-->

Cara Bikin Video FYP TikTok Agar Banyak Ditonton Dan Menjadi Viral

cara masuk fyp tiktok
Ilustrasi fyp tiktok


FYP Tiktok -  Di seluruh dunia popularitas aplikasi TikTok tidak diragukan lagi. Mulai anak belia hingga yang tergolong usia tua menyukai bahkan banyak yang kecanduan dengan platform yang berasal dari China ini. Sejak  diluncurkan pertama kali pada 2012 silam, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 2 miliar. 

TikTok pada dasarnya adalah media sosial yang memungkinkan setiap penggunanya membuat dan saling berbagi klip video dari berbagai tema.

Nah, di dalam aplikasi Tiktok ini terdapat fitur FYP alias For Your Page. TikTok mania pasti paham dan sangat mengidamkan videonya #fyp.

Apa itu FYP TikTok?


FYP adalah halaman awal TikTok yang berisi rangkaian berbagai video yang otomatis muncul pada saat pengguna pertama kali masuk atau membuka aplikasi tersebut.

Jadi bisa dikatakan, FYP merupakan deretan video-video yang sedang populer atau trending di TikTok.





Video yang direkomendasikan untuk dilihat ini tentu bukan muncul secara acak, melainkan berdasarkan kriteria tertentu, yaitu yang banyak ditonton.

Video yang berhasil masuk ke dalam FYP, berpotensi besar menjadi viral, banyak dibagikan pengguna dan menjadi perbincangan di berbagai media sosial lain bahkan ditayangkan di televisi. Maka tak heran, banyak pengguna TikTok berusaha membuat konten video terbaik agar masuk FYP.

Nah, untuk membuat video TikTok masuk FYP, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, disarikan dari berbagai sumber.

Cara masuk FYP TikTok





Perhatikan Kualitas Video

Cara pertama agar video Anda mendapatkan perhatian para pengguna TikTok lainnya adalah dengan membuat video yang berkualitas.

Dalam hal ini, berkualitas bukan saja persoalan kejernihan video, tetapi juga originalitas konten yang dibawakan. Membuat konten yang autentik dan engaging memang dapat menjadi nilai tambah bagi video Anda dibanding video-video lainnya.

Pakai Musik yang Sedang Populer

Menggunakan musik yang tengah ramai digunakan di aplikasi TikTok merupakan cara jitu untuk meningkatkan peluang video masuk FYP. Jika Anda menggunakan musik yang sedang digandrungi banyak pengguna, algoritma TikTok akan membaca konten tersebut dan menawarkan ke FYP pengguna lain.

Ikuti Tren Hashtag

Agar tidak ketinggalan, Anda perlu mengamati setiap hashtag yang sedang trending. Buatlah video yang relevan dengan hashtag tersebut dan jangan lupa tambahkan hashtag di unggahan Anda. Agar kesempatan masuk FYP semakin besar, unggah sedikitnya 3-4 video setiap hari dengan tetap menggunakan hashtag yang relevan.

Gunakan Tag Lokasi

Selain hastag yang relevan dengan isi video, jangan lupa tambahkan lokasi kamu.

Algoritma TikTok bekerja berdasarkan prinsip proximity atau kedekatan. TikTok akan merekomendasikan video di laman For You Page pengguna lain lewat video yang dibuat orang-orang yang tak jauh dari posisi si pengguna. 

Makanya ,jangan lupa tiap posting video, tambahkan tag lokasi kamu, agar engagement audiensnya juga banyak dan luas.


Arsip Lain:


Berpartisipasi dalam Challenge Terbaru

TikTok merupakan media sosial yang dipenuhi oleh berbagai challenge. Agar video Anda masuk FYP, tingkatkan eksistensi akun Anda dengan berpartisipasi dalam setiap challenge baru. Anda perlu melakukannya setiap minggu agar peluang video Anda masuk FYP semakin besar.

Penggunaan Caption

Walaupun TikTok merupakan media sosial berbasis visual, Anda tidak boleh menganggap remeh sebuah caption. Ternyata, caption juga merupakan salah satu faktor yang menentukan konten seperti apa yang akan direkomendasikan dalam FYP. Agar peluang konten Anda masuk FYP meningkat, gunakanlah caption yang unik, menjual, dan tentunya relevan dengan topik yang sedang populer di TikTok.

Lakukan Kolaborasi

Cobalah untuk melakukan kolaborasi dengan TikTokers lainnya di daerah anda. Buatlah video bersama mereka karena dapat meningkatkan peluang mendapatkan perhatian dari fans TikTokers yang Anda ajak kolaborasi.

Interaksi dengan Pengguna Lain

Unggahan Anda membutuhkan interaksi sehingga dapat memberikan sinyal ke algoritma TikTok bahwa orang-orang menyukai unggahan tersebut. Semakin banyak interaksi Anda dengan para pengguna lainnya maka akan semakin besar peluang video Anda masuk FYP.




Fokus pada Keahlianmu  

Cari tahu keahlian apa yang kamu kuasa. Apakah kamu ahli dalam komedi, musik atau menari, pandai dalam video reaksi dan sinkronisasi bibir? Lakukan apa yang menjadi kelebihanmu itu.

Edit videomu di luar Tik Tok 

Sebelum mengunggah ke TikTok, edit videomu dengan aplikasi lain. Hal ini karena Fitur editing di TikTok terbatas. 

Gunakan aplikasi pengeditan video di Google Play Store dan Apple Store, yang memiliki efek dan filter tanpa batas yang akan membuat videomu lebih keren.

Konsisten Dan Selalu Update

Agar tetap eksis di TikTok kamu harus konsisten memosting video secara berkala. Jangan hanya rutin posting video, tapi ikuti tren terbaru, ketahui apa yang sedang popular. Jenis video apa yang banyak mendapat perhatian pada waktu tertentu, dan buat video seperti itu.

Buatlah Berbeda

Meskipun kamu sudah mengikuti tren, jangan buat video yang biasa atau sama persis seperti video lainnya. Karena orang tidak suka melihat hal yang sama berulang kali.

Buatlah beberapa perubahan kecil pada tren yang kamu ikuti. Perbedaan tersebut akan segera menarik perhatian orang lain. 





Bagikan videomu di media sosial lainnya 

Jangan lupa unggah video TikTok mu ke media sosial lain yang kamu ikuti. Pada saat kamu membagikan video, pengguna TikTok di platform lain yang tidak mengenal kamu di tik tok akan dapat melihatnya dan mungkin mereka akan mencari dan mulai mengikuti akun TikTok kamu. 

Atau setidaknya mereka akan membagikan videomu di media sosial mereka, dan memberimu lebih banyak penayangan. 

Ketika tik tok melihat bahwa videomu memiliki jumlah penayangan yang baik, mereka akan berasumsi bahwa orang-orang menyukai konten itu sehingga mereka akan merekomendasikan videomu ke lebih banyak orang di FYP, sehingga meningkatkan popularitasmu.

Demikian cara-cara FYP TikTok. Dengan menerapkan tips yang disarankan tadi, kemungkinan video klip kamu bisa menarik perhatian banyak pengguna, sehingga berhasil membuat video kamu menjadi viral di TikTok! 

Labels: Tekno

Thanks for reading Cara Bikin Video FYP TikTok Agar Banyak Ditonton Dan Menjadi Viral. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Bikin Video FYP TikTok Agar Banyak Ditonton Dan Menjadi Viral"