Mengenal Vitamin C: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian

Mengenal Vitamin C: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian


Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kalian semua untuk mengenal vitamin c, mulai dari manfaat, sumber, dan dosis harian. Kita perlu mengetahui seputar vitamin ini karena tubuh manusia membutuhkan Vitamin tersebut agar dapat bergerak dan lebih sehat.

Apa nama lain vitamin C?

Vitamin C disebut juga Asam Askorbat. Vitamin ini begitu penting karena berperan besar dalam menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C.

Vitamin C mengandung antioksidan kuat dan dikenal sebagai vitamin kekebalan ketika tubuh sakit. Vitamin C membantu tubuh kita menyerap zat besi, pembentukan kolagen yang penting untuk perkembangan tulang, kesehatan pembuluh darah, maupun penyembuhan luka.

Namun tubuh kita tidak memproduksi atau pun menyimpan vitamin C, sehingga penting bagi kita untuk mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin C.

Mengenal Vitamin C: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian


Manfaat Vitamin C


Apa manfaat dari vitamin C? Apakah benar dapat mengurangi resiko terkena penyakit? Mengutip dari berbagai sumber, kami telah merangkum beberapa manfaat dari vitamin C. Apa saja sih? Mari simak ulasan berikut ini. 1. Menjaga daya tahan tubuh

Vitamin C sangat sering dianjurkan untuk terpenuhi oleh tubuh di masa pandemi seperti sekarang. Karena vitamin yang satu ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Sehingga resiko buruk terkena virus dan kuman berbahaya bisa terhindarkan.

Karenanya, kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C, khususnya buah-buahan. Dengan begitu, asupan vitamin C dalam tubuh dapat tercukupi dengan baik.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit. Karena nantinya, vitamin C bakalan melindungi tubuh dan membasmi kuman dan bakteri yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, Vitamin C juga sangat berguna untuk menangkal radikal bebas. Sehingga bisa menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

3. Mengatasi penuaan dini

Salah satu bagian dari tubuh kita yang perlu dijaga adalah kulit. Nah, ternyata vitamin C mampu menjaga kulit agar tetap sehat loh. Vitamin ini bisa membantu memproduksi kolagen yang menjaga kulit agar terhindar dari keriput.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin C sebagai antioksidan tentu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Ketika anggota tubuhmu tergores dan mengalami luka, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C agar luka tersebut cepat sembuh.

Selain itu, Vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi di dalam makanan. Sehingga kecukupan gizi dalam tubuh bisa terjaga dan kita bisa lebih segar bugar.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kolagen merupakan protein yang sangat penting untuk tubuh agar bisa terhindar dari masalah kulit keriput, mampu meremajakan kulit, dan bisa membuat kulit lebih halus serta cerah.

Vitamin C terbukti ampuh untuk membantu memproduksi kolagen dalam tubuh. Jadi ketika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, kulit kamu bisa lebih terjaga karena kolagen dalam tubuh bisa tercukupi.

6. Mengurangi risiko anemia

Umumnya, penyakit anemia terjadi akibat kurangnya zat besi dalam tubuh, sehingga tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah dengan baik.

Untungnya, Vitamin C dapat membantu untuk mencegah terjadinya kekurangan zat besi. Karena vitamin c dalam tubuh bisa membantu proses penyerapan zat besi yang ada di dalam makanan. Sehingga kita bisa terhindar dari penyakit anemia.

Sumber Vitamin C


Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dari Vitamin C, kita perlu tahu sumber Vitamin C apa saja? Karena banyak yang mempertanyakan hal tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh. Rata-rata makanan yang mengandung vitamin ini berasal dari buah-buahan segar. Meski begitu ada juga beberapa sumber mendapatkan vitamin C, diantaranya sebagai berikut.

1. Suplemen vitamin C

Pertama, kamu bisa mendapatkan vitamin C dari suplemen yang dijual di apotek terdekat. Saat ini banyak suplemen atau bahkan minuman yang mengandung vitamin C tinggi. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan vitamin C harianmu.

2. Sayur dan Buah Vitamin C

Ada sejumlah sayuran yang mengandung vitamin C, diantaranya yakni brokoli, kembang kol, dan bayam. Sedangkan untuk buah, kamu dapat menemukan vitamin ini dari buah seperti jeruk, strawberry, pepaya, cabai merah, jambu biji, markisa, nanas, dan lain sebagainya.

Sayur dan buah tersebut sangat mudah didapatkan. Di pasar terdekat, kamu bisa membelinya. Bahkan jika males gerak, kamu bisa memesan melalui layanan delivery order.

Dosis Harian Vitamin C


Manusia membutuhkan vitamin c berapa dalam sehari? Sebenarnya untuk dosis vitamin C, tiap orang dan usia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

● Untuk bayi dengan usia dibawah 6 bulan, memerlukan vitamin C sebanyak 40 miligram.
● Untuk anak-anak rentan usia 4 hingga 8 tahun, memerlukan Vitamin C sebanyak 25 miligram.
● Untuk remaja laki-laki rentan usia 14 hingga 18 tahun, memerlukan vitamin C sebanyak 75 miligram.
● Untuk remaja perempuan rentan usia 14 hingga 18 tahun, memerlukan vitamin C sebanyak 65 miligram.
● Untuk laki-laki dewasa usia 18 hingga 60 tahun membutuhkan vitamin C sebanyak 90 miligram.
● Untuk perempuan dewasa usia 18 hingga 60 tahun memerlukan vitamin C sebanyak 75 miligram.
● Untuk ibu hamil, memerlukan vitamin C hingga 85 miligram
● Sedang untuk Ibu menyusui, membutuhkan vitamin C hingga 120 miligram perhari.

Penutup
Bagaimana? Kita semua telah mengenal vitamin c, mulai dari manfaat, sumber, dan dosis harian. Semoga dengan artikel ini, bisa lebih memberikan wawasan kepada kita betapa pentingnya vitamin ini. Selalu jaga kesehatan dan konsumsi buah dan sayur ya. Agar tubuh menjadi lebih kuat serta terbebas dari penyakit.


Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Mengenal Vitamin C: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian"