Legenda Asal-Usul Banyuwangi

Legenda Banyuwangi - Banyuwangi berasal dari kata Banyu dan Wangi. Banyu artinya air. Sedangkan Wangi berarti harum. Kota yang terletak di jawa timur ini memiliki cerita rakyat tentang asal usul nama kotanya yang unik. Sebuah cerita rakyat tentang kesetiaan seorang isteri kepada suami.

Hiduplah seorang raja yang bernama Sulahkromo, beliau memimpin wilayah tersebut dengan didampingi seorang patih yang bernama Sidopekso. 

Hubungan mereka sebetulnya sangat baik. Patih sidopekso sangat mempercayai sang prabu Sulahkromo. 

Namun di balik itu semua, sang raja sebenarnya sudah terlanjur jatuh hati kepada istri sang patih yang bernama Sri tanjung. Sri Tanjung adalah seorang wanita yang cantik parasnya juga baik kepribadiannya.

Asal-usul kota Banyuwangi.
Legenda Sritanjung, asal-usul kota Banyuwangi (Kabarbanyuwangi.com)

Hari berganti hari, rasa cinta dari sang Raja semakin tak tertahankan. Raja mulai benar-benar ingin mengambil Sri Tanjung dari Patih Sidopekso. 

Rencana jahat pun dilakukan, Sang Patih diberikan tugas oleh raja, tugas yang sangat berat. Sang Raja berharap, dengan tugas berat yang diberikannya, patih sidopekso tidak akan pernah kembali. Dan dia bisa merebut istri sang patih. 

Patih Sidopekso pun pergi untuk melaksanakan titah baginda raja. Sri Tanjung mengantarkannya sambil sedih karena tahu tugas berat yang dilakukan oleh suaminya.

Tidak selang berapa lama, Prabu Sulahkromo mulai melakasanakan aksinya. Dia mulai mendekati sri tanjung untuk merayunya. 

Namun Sri Tanjung tetap teguh pendirian. Dia tetap menjadi isteri yang setia kepada suami. 

Dia menolak setiap rayuan yang diberikan oleh Raja. Sang Raja pun marah. Karenanya, Prabu Sulahkromo ingin membalas dendam.

Arsip Lain:



Selang beberapa bulan, patih sidopekso kembali ke kerajaan. Secara mengejutkan, dia ternyata berhasil menyelesaikan tugas yang "mustahil" itu. Beliau langsung menghadap raja. 

Dan saat itulah. Raja berkata "Wahai Patih, kau sudah kuanggap sebagai saudaraku sendiri, karena itu, akan ku katakan rahasia ini padamu. Isterimu telah merayu dan ingin berbuat serong denganku ketika kau sedang bertugas"

Termakan hasutan Raja, patih sidopekso pun murka. Di carinya isterinya. Dan dia mengancam membunuh isterinya sendiri yang sangat setia. 

Lalu dibawalah Sri Tanjung ke tepi sungai yang airnya sangat keruh. Sebelum Sang Patih membunuh isterinya, Sri Tanjung mengucapkan permintaan terakhir. Sebagai bukti kesucian, kejujuran serta kesetiannya dia rela di bunuh oleh suaminya. 

Namun, jika airnya berubah menjadi jernih dan harum ketika jasadnya diceburkan ke sungai keruh itu maka dia tidak bersalah. Sedangkan jika darahnya membuat air sungai tadi berbau busuk maka dirinya bersalah.

Sang Patih tidak dapat lagi menahan diri, ia segera menikam kerisnya Sri Tanjung. Isteri yang setia itu pun meregang nyawa. 

Di ceburkannya jasad Srt Tanjung ke dalam sungai. Seketika air yang keruh dan bau tadi berubah menjadi jernih dan berbau harum semerbak. 

Melihat itu, Patih Sidopekso sangat menyesal, karena kelalaiannya dia telah kehilangan seorang yang sangat berharga. Sejak saat itu, sungai itu berbau wangi. Dan daerah tersebut diberi nama Banyuwangi. 

Nah, itulah sekilas legenda asal-usul kota Banyuwangi, yang juga dikenal dengan sebutan Kota Gandrung.

Posting Komentar untuk "Legenda Asal-Usul Banyuwangi"