Mengenal Vitamin K: Jenis, Manfaat, Sumber, Dan Dosis Harian

Mengenal Vitamin K: Jenis, Manfaat, Sumber, Dan Dosis Harian
Pada kesempatan kali ini, admin Arsip Info akan mengajak kamu semua untuk lebih mengenal Vitamin K, mulai dari Jenis, Manfaat, sumber, dan dosis harian. Zat yang satu ini memang cukup berperan besar untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kita wajib mengenalnya.

Akibat kekurangan vitamin K bisa menimbulkan pendarahan yang luar biasa saat terjadi luka. Selain itu, tulang kita juga menjadi lemah ketika kekurangan vitamin ini. Oleh karena itu, kita wajib memenuhi kebutuhan vitamin K harian agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat.

Jenis dan Manfaat Vitamin K


Vitamin K untuk apa saja sih? Pada dasarnya, Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Tapi ada juga beberapa manfaat lainnya. Berikut kami sajikan manfaatnya berdasarkan jenis dari Vitamin K.

1. Vitamin K1

Phylloquinone atau yang lebih dikenal dengan Vitamin K1 merupakan vitamin yang biasa ditemukan di dalam tumbuhan. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk tubuh, karena dapat membantu pembentukan tulang. Selain itu, Vitamin K1 mampu memperlancar metabolisme peredaran darah.

Vitamin K1 juga akan memperkuat protein dalam tubuh. Jadi ketika kita mengalami luka, pendarahan bisa cepat terhenti karena telah dibekukan oleh protein dan Vitamin ini.

2. Vitamin K2

Vitamin K2 memiliki nama lain menaquinone. Zat ini berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang. Tak hanya itu, Vitamin ini juga mampu menjaga tubuh dari resiko terkena penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

Biasanya vitamin K2 bisa ditemukan pada makan seperti kuning telur dan paha ayam. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, tentunya bisa menghindarkan tubuh dari penyakit yang bernama osteoporosis.

3. Vitamin K3

Vitamin K3 atau biasa dikenal dengan istilah menadione merupakan zat yang berguna sebagai antikanker dan antibakteri yang sangat baik. Tak hanya itu, zat ini juga dapat menjaga lambung dari Helicobacter pylori. Umumnya, vitamin ini akan diubah menjadi Vitamin K2 di dalam tubuh dengan bantuan dari organ hati.

Sumber Vitamin K


Berdasarkan penelusuran yang kami lakukan, ada enam sumber vitamin K yang dapat kita manfaatkan. Apa saja sih? Mari simak ulasan berikut ini.

1. Buah yang mengandung vitamin K

Buah-buahan memang banyak mengandung vitamin. Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah yakni Vitamin K. Ada beberapa buah yang mengandung zat ini, diantaranya tomat, kiwi, prem, blueberry, alpukat, anggur dan lain sebagainya. Buah-buahan tersebut juga gampang di dapat, di pasaran maupun supermarket kita bisa menemukannya dengan mudah.

2. Vitamin K terdapat pada makanan apa saja?

Ada beberapa makanan yang mengandung Vitamin K, diantaranya yakni ikan laut, telur, susu, jeroan, daging, keju, dan lain sebagai. Makanan tersebut mudah dijumpai di pasaran. Apalagi harganya juga tidak terlalu mahal.

3. Sayur yang mengandung Vitamin K

Sayuran memang terkenal mengandung serat dan vitamin yang lengkap. Beberapa sayuran yang mengandung vitamin K yakni kale, kol, kubis, buncis, brokoli, dan lobak hijau. Kamu bisa mengolah sayuran tersebut menjadi menu masakan yang enak. Tapi pastikan untuk tidak memasak sayuran hijau terlalu lama ya. Karena bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

4. Vitamin K di Apotik

Kamu juga bisa mendapatkan Vitamin K dalam bentuk suplemen. Biasanya suplemen vitamin K tersedia di apotik terdekat. Kamu hanya perlu membelinya dan berkonsultasi mengenai dosis yang diperlukan oleh tubuhmu.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, karena nutrisi di dalamnya begitu besar. Beberapa kacang-kacangan juga mengandung vitamin K yang tinggi loh. Sebut saja seperti kacang kedelai, kacang edamame, kacang merah, kacang polong, kacang hijau, dan lain sebagainya.

6. Minyak Nabati

Minyak nabati biasanya terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya minyak kelapa, minyak zaitun, minyak sayur, dan lain sebagainya. Kamu bisa memakai minyak nabati untuk memasak agar keluarga bisa menjadi lebih sehat dan kuat.

Dosis Vitamin K


Kebutuhan Vitamin K tiap orang tentu berbeda-beda. Berdasarkan usianya, kami akan paparkan dosis Vitamin K harian untuk tubuh.
● Untuk bayi dan anak-anak, membutuhkan vitamin K sebanyak 5 hingga 20 mikrogram.
● Untuk remaja laki-laki dan perempuan membutuhkan vitamin K sebanyak 35 hingga 55 mikrogram dalam sehari.
● Untuk orang dewasa, memerlukan vitamin K sebanyak 55 hingga 65 mikrogram dalam sehari.

Penutup
Demikian ulasan mengenai mengenal Vitamin K, mulai dari Jenis, Manfaat, sumber, dan dosis harian. Setelah mengetahui beberapa manfaat dan sumber dari zat ini, kita bisa lebih perhatian untuk terus memenuhi kebutuhan gizi harian. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.


Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Mengenal Vitamin K: Jenis, Manfaat, Sumber, Dan Dosis Harian"