Mengenal Vitamin B: Jenis, Manfaat, Sumber, Dan Dosis Harian

Vitamin B: Jenis, Manfaat, Sumber, Dan Dosis Harian
Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kalian semua untuk mengenal vitamin B, mulai dari jenis, manfaat, sumber, dan dosis harian. Kita akan ulas sedetail mungkin untuk kalian.

Seperti yang kita ketahui, peran vitamin B dalam metabolisme protein ternyata amat besar. Vitamin B bisa merubah makan menjadi energi di dalam tubuh. Karena itu, kita wajib menjaga kebutuhan vitamin B harian.

Akibat kekurangan vitamin B bisa menyebabkan kram, kesemutan, diare, dan lain sebagainya. Apalagi bagi ibu hamil, kekurangan vitamin B akan menyebabkan gangguan pada janin.

Mengenal Vitamin B: Jenis, manfaat, sumber, dan dosis harian


Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber, kami akan sajikan jenis dan manfaat, sumber, hingga dosis harian vitamin B.

Jenis dan Manfaat Vitamin B


Vitamin B tidak hanya terdiri dari satu macam, meainkan terdiri dari 8 jenis vitamin yang berbeda. Tiap jenisnya tentu memiliki manfaat masing-masing. Kami telah merangkum beberapa jenis dan manfaat vitamin B sebagai berikut.

1. Vitamin B1

Nama lain vitamin B1 yakni thiamine dapat menjaga metabolisme tubuh serta berperan sebagai sumber energi dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini juga bisa menunjang kesehatan syaraf kita.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki nama lain riboflavin dan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mata kita. Selain itu, vitamin ini juga bisa membantu proses pengolahan protein, lemak, hingga karbohidrat yang ada di dalam makanan.

3. Vitamin B3

Memiliki nama lain niacin, vitamin B3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan syaraf. Selain itu, vitamin ini dapat mengubah makanan menjadi energi serta menjaga kesehatan kulit.

4. Vitamin B5

Pantothenic acid atau vitamin B5 memiliki manfaat untuk memproduksi hormon dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini juga bisa membantu memproduksi asam lemak di dalam tubuh.

5. Vitamin B6

Nama lain vitamin B6 adalah pyridoxine. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

6. Vitamin B7

Biotin atau yang lebih dikenal dengan Vitamin B7 sangat bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi. Sehingga tubuh kita bisa mendapatkan nutrisi dan dapat menggerakkan tubuh secara maksimal.

7. Vitamin B9 Vitamin B9 memiliki nama lain folic acid atau asam folat, memiliki manfaat untuk memproduksi sel darah putih. Bagi ibu hamil, vitamin ini sangat membantu untuk menjaga tumbuh kembang janin.

8. Vitamin B12

Cobalamin atau yang dikenal dengan vitamin B12 sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini juga dapat mengubah asam folat menjadi sumber energi.

Sumber Vitamin B


Untuk mendapatkan vitamin yang penuh manfaat ini, ada beberapa sumber vitamin B yang perlu kita ketahui. Diantaranya yakni dari suplemen, buah dan sayur, serta makanan.

1. Suplemen vitamin B

Pertama, kamu bisa mendapatkan vitamin B dari suplemen yang dijual di apotik atau berdasarkan resep dokter. Pastikan untuk disesuaikan dengan kondisi tubuh ya, agar lebih aman saat mengonsumsi suplemen ini.

2. Sayur dan Buah vitamin B

Kamu bisa mendapatkan vitamin B dari sayur bayam, lobak, selada. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan vitamin B dari buah mangga, nanas, alpukat, blueberry, apel, strawberry,melon, anggur, jambu biji, kurma, cherry, semangka, pisang, dan jeruk.

Sayur dan buah tersebut bisa didapatkan dengan mudah. Karena sayuran dan buah tersebut tersedia banyak di pasaran. Kamu hanya perlu mendatangi pasar dan mencari buah-buahan dan sayuran yang diinginkan.

3. Makanan yang mengandung Vitamin B

Ada sejumlah makanan yang mengandung vitamin B lengkap. Diantaranya yakni daging sapi, ikan salmon, telur, hati sapi, daging ayam, tiram, kerang, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Dosis Vitamin B


Berdasarkan literasi yang kami baca, untuk dosis tiap vitamin B dalam sehari berbeda-beda. Namun umumnya, untuk orang dewasa membutuhkan vitamin B sebanyak 50–100 mg dalam sehari. Sementara untuk anak-anak memerlukan vitamin B sebanyak 0,5–1 mg dalam sehari.

Penutup

Bagaimana? Kita telah mengenal vitamin B mulai dari jenis, manfaat, sumber, dan dosis harian. Ternyata banyak sekali manfaat dari vitamin B dan kita bisa tahu beberapa makanan atau sumber untuk mendapatkan vitamin B.


Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Mengenal Vitamin B: Jenis, Manfaat, Sumber, Dan Dosis Harian"