Kenali Perbedaan Antara Gelato Dan Es Krim Yang Banyak Disalahpahami

Perbedaan Antara Gelato Dan Es Krim



Gara-gara tampilan keduanya mirip, banyak yang salah sangka antara gelato dan ice cream (es krim). Antara es krim dan gelato sekilas memang terlihat sama.

Makanan penutup (dessert) ini memang terlihat sama satu dengan lainnya. Baik rasa maupun teksturnya. Sama manis, dingin dan menyegarkan saat dinikmati. Ini membuat keduanya sering disalahpahami.

Tapi jika ditelusuri lebih lanjut, keduanya berbeda. Baik gelato maupun es krim keduanya tergolong jenis frozen dessert, yaitu dessert dingin yang secara penampilan serupa namun tak sama.

Mungkin karena umumnya orang lebih mengenal lebih dulu es krim sebelum gelato, sehingga cenderung mengira gelato sebagai es krim. Tetapi ada perbedaan mendasar dari dua sajian manis ini.

Namun di kalangan generasi muda, gelato lebih disukai hingga popularitasnya kian mendunia. Hal ini tak lepas dari tekstur dessert beku serupa es krim ini lebih halus dan creamy, serta memiliki varian rasa beragam.

Banyak orang menyukai gelato karena lemaknya lebih sedikit dari es krim, tapi rasanya lebih kaya dan enak.

Lalu, apa saja perbedaan antara gelato dan es krim yang perlu diketahui para peminatnya?

Perbedaan antara Gelato dan Es Krim

Berikut perbedaan mendasar antara gelato dengan es krim yang perlu diketahui agar tidak keliru menyebutnya. Dimulai dari perbedaan asal usulnya.

Asal Usul Es Krim vs Gelato


Perbedaan pertama antara es krim dan gelato bisa dilihat dari asal-usulnya. Meskipun belum diketahui secara pasti, es krim dipercaya berasal dari Tiongkok, sedangkan gelato dari Italia.

Berdasarkan catatan tertua yang ditemukan, es krim sudah dibuat di Tiongkok pada zaman kerajaan kuno, berasal dari bahan susu kerbau, tepung, dan es.

Sedangkan gelato berasal dari Italia.

Asal usul nama gelato konon berasal dari kata "congelato" dalam bahasa Italia yang berarti "beku", dan kata "congelare" berarti "membekukan".

Gelato pertama kali dibuat di sisilia. Pada tahun 1686, Francesco Procopio dei Coltelli, nelayan Sisilia dan chef asal Palermo membuat mesin gelato pertama di dunia.

Ia kemudian membuka kafe di Paris yang diberi nama Café Procope yang menjual gelato dan kopi. Namun versi lain menyebutkan kudapan ini pertama kali dibuat di kota Florence.

Perbedaaan Kandungan Nutrisi Gelato Dan Es Krim


Perbedaan kedua antara gelato dan es krim terlihat dari kandungan nutrisinya. Kandungan lemak gelato lebih rendah dari es krim. Menurut Food and Drug Administration (FDA), 10% kalori es krim berasal dari lemak.

Namun biasanya 1 porsi es krim mengandung total 25% kalori dari lemak. Satu porsi krim vanilla (78 gram) bisa mengandung 210 kalori.

Sedangkan kandungan lemak pada gelato hanya sekitar 4-9%. Satu porsi gelato 88 gram bisa mengandung 160 kalori.

Namun keduanya mengandung gula yang tinggi, sehingga disarankan tidak terlalu sering mengonsumsi baik gelato maupun es krim dalam satu hari.

Perbedaan Bahan Dasar Gelato Dan Es Krim


Bahan dasar gelato dan es krim pada dasarnya sama, namun kadarnya berbeda. Seperti halnya es krim, gelato juga mengandung susu, krim, gula, dan perasa.

Tapi gelato memakai lebih banyak susu dan lebih sedikit krim dibanding es krim, sehingga teksturnya lebih kental.

Selain itu, biasanya gelato juga dibuat tanpa kuning telur.

Sebaliknya, kandungan krim dan kuning telur yang digunakan pada pembuatan es krim, membuatnya lebih banyak mengandung lemak dibanding gelato.

Sehingga perbedaan bahan dasar keduanya dapat disimpulkan, kalau gelato memakai lebih banyak susu, sedangkan es krim lebih berlemak.

Perbedaan Proses Pembuatan Gelato Dan Es Krim


Tahap awal dalam pembuatan gelato maupun gelato adalah mencampur susu ataupun krim dengan gula.

