Arti Kedutan Mata Menurut Primbon Dan Medis

arti kedutan mata kiri menurut primbon dan medis
arti kedutan mata kiri menurut primbon dan medis


Kedutan mata merupakan suatu hal yang biasa dialami setiap orang, bahkan beberapa orang mengalaminya lebih sering. Namun banyak masyarakat kita yang mengaitkan kondisi tersebut dengan mitos atau primbon tertentu.

Misalnya orang yang mengalami kedutan pada matanya berarti ia sedang diperbincangkan orang lain. Atau kondisi tersebut dikaitkan dengan pertanda baik atau sebaliknya. Meski kebenarnya sulit dipastikan atau dibuktikan, namun banyak juga orang yang mempercayainya.

Disisi lain secara medis, mata yang sering berkedut bisa jadi mengindikasikan kondisi kesehatan, meskipun secara umum kedutan mata tidak berbahaya. 

Berikut penjelasan arti kedutan mata sebelah kiri menurut pandangan primbon dan medis.

Arti Mata Kiri Kedutan Menurut Primbon


Sebagian masyarakat Jawa menganggap kedutan mata sebagai sebuah pertanda, baik kabar atau kejadian baik maupun buruk, tergantung letaknya.

Berdasarkan letak terjadinya kedutan, berikut makna kedutan pada mata kiri versi primbon :

KEDUTAN PADA MATA KIRI

1. Kedutan di alis kiri menurut primbon merupakan pertanda baik atau keberuntungan. Kita bisa menganggapnya sebagai sugesti untuk terus berpikir positif. 

2. Kedutan di kelopak mata kiri membawa pertanda yang kurang menyenangkan. Kemungkinan yang bersangkutan akan mengalami peristiwa yang membuat hati terluka. Pertanda ini bisa dianggap sebagai pengingat untuk lebih berhati-hati dan perhatian pada apa yang sekarang kita miliki.

3. Kedutan di ekor mata kiri atas merupakan sebuah pertanda baik. Secara lebih spesifik, kondisi ini berhubungan dengan sanak saudara yang tinggal jauh. Yaitu akan  bertemu dengan mereka setelah terpisah jarak.

4. Kedutan di ekor mata kiri bawah  atau sudut mata bawah menandakan akan mengalami suatu hal yang buruk. Menurut primbon, kedutan ini mengisyaratkan akan mengalami sakit, baik secara fisik maupun psikologis. 

5. Kedutan di bola mata kiri merupakan sebuah pertanda baik. Pertanda baik tersebut bisa berupa datangnya kabar bahagia yang bisa datang dari mana saja.


KEDUTAN PADA MATA KANAN

1. Kedutan pada ekor mata kanan bawah menurut primbon Jawa sebagai pertanda bahwa akan bertemu dengan seseorang yang spesial yang telah lama tidak berjumpa, seperti mantan kekasih atau sahabat yang jauh.

2. Kedutan pada alis mata kanan menurut primbon Jawa, pertanda akan mendapatkan sebuah kabar baik. 

3. Kedutan pada kelopak mata kanan atas versi primbon Jawa konon akan mendapatkan keberuntungan besar dari bisnis yang sedang dijalani. 

4. Kedutan pada kelopak mata kanan bawah dan biji mata kanan menjadi pertanda akan kedatangan kesedihan panjang, yang membuat seseorang mengucurkan air mata karna duka cita yang mendalam.

5. Kedutan pada ekor mata kanan atas merupakan tanda baik. Menurut Primbon Jawa, seseorang yang mengalaminya maka penyakit yan diderita selama ini akan sembuh.

Arti Mata Kiri Kedutan Menurut Medis


Mata berkedut dari sisi pandangan medis memiliki arti berbeda. 

Kedutan mata atau disebut miokimia adalah kondisi kejang tidak sadar berulang pada otot kelopak mata atas dan bawah. 

Ketika aktivitas listrik di otak menyebabkan sel-sel saraf memancarkan sinyal ke otot, hal ini menyebabkan kejang pada mata.

Kebanyakan orang mungkin mengalami kejang ringan dalam beberapa detik selama satu atau dua menit, tapi kadang juga bisa berlangsung sampai beberapa hari.

Secara umum, kedutan pada mata tidak berbahaya dan tidak menimbukan rasa sakit, dan bisa dihilang dengan sendirinya. 

Penyebab kedutan mata seringkali dipicu oleh berbagai kegiatan sehari-hari, seperti kelelahan, kurang tidur, sensitivitas cahaya, kornea yang tergores, merokok, konsumsi kafein atau alkohol, dan penyebab lainnya.

Selain itu, beberapa penyebab kedutan mata juga bisa berasal dari kondisi seperti berikut :

1. Stres disebut sebagai satu alasan terbesar mata kedutan. Seseorang bisa mengalami kedutan hingga berhari-hari jika sedang menghadapi masalah atau memikirkan sesuatu yang mengganggu pikiran, seperti menghadapi ujian.

2. Kafein atau alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu mata berkedut.

3. Kekurangan mineral dan nutrisi yang tak seimbang juga bisa menyebabkan mata berkedut. 

4. Mata kering atau mata lelah juga bisa menyebabkan mata kedutan. 

Mata kering biasanya disebabkan oleh lensa kontak, mata yang semakin tua, atau obat-obatan. Sedangkan mata merah biasanya dialami seseorang yang terlalu lama melihat komputer, membaca, atau tidak mengenakan kacamata hitam di bawah matahari.
 

Jika hal-hal di atas bukan penyebab mata kedutan, bisa jadi penyebabnya adalah penyakit lainnya. 
Bila kedutan terjadi jangka panjang atau kronis, bisa menjadi indikasi gangguan otak atau sistem saraf yang lebih serius, seperti Parkinson atau lainnya.

Mata kedutan juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit lain yang lebih serius, kebanyakan berkaitan dengan saraf seperti Parkinson atau lainnya. Sebaiknya periksakan diri Anda ketika kedutan mata semakin parah dan tak wajar.

Dilansir dari Halodoc.com, jika gejala kedutan mata semakin parah dan tidak wajar, bersama dengan salah satu gejala berikut, maka wajib diperiksakan ke dokter untuk berjaga-jaga adanya penyakit lin yang lebih serius :

- Mata merah, bengkak, atau mengeluarkan cairan yang tidak biasa.
- Kelopak mata atas terkulai.
- Kelopak mata benar-benar menutup setiap kali berkedut.
- Kedutan berlanjut selama beberapa minggu.
- Kedutan mulai memengaruhi bagian lain dari wajah.

Pencegahan Mata Kedutan


Seperti berlaku pada penyakit lain, tindakan terbaik adalah mencegah daripada mengobati. Maka cara pencegahan mata kedutan adalah mengurangi stress, tidur cukup dan mengurangi konsumsi kafein. 

Ketika mulai merasakan kedutan pada mata, cobalah mengompres mata dengan kain atau handuk yang sudah direndam dalam air hangat. 

Diamkan handuk tersebut di bagian mata yang kedutan selama beberapa menit.

Itulah ulasan mengenai arti kedutan mata menurut primbon maupun medis. Meskipun kedutan pada mata umumnya tidak berbahaya, namun tidak semua kedutan mata bisa disepelekan.

Posting Komentar untuk "Arti Kedutan Mata Menurut Primbon Dan Medis"