Resep Tempe Orek Pedas Manis Enak

Tempe adalah makanan tradisional khas yang berasal dari Indonesia. Tempe dibuat dari fermentasi kedelai atau bahan lainnya yang kaya akan protein nabati dibantu dengan jamur Rhizopus. 

Secara umum masyarakat Indonesia menjadikan tempe sebagai makanan pendamping nasi. Rasanya yang enak serta kaya akan nutrisi membuat tempe banyak dijual hampir pada semua rumah makan. Disamping itu harga tempe yang relatif murah menjadikan tempe sebagai salah satu alternatif bahan pangan ibu rumah tangga untuk menghemat pengeluaran.

Resep tempe orek pedas manis

Beberapa resep memasak tempe banyak diciptakan untuk membuat variasi rasa pada tempe agar kita yang memakannya tidak bosan. Salah satunya adalah resep memasak tempe orek

Tempe orek adalah tempe yang dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan kecap dan gula. Rasa dominasi dari tempe orek adalah manis atau manis pedas. 

Resep berikut adalah resep yang paling mudah untuk membuat tempe orek pedas manis sehingga bias digunakan oleh siapapun untuk membuatnya . Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe orek antara lain:

Bahan Membuat Tempe Orek Pedas

-Tempe sekitar 300 g, dipotong persegi panjang atau berbentuk dadu sepanjang 2 cm, goring hingga setengan matang

-2 Bawang putih sebanyak 3 siung, iris dengan tipis

-Kecap manis pedas sebanyak 3 sendok makan

-Daun salam sebanyak 2 lembar

-Lengkuas sebesar 2 cm

-Bumbu penyedap (seperti royco, ajinomoto, mamasuka, atau bias juga menggunakan bumbu racikan sendiri) sebanyak 2 sendok teh

-Gula pasir sebanyak 1\2 sendok teh

-Garam sebanyak ½ sendok teh

-Air sebanyak 200 ml

-3 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan yang sudah disiapkan tidak bisa dimasak secara sembarangan karena akan menghasilkan rasa yang kurang nikmat. Berikut langkah-langkah cara memasak tempe orek agar menghasilkan rasa yang maksimal:

Cara Membuat Tempe Orek Pedas

  1. Masukkan minyak pada penggorengan lalu panaskan
  2. Tumis bawang putih, lengkuas, dan daun salam hingga harum
  3. Masukkan tempe pada penggorengan
  4. Masukkan bumbu penyedap
  5. Masak hingga bumbu meresap dan air mongering
  6.    Angkat dan sajikan

Demikian resep tempe orek pedas manis yang mudah dibuat silakan dicoba dan disajikan untuk keluarga dan orang tercinta kita. Selamat mencoba dan selamat memasak ya! jangan lupa dishare bila bermanfaat. Karena resep ini sangat bagus untuk dimasak dirumah.

Posting Komentar untuk "Resep Tempe Orek Pedas Manis Enak"