-->

Sejarah Dibalik Hari Musik Dunia 21 Juni

Sejarah hari musik dunia 21 Juni
21 Juni Hari Musik Dunia 

21 Juni Hari Musik Sedunia. Sejarahnya ternyata berawal dari Perancis.

Setiap tanggal 21 Juni diperingati sebagai Hari Musik Sedunia atau World Music Day. Di hari tersebut semua orang dapat memainkan musik yang mereka sukai. Orang-orang akan turun ke jalanan untuk bermain dan menikmati musik dengan berbagai cara.

Mengutip NDTV, World Music Day atau Fete de la Musique (dalam bahasa Perancis) adalah sebuah perayaan musik tahunan yang unik. Hari tersebut juga dikenal sebagai Music Day (hari musik) atau Make Music Day (hari membuat musik).

Perayaan hari musik dunia merupakan momen bagi para musisi muda dan amatir untuk mempertunjukkan kebolehan mereka dalam bermusik. 

Siapa pun pada hari itu bisa memainkan instrumen musik favorit mereka, baik di taman, ruang terbuka maupun tempat keramaian lain, sehingga bisa dinikmati semua orang. Sementara yang lain ada pula yang menggelar konser musik gratis dan acara musik lain bagi para pecinta musik.

Hari Musik Sedunia biasanya bertepatan dengan perayaan musim panas.

Sejarah Hari Musik Sedunia


Hari Musik Sedunia berawal dari Perancis. Pertama kali dirayakan pada tahun 1982 di Perancis dan bersamaan dengan perayaan Summer Solstice.

Menteri Kebudayaan Prancis kala itu, Jack Lange, adalah orang yang pertama kali memulai Fete de La Musique di Paris.

Komposer musik terkenal lainnya yang juga berperan dalam berdirinya Hari Musik Sedunia adalah Maurice Fleuret. 

Arsip Lain:


Hingga akhirnya pemerintah Perancis mendeklarasikan libur nasional pada 21 Juni untuk merayakan Fete de La Musique atau Festival Musik. 

Sehingga sejak saat itu Summer Solstice diperingati juga sebagai Hari Musik Sedunia yang akhirnya membuat beberapa negara ikut merayakannya, seperti India, Italia, Yunani, Rusia, Australia, dan beberapa negara lainnya.

Musik memang penting bagi manusia. Banyak penelitian dan ahli telah menunjukkan, musik membantu mengurangi stres, memberikan tidur yang lebih baik dan membuat kita terus berjalan. 

Itulah sekilas peristiwa dibalik lahirnya hari musik dunia yang diperingati setiap 21 Juni di berbagai penjuru dunia dengan cara yang beragam.

Labels: Hari Besar, Ragam

Thanks for reading Sejarah Dibalik Hari Musik Dunia 21 Juni. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Sejarah Dibalik Hari Musik Dunia 21 Juni"