-->

Tips Memilih Warna Lipstik Yang Tepat

Kemampuan kosmetik dalam mengubah penampilan tak perlu diragukan lagi. Bahkan kosmetik sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya manusia. Salah satunya lipstik.
 
Tips Memilih Warna Lipstik Yang Tepat
Ilustrasi warna lipstik.
Menurut catatan sejarah, kebutuhan lipstik sebagai pelengkap penampilan muncul bersamaan timbulnya keinginan orang memakai pakaian yang indah. Sejak tahun 5000 SM penggunaan cat bibir ini sudah ada di Timur Tengah.

Sejak awal lipstik sudah menjadi benda favorit para bangsawan, utamanya kaum wanita tentunya. Di masa sekarang, lipstik menjadi barang yang wajib ada dalam tas wanita. Banyak wanita yang tidak merasa cukup dengan hanya sebuah lipstik.

Bahkan menurut survey di Amerika, rata-rata wanita memiliki lipstik lebih dari 3 dan membelanjakan uang sekitar 1.780 dollar dalam hidupnya untuk membeli lipstik.

Begitu besarnya konsumsi wanita terhadap lipstik, sampai-sampai ada istilah
"Lipstik Index" yang populer dalam bisnis kosmetik. Dibuat oleh Leonard Lauder, mantan direktur Estee Lauder, lipstik indeks merupakan teori yang menunjukkan bahwa penjualan kosmetik, secara spesifik lipstik, bisa menjadi indikator dari kondisi ekonomi suatu bangsa.

Dan entah ada hubungan dengan nilai ekonominya atau sekedar kebetulan, ternyata ada Hari Lipstik yang diperingati setiap 29 Juli. Setidaknya ini memberi indikasi bahwa pemakaian lipstik sudah jamak di seluruh dunia.

Nah, terkait lipstik ini, seringkali membuat bingung dalam memilihnya, dengan begitu banyaknya pilihan yang ada di pasaran. Selain harga, warna lipstik umumnya menjadi pertimbangan utama ketika akan membeli lipstik.

Ini menjadi problem wanita saat memilih lipstik. Banyak yang merasa salah memilih lipstik, atau kecewa warna lipstik yang direkomendasikan teman, ternyata tidak terlihat cocok dengan kulitmu.

Menurut makeup artis Malvava, Kesalahan yang sering terjadi dalam memilih warna lipstik biasanya disebabkan karena kita mencocokkan lipstik dengan warna kulit wajah. Padahal, hal pertama yang harus dilakukan ketika membeli lipstik adalah menyesuaikan dengan warna bibir.

Selain itu, pertimbangkan pula jenis lipstik yang dibeli. Jika jenisnya ada liquid atau cair, maka warnanya bisa menjadi berbeda ketika digunakan.

Malvava menyebutkan, lip liquid dengan hasil matte akan teroksidasi ketika dipakai dan warnanya akan menjadi lebih gelap ketika kering. Berbeda dengan lipstik batangan yang warnanya tidak berubah ketika digunakan.

Ketika mencoba lipstik, jka shade lipstik gelap, sebaiknya dicoba dipunggung tangan kemudian diaplikasikan ke bibir secara perlahan dan tipis.

Pemilik bibir berwarna gelap juga bisa melakukan trik khusus saat menggunakan lipstik, yaitu dengan menggunakan foundation terlebih dahulu. Setelah warna (bibir) netral baru memakai lipmatte.

Sebaliknya, jika warna bibir terlalu pucat, disarankan untuk memakai liptint terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipmatte. Pemakaian Liptint gunanya untuk yang bibirnya pucat supaya ada warnanya. Tunggu kering dulu, setelah itu baru pakai lipmatte.

Dikutip dari Kompas.com, berikut trik memilih warna lipstik yang tepat untuk bibir kamu, seperti disarakankan Bobbi Brown, pendiri Bobbi Brown Cosmetics dan penulis buku Bobbi Brown Living Beauty :

Menurut Bobbi, pada dasarnya, warna bibir netral yang ideal bisa diibaratkan celana jeans yang sempurna: basic jeans yang membuat Anda bisa dandan habis-habisan atau tampil kasual, dan penampilan Anda tetap terlihat keren.

Pilih warna Netral
Yang dimaksud warna netral bukanlah warna concealer, atau warna yang mirip warna kulit. Warna kulit seperti ini hanya cocok dikenakan untuk makeup para model yang sedang show di atas catwalk. Selain itu lipstik matte yang lebih terang daripada warna bibirmu akan membuatmu terlihat pucat.

Untuk beberapa orang, warna netral yang dimaksud adalah peachy brown atau rosy pink; sedangkan untuk kamu yang berkulit gelap, warnanya menyerupai warna terung. 

Warna lipstik paling serbaguna adalah yang sedikit lebih cerah daripada warna bibirmu. Warna ini akan menonjolkan dan membentuk bibir dengan cara yang sama saat maskara yang akan mempertegas mata kamu.

Pulas dengan cara yang benar

Gunakan bagian tengah bibir bawah sebagai pegangan dalam memilih warna yang tepat. Coba pulas lipstik pada pagi hari untuk melihat hasilnya yang paling akurat pada bibir kamu.

Jika kamu ingin mencoba lebih dari tiga atau empat warna, istirahatkan dulu bibirmu, karena bibir sudah ternoda warna yang sebelumnya. Jika terkena matahari cukup lama, kamu juga perlu mencari warna baru, karena saat itu bibirmu menjadi lebih gelap.

Kenali diri Anda

Sebagai makeup artist, Bobbi Brown sering mendapati bahwa warna bibir yang asli mempengaruhi bagaimana sebuah lipstik menghasilkan warnanya.

"Jika Anda melihat teman Anda memakai warna yang bagus, jangan menganggap warna itu juga akan terlihat bagus untuk Anda. Warna itu bisa terlihat pucat atau suram pada bibir Anda," jelasnya.  

Jangan takut mencampur warna

Hanya karena warna lipstik yang terlihat bagus pada bibirmu adalah pinky beige, tidak berarti kamu tidak bisa mengenakan warna deep burgundy. Pulas satu lapis lipstik pada bibirmu, lalu tambahkan lapisan tipis warna  wine, burgundy, atau warna apa pun yang kamu ingin lihat pada lapisan teratas. Bahkan warna lipstik yang paling ngejreng pun akan menyesuaikan tone bibir dan kulit kamu.

Setelah membaca uraian tips cara memilih warna lipstik yang tepat, semoga kamu tidak salah pilih lagi yang dalam memilih lipstik yang sesuai untuk bibir kamu. 
loading...

Labels: Gaya Hidup, Lipstik

Thanks for reading Tips Memilih Warna Lipstik Yang Tepat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Memilih Warna Lipstik Yang Tepat"