Perbedaan Antara Nasi Padang Dan Nasi Kapau

Beda nasi padang dan nasi kapau
Rumah makan Nasi Kapau (kiri) dan Nasi Padang (kanan) memiliki penampilan yang berbeda.


Sama-sama berasal dari ranah Minang, dan memiliki rasa yang sama enaknya, antara Nasi Padang dan Nasi Kapau sekilas terlihat sama. Maka tak heran kadang ada orang yang menyebut nasi Padang sebagai nasi Kapau. Padahal keduanya ternyata memiliki sejumlah perbedaan pokok.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini perbedaan antara Nasi Padang dan Nasi Kapau yang perlu diketahui penggemar kuliner kaya rempah ini.
Asal Usul

Nasi Padang dan Nasi Kapau memiliki asal muasal yang berbeda.

Nasi Padang sebetulnya adalah istilah yang memiliki makna yang luas dan bias. Semua masakan yang berasal dari Sumatra Barat disebut Nasi Padang, meskipun hidangan tersebut tidak berasal dari Kota Padang.

Sebaliknya, Nasi kapau memiliki ciri khas. Nasi kapau adalah hidangan yang berasal dari sebuah nagari atau desa bernama Kapau, di kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Orang-orang nagari Kapau menjual makanan mereka di luar wilayah Kapau, sehingga mereka menyebutnya Nasi Kapau.

Warga lokal menyebut restoran nasi kapau dengan sebutan "rumah makan nagari kapau".

Menurut Reno Andam Suri, pencerita makanan Minang, orang Kapau biasanya menjajakan makanan mereka di saat hari-hari balai (hari pasaran) di daerah lain. Jadi, mereka tidak berjualan setiap hari, biasanya hanya tiga hari di hari-hari balai tersebut.

Untuk menikmati kuliner Nasi Kapau di tempat asalnya, kamu bisa mengunjungi Bukittinggi yang merupakan salah satu pusat perdagangan tersibuk di Kabupaten Agam.

Disana ada Pasar Lereng atau pasar bawah yang di dalamnya terdapat suatu blok yang terkenal sebagai pusat penjual Nasi Kapau. Biasa juga disebut Los Lambuang.

Dinamakan nasi Kapau memang karena yang menjualnya adalah masyarakat dari nagari (desa) Kapau (terletak di dekat Bukittinggi). Orang-orang nagari Kapau menjual makanan mereka di luar wilayah Kapau, sehingga mereka menyebutnya Nasi Kapau.

Penyajian Menu

Menu lauk-pauk pada warung atau rumah makan Nasi padang biasanya disajikan dalam etalase kaca yang besar.

Menu-menunya tersusun rapi dan bertingkat. Ditambah penerangan lampu yang membuat warna makanan semakin hidup. Para pembeli dapat melihat ke etalase dan memilih lauk mana yang hendak dipilih.

Ada juga rumah makan Padang yang menyajikan berbagai macam lauk pauk di meja makan, dan pengunjung akan mengambil sendiri apa yang mereka suka. Menu yang dimakan itulah yang nantinya dibayar.

Sebaliknya menu pada Nasi Kapau umumnya disajikan dalam wadah besar pada sebuah meja kayu bersusun yang letaknya lebih rendah dari posisi duduk penjualnya.

Penjaja Nasi Kapau akan berjaga di belakang meja lauk dan akan langsung meracik nasi dengan sayur dan lauk yang sudah dipilih oleh pelanggan dalam sebuah piring. Atau biasa disebut nasi rames.

Karena posisi penjual Nasi Kapau lebih tinggi dari meja penyajian lauk-pauk, maka digunakan sendok bertangkai panjang untuk menjangkau makanan. Posisi meja dan kursi pengunjung Nasi Kapau dibuat menempel berhadapan dengan meja saji lauk atau berhadapan dengan penjual.

Sementara di rumah makan Padang, kamu bisa duduk manis di kursi pengunjung menanti pramusaji yang datang dengan variasi lauk yang banyak.

Cara Pengambilan Makanan

Cara pengambilan makanan Nasi Kapau dengan Nasi Padang pun berbeda.

Pada rumah makan Nasi Padang kita menemukan aneka menu hidangan berada pada tatakan berundak yang kian tinggi (bertingkat ke atas), maka sebaliknya pada warung Nasi Kapau deretan sajian lauk-pauk berada pada tatakan berundak yang menurun.

Karena posisi penjual Nasi Kapau lebih tinggi dari meja penyajian lauk-pauk, maka untuk menjangkau makanan yang dipilih pembeli, si penjual menggunakan sendok gayung bertangkai panjang.

Posisi meja dan kursi pengunjung Nasi Kapau dibuat menempel berhadapan dengan meja saji lauk atau berhadapan dengan penjual.

Sementara di rumah makan Padang, kamu bisa duduk manis di kursi pengunjung menanti pramusaji yang datang dengan variasi lauk yang banyak.

Jenis Sayuran

Jenis sayuran yang disajikan di rumah makan Padang juga berbeda dengan lapau Nasi Kapau.

Nasi Padang biasanya dilengkapi dengan sayur daun singkong, rebung, atau nangka. Sedangkan Nasi Kapau biasanya menyajikan sayur kol dengan kacang Panjang.

Nasi Kapau diidentikkan dengan sayur gulai nangka. Yang membedakannya dengan nasi Padang adalah kehadiran rebung di dalam gulai nangka. Selain itu potongan gulai sayuran di kedai kapau biasanya lebih besar. Misalnya kol pada Nasi Kapau tidak dipotong-potong, melainkan disajikan dalam bentuk lembaran.

Jenis Makanan
Jenis makanan yang dijual di lapau nasi kapau juga berbeda dengan yang ada di rumah makan padang.

Ada beberapa lauk yang hanya bisa dijumpai di lapau nasi kapau. Yaitu gulai tambusu, dendeng balado, rendang daka-daka, ikan mas bertelur, dan gulai kapau.

Sambal

Jenis sambal yang digunakan pada Nasi Padang cenderung identik dengan sambal hijau sedangkan Nasi Kapau menggunakan sambal merah.

Itulah 6 perbedaan antara Nasi Padang dan Nasi Kapau. Kalau kamu lebih suka yang mana nih, Nasi Padang atau Nasi Kapau ?
Halaman Selanjutnya :



Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Nasi Padang Dan Nasi Kapau"