-->

Ini Alasannya Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

Pramuka identik dengan warna cokelat. Ini seragam di seluruh dunia. Di sekolah warna cokelat juga menjadi salah satu seragam yang wajib dipakai. Begitu juga pada saat memperingati Hari Pramuka, semua peserta wajib mengenakan seragam serba cokelat ini. Mungkin timbul pertanyaan, apa alasannya mengapa seragam pramuka berwarna cokelat, bukan warna lain?
 
alasan seragam pramuka berwarna cokelat.
Seragam pramuka semua tingkatan semua berwarna cokelat via Krjogja.com
Pakaian seragam pramuka fungsinya sebagai identitas untuk meningkatkan citra Gerakan Pramuka. Penggunaan seragam pramuka juga dibuat dengan tujuan agar anggota yang mengenakan dapat berakhlak sesuai Satya dan Dharma Pramuka.


Warna Cokelat Pramuka

Apapun tingkatannya, baik Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega, setiap anggota Pramuka selalu tampil mengenakan kemeja berwarna cokelat muda lengkap dengan setangan leher berwarna merah-putih sebagai perlambang Indonesia. Berpadu dengan celana dan rok berwarna cokelat tua, dengan dilengkapi berbagai jenis penutup kepala yang juga berwarna cokelat.

Dibalik nuansa cokelat yang dipilih sebagai warna Pramuka, tentu ada pertimbangan yang melatarbelakanginya. Ada sejumlah alasan mengapa warna cokelat begitu identik dengan Pramuka.

Pertama adalah alasan untuk mengenang jasa pahlawan. Konon, cokelat adalah warna yang mendominasi di medan perang. Warna itu digunakan oleh para pejuang kemerdekaan saat melawan penjajah dalam merebut kemerdekaan.

Warna cokelat sengaja dipilih agar para anggota Pramuka tidak lupa pada semangat dan jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara. Hal ini secara resmi tercantum pada Bab I Pasal 5 Ayat B dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Anggota Gerakan Pramuka.

Kedua, warna cokelat juga diyakini sebagai metafora tanah dan air di seantero Nusantara. Berdasarkan berbagai sumber, warna cokelat muda pada kemeja mencerminkan air yang mengalir di seluruh negeri. Sedangkan warna cokelat tua pada rok atau celana menggambarkan warna tanah di Indonesia. Sedangkan warna merah-putih pada setangan leher bermakna bahwa anggota Pramuka harus siap mempertahankan kibaran bendara di tanah airnya.

Ketiga adalah warna cokelat tunas kelapa sebagai perlambang Pramuka yang diciptakan oleh salah satu tokohnya, Soenardjo Atmodipurwo.

Tunas kelapa mengandung arti sebagai tunas penerus bangsa. Buah kelapa yang tahan lama menggambarkan sifat anggota Pramuka yang kuat secara jasmani dan rohani. Selain itu, buah kelapa yang bisa tumbuh di mana saja menyiratkan harapan agar anggota Pramuka mampu beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun.

Keempat atau alasan terakhir adalah merunut pada sejarah awal gerakan kepanduan dunia. Lord Baden Powell sebagai pencetus gerakan Pramuka, dikenal gemar berpetualang mengelilingi bukit, gunung, hutan, dan laut.

Baginya, tubuh dan pakaian kotor karena tanah dan lumpur adalah hal yang biasa. Medan perjalanan yang dipenuhi oleh tanah dan lumpur itu lama-kelamaan membuat pakaiannya yang semula bersih berubah warna menjadi cokelat. Dari situ, Baden Powell pun menginisiasikan agar warna cokelat menjadi seragam anggota Pramuka. Tujuannya sudah tentu agar baju yang dikenakan pramuka tidak mudah kotor ketika melakukan kegiatan.


Begitulah latar-belakang yang menjadi alasan mengapa baju seragam pramuka berwarna cokelat, ternyata memang mengandung makna filosofi dan sejarah yang dalam.
loading...

Labels: Pendidikan, Pramuka

Thanks for reading Ini Alasannya Seragam Pramuka Berwarna Cokelat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ini Alasannya Seragam Pramuka Berwarna Cokelat"