.com
 4. Langkah berikutnya adalah mulai membuat blog, dengan melakukan klik tombol "Blog Baru", hasilnya muncul jendela sebagai berikut.

Membuat blog blogspot.
Langkah awal membuat blog adalah membuat judul dan alamat blog.
Anda harus mengisikan Judul Blog yang akan dibuat dan memilih Alamat Blog Anda. Di tahap ini diasumsikan Anda sudah punya gambaran blog tentang apa yang akan Anda buat, misalnya tentang kesehatan, teknologi, Pendidikan dan sebagainya. Karena tema/topik tentang blog ini akan diterjemahkan dalam bentuk judul dan alamat blog Anda. Artinya judul dan alamat blog Anda seharusnya saling berkaitan dengan tema/topik blog atau biasa disebut niche blog. Tentunya Anda tidak akan membuat judul blog yang berbeda sama sekali dengan niche blog Anda. Misalnya blog Anda tentang Kesehatan tapi judul blognya "Kuliner Asyik", tentu tidak nyambung. 

Judul blog yang Anda pilih pasti diterima, namun alamat blog pilihan Anda belum tentu diterima, jika sudah ada orang lain yang menggunakan alamat blog tersebut. Nah, jika alamat blog Anda sudah digunakan orang lain, maka akan ditolak atau tidak bisa digunakan untuk blog Anda. Anda harus mencari dan memilih alamat (URL) blog lain yang masih tersedia. Biasanya proses pemilihan alamat blog yang ideal, dalam arti sesuai dan mencerminkan tema blog, ini bagian yang sulit dalam membuat blog. Mengapa? Karena alamat blog yang bagus dan cantik, biasanya sudah ada yang menggunakan.

Misalnya Anda akan membuat blog dengan niche tentang kesehatan, dan Anda memberi judul blog Anda "Info Kesehatan" lalu Anda ingin menggunakan alamat infokesehatan, ternyata alamat tersebut sudah ada yang menggunakannya, maka akan muncul tulisan  "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia". 

Hoki online.
Alamat blog yang sudah dipakai orang lain, tidak bisa digunakan.
Karena URL (Uniform Resource Locator) atau alamat blog adalah unik, tidak boleh ada nama blog yang sama persis digunakan lebih dari satu, maka Anda harus mencari lainnya yang belum digunakan.

Sebagai alternatif memilih alamat blog yang sudah ada sebelumnya, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut :
- Menambahkan dua atau tiga angka dibelakang alamat blog : Tipsehat123, Resepsehat55, dan sebagainya.
- Memberi tanda hubung (-) : Berbagi-resep, Teknologi-Terapan, dan sebagainya.
- Menambah huruf akhiran kata tertentu : Resepnyasehat, Ceritaberpetualangan, dan sebagainya.
- Mengulang kata-kata tertentu : Berbagibagicerita, Bungabungakebun, dan sebagainya.

Katakanlah setelah berkali-kali memikirkan penggantinya, akhirnya Anda menemukan alamat blog yang belum digunakan, yaitu Bagusnyasehat.blogspot.com. Ini ditandai dengan tulisan "Alamat blog ini tersedia". Berarti alamat blog tersebut masih tersedia dan bisa Anda pakai.
Memilih alamat blog gratisan.
Alamat blog yang masih tersedia.
Selain judul blog dan alamat blog, Anda juga harus memilih Template blog, yaitu tampilan visual blog dari berbagai pilihan yang ada. Namun untuk sementara Anda bisa mengabaikan soal template, karena secara default Blogger sudah memilihkan, yaitu template Sederhana dan template blog bisa Anda ganti lain kali, sebanyak yang Anda mau. Banyak template blog yang bisa Anda cari secara gratisan.

Nah, karena judul blog, alamat blog dan template blog sudah ada, tinggal mengeksekusinya. Segera saja klik "Buat Blog!". Maka tahap penting pembuatan blog sudah selesai. 

Blog Anda sudah jadi. Judulnya Info Kesehatan, alamat blognya www.bagusnyasehat.blogspot.com.
Berikut ini tampilan dashboard blog Anda sekarang, yang sudah berubah dari yang awal tadi. Perhatikan gambar berikut ini.

dashboard blogspot.
Tampilan dashboard blog setelah blog dibuat.

Dari tampilan dashboard blog Anda, ada beberapa hal yang perlu diketahui :
1. Judul blog, yaitu Info Kesehatan.
2. Tombol Lihat Blog, untuk melihat tampilan blog. Pada tahap ini jika diklik maka blog Anda masih tampak kosong, belum ada isi berupa artikel maupun gambar/foto apapun. Lihat gambar dibawah.
3. Info profil Akun dan tombol Keluar dari blog.
4. Entri Baru, untuk memulai membuat postingan artikel blog.
5. Fitur-fitur blog lainnya : Pos untuk melihat postingan artikel, Laman untuk melihat/membuat halaman/laman, Komentar untuk mengelola komentar yang masuk, Google+ untuk menambahkan profil Google+ di blog Anda, Statistik untuk melihat statistik pengunjung blog, Kampanye untuk memasang iklan blog di Google, Tata Letak untuk mengatur/memasang widget di blog, Template untuk mengedit/mengganti template blog, Setelah (setting) untuk mengatur berbagai fungsi blog.

Untuk tahap awal ini, kesampingkan dulu fitur-fitur tersebut karena merupakan tahap lanjutan dari proses blogging. Bagi pemula jangan dulu pusing dengan masalah optimalisasi blog, yang penting adalah membuat artikel yang berbobot secara rutin.
Tampilan blog yang masih belum berisi postingan.
Nah, sampai disini Anda sudah berhasil membuat blog gratisan dengan menggunakan platform Blogger.com. Tahap selanjutnya adalah membuat artikel yang akan mengisi blog Anda. 


loading...

Labels: Blogging

Thanks for reading Begini Cara Mudah Membuat Blog Gratisan Bagi Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Begini Cara Mudah Membuat Blog Gratisan Bagi Pemula"