Mengenal Vitamin D: Jenis, Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian

Mengenal Vitamin D: Jenis, Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian
Kami akan mengajak kamu untuk mengenal vitamin D mulai dari jenis, manfaat, sumber, dan dosis harian. Dengan mengenal vitamin ini, diharapkan kita bisa lebih peduli dengan manfaat yang ada di dalamnya dan kita bisa memenuhi kecukupan gizi dalam tubuh.

Menurut literasi yang kami telusuri, Vitamin D memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Oleh karena itu, kita dianjurkan agar berjemur di bawah terik matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D secara alami.

Tak hanya itu saja, ternyata banyak sekali sumber vitamin D yang bisa didapat dengan mudah loh. Kami akan mengulas secara mendalam untuk kamu semua.

Jenis Vitamin D


Vitamin D dibagi menjadi dua jenis yakni Vitamin D2 dan D3. Keduanya memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Dari segi sumbernya, Vitamin D2 biasanya didapat dari makanan protein nabati. Sedangkan Vitamin D3 biasanya didapatkan dari protein hewani.

Dari segi fungsi, Vitamin D2 bakal memberikan manfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Sementara Vitamin D3 akan menyempurnakan Vitamin D yang ada di dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Manfaat Vitamin D Secara Umum


Vitamin D fungsinya untuk apa? Beredar informasi bahwa Vitamin ini digadang-gadang dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Apakah benar seperti itu? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Vitamin D memang telah dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bahkan vitamin ini memperbaiki tulang yang keropok loh. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin D serta berjemur di bawah sinar matahari.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Beberapa waktu yang lalu, ada sejumlah pernyataan terkait anjuran berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk penderita Covid. Vitamin D mampu menjaga daya tahan tubuh agar menjadi lebih sehat kembali. Karena vitamin ini dapat mengusir kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada tubuh.

3. Mencegah resiko terkena penyakit

Banyak penelitian yang telah dilakukan berkaitan dengan kebermanfaatan Vitamin D. Vitamin yang satu ini mampu menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Karena daya tahan tubuh yang kuat, mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

4. Menjadikan tubuh lebih bersemangat

Salah satu manfaat vitamin D untuk wanita dan pria yakni dapat mengembalikan mood yang hilang. Ketika kita mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, maka tubuh akan terasa lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Sumber Vitamin D dan Fungsinya


Apa sumber dan manfaat vitamin D? Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber, kami merangkum lima sumber untuk mendapatkan Vitamin D. Apa saja sih?

1. Sinar matahari

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D paling murah dan amat bermanfaat bagi tubuh. Sinar matahari bukan hanya bisa menjaga kekuatan tulang dan gigi, namun dapat mematikan kuman, jamur, dan bakteri. Kamu bisa berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 07:00 hingga 09:00 pagi.

2. Protein Hewani yang mengandung vitamin D

Ada beberapa protein hewani yang mengandung banyak Vitamin D, diantaranya Ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, kuning telur, daging, susu sapi, dan lain sebagainya.

Makanan tersebut bisa didapatkan dengan mudah di sekian kita. Apalagi bener apa makanan di atas memiliki protein dan vitamin yang banyak, tentunya dapat menjadikan otak lebih encer untuk berpikir.

3. Protein nabati yang mengandung Vitamin D

Vitamin D juga bisa ditemukan dari protein nabati seperti Jamur, brokoli, susu kedelai, kedelai, tahu, hingga tempe. Makanan tersebut juga sangat murah, bahkan mungkin kita selalu membelinya setiap hari.

4. Buah Vitamin D

Buah-buahan memang sangat penting untuk dikonsumsi sehari-hari, karena mengandung banyak vitamin. Vitamin D terdapat pada buah apa saja? Kamu bisa menemukan vitamin ini di dalam buah jeruk, kiwi, anggur, mangga, jambu biji, hingga leci.

Buah-buahan tersebut bukan hanya dapat membuat tulang jadi kuat, melainkan juga dapat menjaga tubuh dari paparan penyakit.

5. Suplemen Vitamin D

Berkembangnya zaman dan teknologi, tentunya membuat dunia kesehatan juga makin maju. Saat ini sudah ada suplemen Vitamin D yang dapat dibeli di toko obat ataupun apotek terdekat.

Kamu bisa menanyakan terkait dosis harian untuk tubuhmu. Karena biasanya tiap orang memiliki dosis yang berbeda-beda saat mengonsumsi suplemen. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dosis Harian Vitamin D


Dosis tiap orang dengan berbagai usia tentu memiliki perbedaan. Berikut kami sajikan dosis vitamin D harian.

● Untuk anak usia 0 hingga 12 bulan, perlu mendapatkan Vitamin D sebanyak 10 mikrogram dalam sehari.
● Untuk usia 1 hingga 70 tahun, perlu mendapatkan Vitamin D sebanyak 15 mikrogram dalam sehari.
● Untuk ibu hamil dan menyusui, perlu memperoleh vitamin D sebanyak 15 mikrogram dalam sehari.
● Dosis Vitamin D untuk covid dalam sehari membutuhkan Vitamin D sebanyak 10 hingga 25 mikrogram.

Penutup

Demikian kita telah mengenal Vitamin D mulai dari jenis, manfaat, sumber, dan dosis harian. Ternyata banyak sekali manfaat Vitamin D dan sumbernya. Kita bisa memperoleh Vitamin D dengan mudah melalui makanan yang ada di sekitar. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat ya.


Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Mengenal Vitamin D: Jenis, Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian"