Cara Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal

cara melacak nomor telepon tak dikenal
cara melacak telepon tak dikenal (via Stlukesonline.org)


Jangan jadi korban penipuan. Begini cara melacak nomor telepon tak dikenal menggunakan aplikasi gratis.

Maraknya modus penipuan – seperti gendam - melalui telepon membuat kita tidak nyaman dan was-was ketika mendapat panggilan telepon dari nomor yang tak dikenal. Apalagi jika dilakukan berulangkali, bisa menimbulkan tanda tanya besar. Tidak diangkat kuatir itu hal yang penting yang ingin disampaikan. Tapi kalau diterima juga kuatir ternyata orang yang berniat menipu, spam atau sekedar iseng.

Ada orang yang bersikap cuek dan membiarkan saja. Tapi bagi yang penasaran dengan siapa orang yang berada di balik nomor telepon tak dikenal itu, cara terbaik adalah melacaknya menggunakan aplikasi android maupun iOS.

Ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengetahui identitas atau lokasi dari panggilan telepon yang nomornya tidak terdapat di phonebook kita.

Berikut ini beberapa aplikasi Android dan iOS yang biasa dipakai untuk melacak nomor telepon pemanggil yang tak diketahui.

Aplikasi Pelacak Nomor Telepon




1. Truecaller

lacak nomor telepon tak diketahui


Truecaller adalah aplikasi pelacak nomor asal Swedia yang banyak digunakan, dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 200 juta. 

Aplikasi ini memiliki database jutaan info nomor telepon yang telah diidentifikasi sebelumnya. Aplikasi ini mampu mengindentifikasi nomor yang masuk ke handphone Android atau iOS kamu melalui telepon maupun SMS.

Truecaller akan mengidentifikasi nomor yang tidak dikenal tersebut. Jika nomor tersebut teridentifikasi sebagai nomor spam, Truecaller akan menampilkan nuansa merah yang menunjukkan nomor tersebut kemungkinan berbahaya. 

Pengguna juga bisa mencari tahu siapa pemilik nomor yang akan diidentifikasi dari database Truecaller yang dihimpun dengan cara crowdsourcing (urun daya), artinya data nomor telepon dari pengguna terdahulu yang bersedia dibagikan, dijadikan sebagai database besar untuk digunakan oleh seluruh pengguna aplikasi.

Aplikasi Trucaller ini cukup mudah digunakan. Pengguna bisa memilih menggunakan via gadget maupun melalui website resmi melalui PC atau laptop.

Jika mengakses melalui website bisa mengunjungi website resmi Trucaller di https://www.truecaller.com

Dilanjutkan dengan memilih kode telepon negara Indonesia. Selanjutnya akan diarahkan untuk melakukan Sign In menggunakan akun Google atau Microsoft. 

Masukan nomor telepon yang ingin dilacak di kolom pencarian. Klik ikon Search dan tunggu beberapa saat hingga Truecaller selesai cari nomor tersebut dan mencocokkannya dengan database yang mereka miliki.




Jika menggunakan aplikasi, maka kamu bisa mengunduh aplikasi Truecaller di Google Play Store untuk ponsel Android maupun Apple App Store untuk iPhone.

Selanjutnya buka aplikasi Truecaller,  berikan izin akses aplikasi dengan mengetuk Allow. Lalu masukkan nomor telepon kamu dan ketuk tombol Continue. 

Langkah selanjutnya ialah membuat profil Truecaller menggunakan akun FB, Google, atau mengetik namanya secara manual.

Untuk melacak nomor telepon yang tak dikenal, lihat nomor yang menghubungi kamu di daftar log panggilan & SMS yang muncul. 

Kemudian buka menu Contacts, masukkan nomor telepon. Lalu nomor terebut akan dicocokkan dengan database Truecaller dengan lebih dari 5 miliar nomor terdaftar di database mereka.

Selain itu, Truecaller juga memiliki fitur lain seperti bisa untuk memblokir panggilan dari nomor yang terdeteksi spam, melihat nomor yang terdaftar sebagai spam, dan blokir nomor tersembunyi.

Aplikasi Truecaller menawarkan layanan berbayar maupun tidak. Perbedaannya, pengguna yang berlangananan akan mendapat lebih banyak fitur, termasuk tidak ada iklan, melihat siapa yang mengintip akun, lencana premium, perekaman panggilan, dan mode incognito. 

2. Getcontact

mengetahui nomor telepon tak dikenal


Aplikasi Getcontact juga sering digunakan untuk melacak nomor telepon orang tak dikenal. Getcontact ini memiliki fitur-fitur yang berguna seperti instant blocking, real-time caller identification, dan spam protection. Aplikasi ini dapat mengetahui ID penelepon meskipun nomornya tidak tersimpan di ponselmu.

Sekilas antara Truecaller dan Getcontact memiliki fungsi yang sama, namun ada juga perbedaannya. Dalam verifikasi nomor telepon, Getcontact menggunakan fitur #tag alias hashtag untuk daftar kontak yang ada. 

