-->

Cara Menghitung Kuota Data Untuk Menonton Video YouTube

Kuota Data Nonton Video - Youtube sudah menjadi tontonan favorit pengguna internet, khususnya yang mengakses lewat smartphone. Menonton video di Youtube memang mengasyikkan, karena kita punya banyak pilihan, baik lagu-lagu film, maupun jenis hiburan lain.
Cara Menghitung Kuota Data Untuk Menonton Video YouTube
Nonton video streaming seperti YouTube memang mengasyikkan,
asal tidak melebihi kuota data yang kita miliki (via Vidcore.com)

Meskipun harga paket data internet semakin murah, namun seringkali orang berpikir panjang untuk menikmati tontonan video secara streaming di YouTube. Alasan utama tentu saja takut kehabisan kuota data internet. Karena jika sudah menonton YouTube, orang sering lupa waktu.

Untuk mengakali keterbatasan kuota data, agar tetap bisa menikmati video dari Youtuber kesayangan, mencari tempat yang memiliki akses free Wifi menjadi pilihan. Biasanya orang tidak sekedar menonton video YouTube, tapi tak jarang juga mengunduh atau menyimpan video tersebut agar dapat dilihat secara offline.

Tapi cara gratisan ini tentu terbatas penggunaannya. Lalu, bagaimana jika kita mengakses video streaming dengan paket data yang kita miliki agar tidak melebihi kuota yang tersedia?

Berikut ini cara menghitung besaran kuota internet yang tersedot saat menonton video di YouTube secara streaming sebagaimana dilansir dari Kompas.com.

Pertama-tama kita perlu mengatur kualitas video yang akan dilihat. Setiap setting/pengaturan kualitas video YouTube memiliki bitrate yang berbeda. Bitrate biasanya dihitung menggunakan satuan bit per detik, yang dinyatakan dalam ribuan (Kilobit per detik, Kbps, dengan "b" kecil) atau jutaan (Megabit per detik, Mbps).

Apabila dikonversi menjadi satuan byte yang umum digunakan untuk ukuran file dan kuota data, maka 1 byte setara dengan 8 bit, atau dengan kata lain 1 bit sama dengan 0,125 byte.

Byte juga dinyatakan dalam ribuan (Kilobyte, KB, dengan "B" besar), jutaan (Megabyte, MB), triliunan (Gigabyte, GB), dan seterusnya.
Semakin tinggi kualitas (resolusi) video yang dipilih, maka bitrate pun semakin besar. Otomatis, kuota data yang terpakai pun akan meningkat pula.

Rincian bitrate untuk masing-masing setting kualitas video di YouTube adalah sebagai berikut.

sumber Kompas.com

Karena penghitungan kuota data menggunakan satuan megabyte (MB), maka tiap 1 Mbps sebanding dengan 1/8 MB, dan 1 Mbps sama dengan 1.024 Kbps.

Dengan begitu, cara menghitung berapa megabyte yang terpakai untuk menonton video secara streaming di YouTube, bisa menggunakan rumus bitrate (dalam Kbps) x durasi menonton video dalam detik : 8 : 1.024.

Sebagai contoh, video yang akan kita tonton memiliki kualitas 2160p yang memiliki bitrate 20.000 Kbps selama 10 menit, maka penghitungan kuota data yang dikonsumsi adalah 20.000 x 60 (detik) x 10 (menit) : 8 : 1024 = 1.465 MB.

Selain itu, terdapat perbedaan perhitungan konsumsi data antara menonton dengan cara streaming dan mengunduh video. Sebelum pengguna mengunduh video, YouTube akan langsung memberikan opsi kualitas video yang diinginkan lengkap dengan besaran datanya dalam satuan megabyte.

Termasuk untuk opsi menonton video secara offline, data yang termuat juga akan lebih sedikit dibanding menonton secara streaming ataupun mengunduhnya ke perangkat.

Untuk menghemat kuota, di luar aplikasi standar, YouTube menyediakan aplikasi versi lain yang lebih "ringan" bernama YouTubeGo. Di aplikasi ini terdapar beberapa fitur untuk menghemat paket data internet, seperti menampilkan preview atau cuplikan video yang akan ditonton.

Cara lain menghemat kuota data, kita bisa membeli paket berisi kuota data khusus untuk menonton video streaming dari YouTube, yang terpisah dari kuota data utama. Atau memanfaatkan operator seluler yang memberikan akses menonton YouTube secara gratis lewat jalur VPN. Cara-cara seperti ini bisa dipakai untuk menghemat kuota data utama.
loading...

Labels: Internet, Tekno, YouTube

Thanks for reading Cara Menghitung Kuota Data Untuk Menonton Video YouTube. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Menghitung Kuota Data Untuk Menonton Video YouTube"