5 Dalil Asmaul Husna Beserta Makna dan Artinya

dalil Asmaul Husna dan maknanya



Dalil Asmaul Husna Beserta Makna dan Artinya.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai 5 dalil asmaul husna beserta artinya. Pemaparan kali ini, bisa kamu manfaatkan sebagai bahan referensi mengenai ilmu pengetahuan agama Islam.

Sebenarnya apa sih dalil asmaul husna itu? Dalil asmaul husna adalah dalil-dalil atau ayat Al-Quran yang menunjukkan sifat-sifat Allah. Jadi dalam ayat Al-Quran tersebut, terdapat nama Allah.

Perlu diketahui, Asmaul husna merupakan nama-nama yang baik yang dimiliki oleh Allah Swt. Nama-nama ini hanya dimiliki oleh Allah dan menjadi pembeda dari makhluknya.

Hal ini seperti yang telah dijelaskan Allah dalam Al Quran surat Al A'raf ayat 180 sebagai berikut.

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Latin: Wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad'ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya'malụn

Artinya: "Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan,"

Pada ayat tersebut, Allah menjelaskan bahwa kita semua diperintahkan untuk memohon ampun dengan menyebut asmaul husna. Kemudahan, bagi orang-orang yang enggan mendekat / memohon ampun. Mereka akan mendapatkan balasan atas apa yang dikerjakannya.

5 Dalil Asmaul Husna

Sebenarnya asmaul husna ada 99, tetapi kami paparkan hanya lima saja beserta dalilnya. Karena tidak akan cukup dibahas dalam satu artikel.

Berikut ini 5 dalil al-quran beserta makna dan artinya. Kamu bisa menyimak dengan seksama mengenai penjelasan yang kami paparkan berikut ini.

1. Dalil Asmaul Husna Al-Karim (Maha Pemurah)

Allah memiliki sifat pemurah kepada hamba-Nya. Ia selalu memberikan apa yang menjadi kebutuhan tiap hamba-Nya.

Salah satu dalil dari Al Karim terdapat pada surat An Naml ayat 29,

قَالَتْ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ إِنِّي أُلْقِيَ إِلَيَّ كِتَابٌ كَرِيمٌ

Artinya: Berkata ia (Balqis): "Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia," (An Naml: 29).

2. Dalil asmaul husna al alim (Maha Mengetahui)

Allah mengetahui semua yang dilakukan oleh makhluk-Nya. Bahkan kita sedang bersembunyi pun, Allah bisa mengetahuinya.

Salah satu dalil Al-Quran yang mengandung nama al alim terdapat dalam surat Al-Baqarah [2] : 32. Seperti ini bunyi ayatnya:

قَالُوا۟ سُبْحَٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana". (Al Baqarah: 32).

3. Dalil Asmaul Husna Ar Rauf (Maha Pengasih)

Salah satu kelebihan Allah adalah mampu mengasihi semua hamba-Nya meski kadang seorang hamba lupa dengan-Nya. Allah selalu memberikan kasih sayang kepada semua makhluk-Nya tanpa tak terkecuali.

Salah satu dalil Al-Quran yang menyebutkan nama ar rauf terdapat dalam surat An Nahl ayat 47.

اَوۡ يَاۡخُذَهُمۡ عَلٰى تَخَوُّفٍؕ فَاِنَّ رَبَّكُمۡ لَرَءُوۡفٌ رَّحِيۡمٌ

Artinya: "atau Allah mengazab mereka dengan berangsur-angsur (sampai binasa). Maka sungguh, Tuhanmu Maha Pengasih, Maha Penyayang," (An Nahl: 47).

4. Dalil Asmaul Husna Al Ghaniy (Maha Kaya)

Allah maha kaya, Ia tidak membutuhkan harta benda. Justru kitalah yang sering meminta sesuatu kepadaNya. Allah juga yang telah memberikan penghidupan kepada kita semua. Sehingga kita bisa bertahan hidup hingga saat ini. Lantas seperti apa sih dalil dari al ghaniy?

Sebenarnya ada banyak sekali ayat yang menunjukkan sifat atau nama Allah Al Ghaniy, beberapa diantaranya adalah surat Muhammad ayat 38.

وَاللَّهُ الْغَنِيُّ وَأَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ

Artinya: "Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan(Nya)," (Muhammad/ 47:38).

Kemudian ada juga di surat Al-Hajj ayat 64.

وَإِنَّ اللَّهَ لَهُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ

Artinya: "Dan sesungguhnya Allah Azza wa Jalla benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji," (al-Hajj/ 22:64)

5. Dalil Asmaul Husna Al Aziz (Maha Mulia / Maha Perkasa)

Kita semua tahu, Allah maha mulia. Kemuliaan ini juga diabadikan di salah satu namanya yang terdapat dalam asmaul husna.

Salah satu dalil Al-Quran yang menunjukkan nama al aziz terdapat pada surat Al Baqarah ayat 209.

فَاِنۡ زَلَـلۡتُمۡ مِّنۡۢ بَعۡدِ مَا جَآءَتۡکُمُ الۡبَيِّنٰتُ فَاعۡلَمُوۡٓا اَنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ حَکِيۡمٌ

Artinya: "Tetapi jika kamu tergelincir setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepadamu, ketahuilah bahwa Allah Maha-perkasa, Maha Bijaksana," (Al Baqarah: 209).

Nah itulah 5 Dalil Asmaul Husna Beserta Makna dan Artinya yang telah kami paparkan. Kamu bisa mencari dalil lainnya yang ada di dalam al-quran. Dengan begitu, ilmu yang kamu dapatkan akan jauh lebih banyak.


Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "5 Dalil Asmaul Husna Beserta Makna dan Artinya"