Pada es krim, terkadang kuning telur juga digunakan untuk membuat tekstur lebih lembut.

Selanjutnya, berbagai rasa baru akan ditambahkan.

Kemudian ke dalam adonan tersebut dimasukkan udara, melalui proses pengadukan.

Di sinilah perbedaan yang mendasar antara gelato dan es krim.

Es krim diaduk menggunakan kecepatan tinggi, sehingga udara lebih banyak masuk dan adonan lebih mengembang.

Sementara itu, pada pembuatan gelato diaduk dengan kecepatan rendah. Sehingga kandungan udaranya lebih sedikit.

Maka hasil akhirnya, es krim mengandung lebih banyak udara dan lemak, sedangkan gelato memiliki lebih sedikit udara namun lebih banyak susu.

Perbedaan Tekstur Gelato Dan Es Krim


Tekstur pada Gelato lebih halus dan lebih padat daripada es krim. Saat disekop, gelato terasa lebih padat dan elastis. Kepadatan ini membuat gelato memiliki rasa yang lebih kuat dibanding es krim.

Menurut pakar gelato, Morgan Morano, gelato memiliki tekstur lebih lembut, halus, dan padat karena lebih sedikit udara yang masuk dalam pembuatannya.

Gelato juga memiliki lebih sedikit lemak butter. "Lemak ini bakal 'melapisi' langit-langit mulut Anda saat dimakan. Saat jumlahnya lebih sedikit, Anda bisa langsung mencecap cita rasa dessert itu," kata Morano.

Sebaliknya tekstur pada es krim cenderung lebih lembut dan ringan dan cepat lumer di mulut.

Es krim rasanya lebih ringan karena ia mengandung lebih banyak lemak dan udara, sehingga lemak tersebut terlebih dahulu menyelimuti lidah dan membuat rasa tidak cepat sampai ke ujung-ujung saraf di lidah.

Perbedaan Cara Penyimpanan Gelato Dan Es Krim


Biasanya gelato disimpan di lemari pendingin dengan suhu yang lebih tinggi atau hangat dibandingkan es krim.

Biasanya es krim disimpan dalam suhu -17 sampai -12 derajat Celcius, sedangkan gelato lebih disarankan pada suhu -13 sampai -9 derajat Celcius.

Secara tradisional gelato disajikan pada suhu 10-15 derajat Fahrenheit (6-8 derajat celcius) lebih hangat dari es krim.

Penyimpanan dalam suhu yang lebih hangat ini memungkinkan gelato tetap mempertahankan teksturnya yang lembut dan memuaskan selera.

Hal ini membuat rasa gelato berkembang dan lebih bisa dinikmati rasanya, karena lidah orang tidak akan mati rasa seperti saat memakan es krim yang lebih dingin.

Ketika menyajikan gelato, umumnya diambil menggunakan spatula atau sendok lebar berbentuk datar untuk mempertahankan tesktur lembutnya.

Sedangkan es krim biasanya diambil dengan sensok es krim yang berbentuk bulat sehingga lebih mudah ketika disajikan.

Perbedaan Varian Gelato dan Es Krim


Dibandingkan es krim, gelato memiliki varian rasa lebih banyak, karena lebih sering diaplikasi untuk eksperimen.

Maka tak heran gelato hadir dalam pilihan rasa yang sangat banyak. Mulai dari rasa yang standar dan klasik sampai berbagai yang mungkin tak pernah dibayangkan!

Tidak hanya rasa yang umum dikenal seperti yang popular dan banyak disukai seperti rum raisin, pistachio, vanilla dan cokelat.

Namun kita juga mengenal gelato dengan rasa unik seperti gelato rasa jamu, gelato Viagra, atau gelato rasa asinan khas Bogor, gelato rasa kecap manis dengan toping tempe goreng di atasnya.

Demikian perbedaan antara gelato dan es krim yang banyak disalahpahami dan perlu diketahui sebelum kamu mengonsumsi salah satunya. Pada intinya, perbedaan antara keduanya terdapat pada kandungan bahan, proses pembuatan, tekstur, dan hingga cara penyajiannya. Jangan salah ya.

Namun baik gelato dan es krim, keduanya sebaiknya dikonsumsi dalam takaran yang wajar, mengingat kandungan gula dan kalorinya cukup tinggi.

Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Kenali Perbedaan Antara Gelato Dan Es Krim Yang Banyak Disalahpahami"