Resep Membuat Sashimi Yang Lezat

Resep SASHIMI yang lezat
Tampilan Sashimo di sebuah restoran (via Instagram)

Masyarakat Indonesia mungkin kurang familiar dengan Sashimi. Sama-sama berbahan ikan mentah, orang mungkin lebih akrab dengan Sushi daripada Sashimi. Lalu bagaimana resep membuat sashimi yang enak?

Sashimi merupakan masakan yang berbahan irisan ikan mentah dan telah dikenal masyarakat Jepang sejak ratusan tahun. Sashimi adalah bagian penting dari masakan Jepang, dan menjadi semakin populer di luar Jepang juga.

Sashimi asalnya menggunakan bahan utama ikan segar, terutama ikan  yang memiliki cita rasa gurih seperti salmon atau tuna. 

Biasanya Sashimi disajikan dalam potongan tipis dengan mencelupkan ke dalam kecap shoyu , tetapi terkadang garam atau jus jeruk lebih cocok untuk beberapa ikan tertentu. 

Mengingat Jepang adalah merupakan Negara yang terdiri sekelompok pulau dan dikelilingi oleh laut, maka selalu ada banyak ikan segar. Secara alami, banyak orang di sana memiliki akses ke ikan mentah segar untuk waktu yang lama. 

Dokumen lama di abad ke-15 sudah menunjukkan bagaimana orang makan Sashimi bahkan sebelum kecap dibuat. Dan pada akhirnya mengarah pada budaya Sushi, Sashimi yang dipadukan dengan bola-bola kecil nasi, namun Sashimi tetap memiliki identitas tersendiri sebagai makanan khas yang terpisah dari Sushi.

Jika dipesan dari restoran besar, Sashimi bisa menjadi makanan mahal, namun bagi kebanyakan orang Jepang, ini menjadi hidangan sehari-hari yang biasa disantap untuk makan malam.

Anda tidak harus memiliki Toro (tuna berlemak, sangat mahal) sepanjang waktu, dan orang-orang di sana memilih jenis ikan yang lebih masuk akal sesuai dengan anggaran mereka, seperti Katsuo (tuna cakalang) dan cumi-cumi. 

Sedangkan di negara lain seperti Amerika, tuna dan salmon adalah ikan paling populer dan lebih mudah didapat daripada jenis lainnya. 

Saat Anda memilih ikan untuk Sashimi, hal terpenting yang harus diingat adalah kesegarannya. Penting untuk membeli ikan kelas Sashimi, bukan sembarang ikan segar. 

Cara termudah untuk membeli ikan kelas Sashimi adalah pergi ke supermarket Jepang dan mendapatkan fillet kelas Sashimi. 

Beberapa pasar ikan lokal mungkin memiliki ikan kelas Sashimi, tetapi pastikan untuk bertanya. Jika ikan tidak disiapkan dengan sangat bersih dan tidak cukup segar, Anda mungkin akan sakit setelah memakannya mentah-mentah. Sashimi segar tidak pernah mencurigakan. Jika baunya amis, tidak boleh dimakan mentah.

Seringkali Sashimi disajikan dengan parutan lobak Daikon yang disebut Tsuma. Tsuma adalah Daikon yang dipotong sangat tipis dan biasanya ditempatkan di gundukan di belakang Sashimi. 

Katsuramuki, teknik untuk "mengupas" Daikon dengan cara yang sangat tipis, membutuhkan banyak latihan, dan kami menggunakan alat pengiris untuk mencapai efek yang sama. Mungkin tidak setipis Katsuramuki, tapi harus cukup tipis untuk dimakan. 

Tsuma tidak diperlukan, tetapi memiliki efek bakterisida bila dimakan dengan Sashimi serta sebagai pembersih langit-langit mulut. 

Selain Tsuma, daun Shiso dan Wasabi adalah bumbu umum untuk Sashimi. Mereka memberi lebih banyak rasa dan rempah-rempah ke hidangan dan menawarkan tindakan bakterisida yang sama.

Untuk menikmati sashimi yang lezat anda tidak harus memesannya di restoran, tapi bisa membuatnya sendiri. Bahkan sashimi dapat dibuat lebih mudah daripada yang orang pikirkan.

Disini akan disajikan dua resep Sashimi, dimana resep kedua menggunakan bumbu tradisional yang mungkin lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Salmon fillet fresh 200 gram

Resep Sashimi 1

Bahan Membuat Sashimi

-Lobak daikon sekitar (10 cm)
-Ikan tuna khusus sashimi
-fillet secukupnya
-salmon secukupnya
-daun hijau
-wasabi
-Kecap secukupnya


Cara Membuat Sashimi

- Buang kulit lobak Daikon. Iris tipis dengan mandolin atau alat pengiris. Tumpuk 3-4 lapis Daikon tipis, dan julienne sangat tipis. Masukkan ke dalam mangkuk berisi air dan biarkan selama 15 menit agar renyah. Saring dan hilangkan kelembapannya.
- Iris tuna dan ekor kuning menjadi potongan-potongan setebal 1/4"-1/3" (6 mm-8 mm). Iris tipis salmon dengan sedikit miring.
- Sajikan sashimi di piring dengan lobak, daun shiso, dan wasabi beserta kecap asin untuk dicelupkan.

Resep 2 Sashimi

Resep kedua Sashimi ini menggunakan ikan tuna mentah dengan bumbu rempah tradisional yang bisa dinikmati untuk 2-3 orang. Resep ini berasal dari Kulinear.hops.id.

Bahan-bahan Sashimi :
500 gr tuna segar
2 buah Bawang merah
1 siung bawang putih
6 buah cabai rawit
1 ruas jahe
Kacang tanah goreng
Kecap asin 4 sdm
Kecap manis 5 sdm
Daun kemangi

Cara memasak :

Cara memasaknya cukup simpel, uleg bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jahe dan kacang. tanah goreng. Setelah halus campurkan kecap asin dan manis, lalu aduk hingga merata.

Selanjutnya tinggal kita potong ikan aja ikan tunanya. memotong tuna harus menggunakan pisau tajam dan iris dengan melawat serat. Tambahkan daun kemangi diatasnya. 

Demikianlah dua resep membuat Sashimi yang lezat, Anda bisa mencoba salah satu bahkan keduanya.

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Sashimi Yang Lezat"