Selain itu untuk menggunakan fitur-fitur tertentu yang lebih lengkap, ada opsi berlangganan akun premium yang dibanderol sekitar 40 ribu per bulan.

Aplikasi Getcontact termasuk aman untuk digunakan dan sangat membantu dalam mengidentifikasi spammer caller. 

Aplikasi pelacak nomor Get Contact bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Store.

3. Eyecon

aplikasi lacak nomor telepon dan blokir



Secara umum, Eyecon memiliki fitur yang sama dengan Truecaller dan Get Contact yakni untuk menyaring panggilan nomor tidak dikenal. 

Namun Eyecon memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya bebas iklan meskipun digunakan secara gratis.

Selain itu pengguna Eyecon bisa menambahkan foto untuk masing-masing nomor kontak yang tersimpan di ponselnya. Pengguna juga bisa mengontrol bagaimana kontak dirinya muncul di kontak orang lain.

Aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan akun Facebook milik pengguna, sehingga kamu bisa melihat nama, foto dan nomor pemilik akun Facebook yang menghubungimu. 

Aplikasi pelacak nomor Eyecon bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. 




4. Whoscall

lacak dan blokir nomor telepon tak dikenal


Whoscall masuk di dalam jajaran Aplikasi Terbaik Google Play 2013 di 8 negara Asia, sehingga layak dipertimbangkan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Gogolook, sebuah perusahaan yang berbasis di Taiwan. 

Aplikasi Whoscal mengidentifikasi panggilan tak dikenal yang masuk sehingga pengguna dapat memutuskan apakah akan menerima atau mengabaikan panggilan yang tidak diinginkan.


Arsip Lain:

Dengan mengandalkan jaringan lokal yang kuat, Whoscall melakukan pencarian melalui internet dan komunitas pengguna untuk menghasilkan konten dalam identifikasi nomor panggilan.

Di dalam Whoscall terdapat fitur pengaturan nomor, pemblokiran berdasarkan nomor dan kata kunci dan database offline. 

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan tersedia di platform Android dengan 10 bahasa berbeda.

5. CallApp

blokir nomor telepon tak diketahui


Aplikasi ini dibuat oleh CallApp Caller ID Software, dengan sejumlah fitur yang dengan beberapa aplikasi sebelumnya. 

Aplikasi CallApp bisa melacak nomor tak dikenal dari semua kontak di seluruh dunia, dan mengidentifikasi nomor panggilan tidak dikenal. 

Pengguna bisa mengatur panggilan secara otomatis, baik panggilan masuk maupun keluar, termasuk merekam panggilan teleponmu. Jika mendapatkan panggilan dari nomor yang dirasa menganggu, pengguna bisa memblokir nomor tersebut. 


Aplikasi ini baru tersedia di Google Play Store.

6. Hiya

aplikasi lacak nomor telepon


Aplikasi blokir nomor telepon ini sebelumnya bernama Whitepages Caller ID. Dalam versi terbaru namanya berganti menjadi Hiya. 

Aplikasi ini hadir dengan serangkaian fitur blok untuk panggilan telepon dan SMS spam. Hiya secara otomatis dan langsung mendeteksi nomor tak dikenal yang menelepon sehingga kamu bisa terhindar dari penipuan.

Selain itu, ada juga fitur tambahan seperti informasi saat mendapatkan panggilan dari private number dan notifikasi saat ponsel kalian mendapatkan pesan berupa spam, virus, malware, adware, dan spyware.


7. TelGuarder/Spam Call Blocker

cara mudah lacak nomor telepon




Secara umum, fitur pada TelGuarder atau Spam Call Blocker sama dengan aplikasi-aplikasi sejenis. Selain bisa membokir nomor panggilan yang mengganggu, pengguna juga bisa melaporkan nomor tersebut dan memberikan komentar sehingga orang lain bisa mengetahuinya. 

Aplikasi TelGuarder bisa diunduh di Play Store.

Selain aplikasi yang telah disebutkan tadi, masih sangat banyak aplikasi lain - jumlahnya mungkin ratusan - yang bisa berfungsi mendeteksi nomor panggilan tak dikenal, seperti Hiya, Caller ID, Simpler Caller ID, Mobile Number Locator dan masih banyak lainnya. 

Kamu bisa mencarinya di Google Play dengan mengetikkan kata kunci seperti "pemblokir panggilan"' “telepon caller”, “fake call”, “hidden call”, “true call” untuk menemukannya.

Secara umum aplikasi semacam itu memiliki fitur yang sama, yaitu melacak panggilan nomor tak dikenal atau tak tercantum dalam phonebook kita. Yang penting pilihlah aplikasi yang memiliki reputasi baik. Yaitu aplikasi yang memiliki rating tinggi atau diatas 4 dari para pengguna, sehingga hasilnya tidak mengecewakan.

Post a Comment for "Cara Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal"