Mengenal Vitamin A: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian

Mengenal Vitamin A: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian
Vitamin A (Natures-way.com)

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengenal Vitamin A, mulai dari manfaat, sumber, hingga dosis harian. Kenapa sih kita harus tahu seputar vitamin A? Tentunya agar kita dapat mengetahui segudang khasiat dan sumber dari vitamin A.

Karena vitamin A sangat baik sekali untuk kesehatan mata. Bahkan menurut literasi yang ada, Vitamin A bisa menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Hal ini karena Vitamin A juga memiliki fungsi lebih terhadap tubuh. Untuk lebih jelas mengenai Vitamin A, ikuti pembahasan kami berikut ini.

Vitamin A adalah termasuk salah satu jenis vitamin yang hanya larut dalam lemak, yang memiliki fungsi dalam memelihara kesehatan mata. Vitamin A juga berperan melindungi tubuh kita dari mikroorgaganisme dan patogen penyebab penyakit. Hal ini berkat adanya kandungan betakaroten yan berguna menangkal radikal bebas.

Vitamin A disebut juga retinol atau asam retinoik, merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berfungsi dalam memelihara kesehatan mata dan sekaligus melindungi tubuh kita dari mikroorgaganisme dan patogen penyebab penyakit.

Berdasarkan asalnya, vitamin A dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu :

- Retinoid, merupakan vitamin A yang berasal dari produk hewani

- Beta karoten, merupakan vitamin A yang berasal dari tumbuhan.

Vitamin A pada umumnya stabil terhadap panas, asam dan alkali. Namun sayangnya mempunyai sifat yang sangat mudah teroksidasi oleh udara dan akan rusak bila dipanaskan pada suhu tinggi bersama udara, sinar dan lemak yang sudah tengik.

Karena itu untuk suplemen vitamin A harus disimpan dalam suhu ruang dan segera dikonsumsi saat dibutuhkan dan tidak dibiarkan lama-lama terbuka untuk menjaga kualitasnya.

Vitamin A: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian


Melansir dari berbagai sumber, kami merangkum beberapa manfaat, sumber, dan dosis harian vitamin A untuk tubuh manusia.

Manfaat Vitamin A

Apa manfaat dari vitamin A? Apakah berpengaruh besar terhadap tubuh kita? Ternyata ada beberapa manfaat yang sangat penting dan wajib kita ketahui loh.

1. Baik untuk kesehatan Mata

Vitamin A memang sudah terkenal dapat membantu penglihatan menjadi lebih segar. Bahkan mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin A dapat mengurangi risiko rabun dini. Karena ketika kita kekurangan Vitamin A, hormon fotopigmen yang sangat diperlukan mata menjadi berkurang atau bahkan tidak mencukupi.

2. Menguatkan daya tahan tubuh

Vitamin A juga dapat memberikan manfaat berupa peningkatan daya tahan tubuh. Jadi nantinya, kita bisa lebih kebal terhadap bakteri dan virus. Sehingga tubuh kita tidak mudah down saat terkena penyakit. Karena imun tubuh menjadi meningkat, tentunya proses penyembuhan luka bisa menjadi lebih cepat.

3. Menurunkan resiko kanker

Mengkonsumsi makanan bervitamin A, ternyata dapat menjaga tubuh dari bahaya penyakit kanker. Karena saat tubuh memiliki asupan vitamin yang baik, maka bisa menghindarkan kita dari kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

4. Menjaga kesehatan janin

Bagi ibu hamil, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A nih. Pasalnya, vitamin tersebut dapat menguatkan imun tubuh sang ibu. Sehingga ia tidak mudah down saat masa kehamilan. Selain itu, janin yang ada di kandungan juga bisa lebih sehat karena memperoleh nutrisi yang cukup dari sang Ibu.

5. Menjaga kesehatan tulang

Dari penelusuran kami, Vitamin A ternyata dapat menjaga kesehatan tulang loh. Vitamin A menjadi motor utama dalam proses pembentukan tulang dan gigi. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan kalau kekurangan Vitamin A dapat mempercepat patah tulang.

Sumber Vitamin A

Untuk mendapatkan Vitamin A dari apa saja? Sebenarnya ada beberapa sumber dari vitamin A, misalnya saja dari suplemen, buah dan sayur, hingga makanan olahan.

1. Sumber vitamin A dari Suplemen

Saat ini, sudah banyak sekali suplemen vitamin A yang dijual bebas di apotik terdekat. Kamu bisa menanyakan terlebih dahulu mengenai vitamin yang dijual dan disesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

2. Sayur dan Buah vitamin A

Ada beberapa sayur dan buah yang menjadi sumber vitamin A, terutama sayuran berwarna kuning, hijau dan orange, diantaranya wortel, bayam, sawi, tomat, ubi jalar, labu kuning serta pepaya, paprika merah, brokoli.

Selain itu vitamin A juga banyak terdapat pada buah mangga, tomat, melon, pisang, dan kesemek.

3. Makanan

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari, ada yang mengandung banyak vitamin A loh. Misalnya saja seperti susu dan produknya, keju, hati dan daging sapi, kuning telur, sarden, minyak ikan hingga ikan salmon.

Dosis Vitamin A

Kebutuhan setiap tubuh manusia akan Vitamin A sangat berbeda. Hal ini tergantung dari jenis kelamin dan usia seseorang.

Namun pada umumnya, dosis vitamin A untuk pria antara 700-900 mikrogram. Sedangkan untuk wanita dalam sehari memerlukan vitamin A antara 600-800 mikrogram.

Penutup

Nah kita telah mengenal vitamin A, mulai dari manfaat, sumber, dan dosis harian. Jadi mulai sekarang, rajin-rajin jaga kesehatan dan selalu konsumsi makanan yang bergizi ya. Agar tubuh jadi lebih sehat dan kuat. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Halaman Selanjutnya :


Posting Komentar untuk "Mengenal Vitamin A: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian"