Asal-usul istilah April Mop, Dari Lelucon Hingga Pembantaian

asal-usul istilah April Mop


Tanggal 1 april diperingati sebagai hari April Mop. Biasanya seseorang akan merayakan dengan candaan yang berupa kebohongan yang tujuannya hanya untuk hiburan semata. Tapi kalian tahu tidak asal-usul istilah April Mop? Ada berbagai versi mengenai awal mula munculnya istilah ini. 

Namun sebelum masuk ke pembahasan, kamu tahu tidak April mop contohnya seperti apa? Nah contoh dari April Mop ini yakni ketika seseorang berbohong kepada keluarganya, kemudian pembohong tersebut tidak merasa bersalah karena hanya menganggap sebagai candaan saja. Orang yang dibohongi juga tidak marah, karena hari tersebut merupakan perayaan satu kali dalam satu tahun.

Namun dibalik perayaan yang sangat meriah ini, tersimpan beberapa peristiwa yang amat kelam. Lantas seperti apa asal-usul istilah april Mop ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

3 Versi Asal-usul Istilah April Mop


Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa sejarah yang menjadi dasar peringatan April Mop. 

Sejarah April Mop di Inggris


Di Inggris, perayaan April Mop pertama kali dilakukan pada 1 April 1700. Saat itu, warga Inggris saling berbohong dan bercanda ria hingga tengah hari. Mereka tidak merasa bersalah dan tidak ada yang saling menyalahkan. Mereka bergembira bersama dan menikmati hari itu tanpa ada rasa apapun. 

Sejarah April Mop di Perancis


Ada juga versi asal-usul dari April mop. Sejarawan mencatat bahwa perayaan ini berasal dari tahun 1582. Saat itu, terjadi pergantian kalender di Prancis, yang semula menggunakan kalender Julian berganti menjadi kalender Gregorian atas dorongan Council of Trent pada 1563.

Atas pergantian kalender itu, banyak warga yang terlambat mendapatkan kabar tersebut. Sebagian dari mereka tidak tahu jika tahun baru dilakukan pada 1 Januari. Sehingga mereka merayakan tahun baru di akhir Maret hingga 1 April.

Dari peristiwa tersebut, dijadikan sebuah lelucon. Banyak warga yang menempelkan kertas ke punggung orang lain. Lelucon tersebut dinamakan dengan poisson d'avril atau iklan April. Hingga perayaan tersebut terus dilakukan oleh masyarakat hingga saat ini. 

Sejarah April Mop di Spanyol


Sejarah April Mop di Spanyol begitu kelam. Penaklukan Spanyol di tangan umat Islam tidak membuat tentara salib berdiam diri. Mereka justru terus melemahkan keimanan umat Islam. Hingga akhirnya, kejayaan umat Islam di Spanyol runtuh.

Tentara salib meminta agar umat Islam meninggalkan Spanyol dan telah mempersiapkan kapal di dermaga. Umat Islam yang percaya dengan kaum kafir itu kumpul di dermaga. Sementara yang tidak percaya, mereka tetap sembunyi di rumah masing-masing. 

Tentara salib menipu umat Islam, mereka justru membantai semua umat Islam yang bersembunyi di rumah-rumah dengan cara membakar rumah tersebut. Umat Islam yang berada di dermaga juga dibantai habis-habisan. Mereka yang kebanyakan terdiri dari anak-anak dan wanita harus terbunuh dengan sadis. Hingga laut berubah menjadi merah kehitaman karena darah yang mengalir. 

Peristiwa pembantaian itu, bertepatan dengan tanggal 1 April. Orang Kristen kemudian memperingati 1 April sebagai April Mop atau The April Fool's Day

Melihat dari berbagai peristiwa di atas, Apakah orang Islam boleh merayakan April Mop? Secara hukum Islam, berbohong tidak diperbolehkan. Candaan dalam bentuk kebohongan juga tidak dianjurkan. Karena bisa membuat seseorang jadi terbiasa berbohong.

Apalagi kegiatan ini juga menyimpan kisah kelam yang sangat mengerikan. Sehingga kurang pantas kita merayakan acara ini diatas penderitaan umat Islam terdahulu yang terbantai. 

Demikian ulasan mengenai Asal-usul istilah April Mop. Kita jadi lebih tahu bahwa ada tiga peristiwa yang mendasari terjadinya perayaan April Mop. Semoga apa yang Arsip Info sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Posting Komentar untuk "Asal-usul istilah April Mop, Dari Lelucon Hingga Pembantaian"