Cara Memilih Kayu Manis Yang Baik

Sebagai salah satu bahan rempah, kayu manis dikenal memiliki banyak manfaat. Selain manfaat utamanya dijadikan campuran makanan dan minuman, kayu manis juga memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan manusia.

cara memilih kayu manis
Jangan asal memilih kayu manis.


Dibalik berlimpahnya manfaat kayu manis, mungkin banyak yang tidak tahu bagaimana cara memilih kayu manis yang kualitasnya baik.

Terutama jika harus memilih kayu manis jenis bubuk. Banyak yang tidak mengetahui apakah kayu manis bubuk tersebut asli atau tidak. Sedangkan jika disodori kayu manis yang masih berbentuk batang, apakah harus memilih yang berwarna cokelat mulus atau jika yang sedikit bernoda apakah tidak bermasalah ketika dikonsumsi?

Nah, sebelum memanfaatkan kayu manis untuk berbagai keperluan, tidak ada salahnya kita juga mengetahui cara memilih kayu manis yang baik.

Berikut ini Arsip Info akan menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kayu manis yang berkualitas, yang diambil dari berbagai sumber.

Cara Memilih Kayu Manis Yang Baik


1. Jenis Kayu Manis

Satu-satunya jenis kayu manis asli adalah dari Ceylon, India, yang berbentuk  seperti cerutu gulung dan bukan seperti gulungan kitab. Juga mudah retak dan rapuh saat disentuh. Rasa kayu manis asli lebih lembut dan kompleks daripada jenis kayu manis dari Barat, yang sering kali membawa aroma pinus, sitrus, dan bunga-bungaan.

Kayu manis Barat sebenarnya jenis kasia. Ada beberapa jenis varietas kayu manis kasia, namun masing-masing bentuknya seperti dokumen gulung dengan kulit luar yang lebih keras.

Tiga jenis kasia dipisahkan berdasarkan wilayah yaitu:
1. China : kayu manis ini memiliki aroma manis
2. Indonesia: kayu manis ini cenderung menggumpal ketika ditambahi air, namun memiliki rasa pedas yang kuat.
3. Vietnam: kayu manis ini memiliki persentase minyak yang tinggi, sangat kuat namun tanpa rasa pedas.

Sesuaikan kayu manis sesuai dengan kebutuhan Anda dengan memahami perbedaan jenis kayu manis tersebut.

2. Warna kayu manis

Beragam warna kayu manis di Indonesia. Ada yang berwarna kuning kemerahan, coklat kemerahan dan coklat pucat.

Dari sekian warna kayu manis tersebut, kayu manis yang paling baik memiliki warna kuning kemerahan. Hal ini disebabkan kandungan minyaknya lebih banyak dan aromanya lebih semerbak.

Arsip Lain:



Kayu manis jenis ini biasanya didapatkan di Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Barat dan Jambi.

3. Aroma Kayu Manis

Untuk aroma, sebaiknya pilih kayu manis dengan aroma yang masih segar, manis dan sedikit pedas.

4. Kegunaan Kayu Manis

Ada dua bentuk kayu manis yang banyak ditemukan di pasaran, yaitu batangan dan bubuk. Pilih kayu manis sesuai dengan tujuan Anda membelinya.

Dengan mengetahui jenis rasa kayu manis apa yang Anda cari, ini akan membuat Anda lebih mudah memilih kayu manis yang tepat.

Coba pikirkan apakah Anda lebih menyukai kayu manis yang pedas, manis, atau kombinasi keduanya?

Jika Anda akan menambahkan kayu manis ke dalam cairan, pilih jenis kayu manis bubuk yang mudah larut atau menciptakan pasta yang lembut. Kayu manis Indonesia cenderung menggumpal ketika dimasukkan ke dalam cairan.
Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih kompleks seperti hiasan, pengharum ruangan dan berbagai kebutuhan lainnya, kayu manis batang menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, kayu manis batang juga memiliki aroma kuat dan kualitas yang lebih baik dibandingkan yang bubuk.

4. Batang Kayu Manis

Dalam memilih kayu manis, perhatikan batangnya. Pilih batang kayu manis yang bagus, tidak berlubang atau rusak agar aromanya harum dan tajam.

Untuk mendapatkan aroma lebih segar, tambahkan satu iris kulit jeruk navel. Rebus bersama kayu manis dan susu sampai mendidih lalu angkat.

Selain itu, perhatikan jangan sampai ada jamur pada batang kayu manis. Jamur tersebut berwarna abu-abu dan menempel di kulit permukaan kayu manis. Risiko kayu manis berjamur bisa terjadi jika dalam proses pengolahannya kurang baik.  

5. Bentuk gulungan

Kulit kayu manis yang sebelumnya sudah dikikis akan menggulung seperti astor. Semakin tipis kulit kayu manis, maka akan semakin sempurna gulungannya.

Gulungan yang paling sempurna adalah gulungannya ganda dan berdiameter maksimal 1,8 cm. Jenis ini disebut sebagai produk jenis AA, yaitu kayu manis paling baik di kelasnya.

6. Lakukan Tes

Jika Anda belum yakin tentang jenis kayu manis yang akan digunakan, beli masing-masing jenis kayu manis sedikit-sedikit saja, dan lakukan pengetesan. Berikutnya Anda akan tahu mana kayu manis yang sesuai dengan tujuan Anda.

Demikian info cara memilih kayu manis yang baik dan tepat, semoga bermanfaat bagi Anda yang tertarik memanfaatkan kayu manis sesuai dengan tujuan yang ingin didapatkan.


loading...

Labels: Kayu Manis, Kesehatan

Thanks for reading Cara Memilih Kayu Manis Yang Baik. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memilih Kayu Manis Yang Baik"