Sejarah Hari Nasional Museum Indonesia Yang Diperingati Setiap Tanggal 12 Oktober

Sejarah dibalik Hari Museum Nasional 12 Oktober
Museum Nasional Indonesia,salah satu museum tertua di Asia Tenggara
 (via Goodnewsfromindonesia.id)

Salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi di Indonesia pada tanggal 12 Oktober adalah diperingatinya Hari Nasional Museum Indonesia.

Pada saat itu dilakukan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) untuk pertama kalinya yang berlangsung pada tanggal 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta.

Ini menjadi cikal bakal diusungnya tanggal 12 Oktober sebagai Hari Nasional Museum Nasional.

Dalam musyawarah MMI pertama tersebut hadir sekitar 40 orang, yang berasal dari unsur pimpinan dan tokoh museum, pemerhati, dan pecinta museum.

Salah satu keputusan penting musyawarah tersebut adalah menghasilkan 10 resolusi penting. 


 Adapun poin-poin dari 10 resolusi Musyarawan Museum Indonesia 1962 tersebut sebagai berikut:

1. Dibutuhkannya undang-undang mengenai permuseuman.

2. Resolusi adanya pembentukan Badan Musyawarah Museum Indonesia (MMI).

3. Resolusi adanya pembentukan National Committee of ICOM.

4. Adanya desakan ke Pemerintah untuk memasifkan pemberian bantuan kepada museum-museum di Indonesia yang telah ada.

5. Resolusi penambahan jumlah museum di Indonesia.

6. Resolusi untuk mengadakan Musyawarah Museum Seluruh Indonesia II pada tahun 1965 di Jakarta.

7. Resolusi mengenai pembinaan dan Pendidikan untuk para tenaga museum, melalui upgrading-courses, kursus-kursus aplikasi, dan menyokong gagasan mengenai pendirian suatu akademi dinas di bidang museologi.

8. Resolusi agar hal-hal mengenai museologi menjadi salah satu kurikulum di Universitas.

9. Resolusi untuk museum agar secara aktif berfungsi demi kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan agama.

10. Resolusi agar museum dijadikan sarana untuk menjalin persahabatan bangsa-bangsa dan juga membantu perkembangan kebudayaan dunia.

Pada akhirnya 10 resolusi MMI tersebut dijadikan landasan kerja pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan museum di Indonesia.

Berikutnya pada tanggal 26-28 Mei 2015 di Malang diadakan pertemuan MMI yang dihadiri sebanyak 250 pengelola museum dari seluruh Indonesia.

Dipilihnya Malang sebagai tempat penyelenggaraan MMI karena di sini terdapat tiga museum baru yang cukup spektakuler, serta patut dikembangkan dan dikenal di level nasional. Tiga museum itu adalah Museum Malang Tempo Doeloe, Museum Angkut dan Museum D' Topeng.

Dalam pertemuan MMI itu dibahas isu-isu dan paradigma baru dalam dunia permuseuman demi untuk memajukan permuseuman di Indonesia. 

Pertemuan MMI di Malang itu juga menghasilkan deklarasi penting, yaitu penetapan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Nasional Museum Indonesia.

Berdasarkan dua peristiwa MMI 1 dan 2 yang bersejarah tersebut, maka pengelola museum di Indonesia memiliki tanggal khusus untuk memperingati hari museum nasional yang ditetapkan pada tanggal 12 Oktober setiap tahun.

Peringatan Hari Museum Nasional tiap tanggal 12 Oktober merupakan wujud eksistensi museum di tengah masyarakat Indonesia.

Dengan diperingatinya Hari Museum Nasional setiap tahun diharapkan para pengelola museum dapat memberikan pelayanan terbaiknya, menampilkan koleksi terbaiknya untuk menarik pengunjung datang serta menghadirkan inovasi kreatif demi kemajuan permuseuman Indonesia.

Demikian informasi tentang sejarah ditetapkannya tanggal 12 Oktober sebagai Hari Nasional Museum Indonesia yang penting diketahui oleh generasi masa kini.

Post a Comment for "Sejarah Hari Nasional Museum Indonesia Yang Diperingati Setiap Tanggal 12 Oktober"