WhatsApp Tidak Bisa Kirim dan Terima Pesan? Ini Cara Mengatasinya!


solusi WhatsApp Tidak Bisa Kirim dan Terima Pesan



WhatsApp adalah salah satu media sosial yang banyak orang menggunakannya. Hampir semua pemilik smartphone menggunakan WhatsApp sebagai salah satu media komunikasi mereka. Manusia pernah memiliki masalah, begitu juga dengan WhatsApp yang mana dibuat oleh manusia. Salah satunya, WhatsApp tidak bisa kirim dan terima pesan. 

Ketika satu-satunya media komunikasi kita mengalami problem, tentu kita akan merasa stres. Seharusnya kita berkomunikasi dengan orang lain jadi terhambat karena masalah tersebut. 

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim dan Terima Pesan


Di mesin pencari Google, terdapat ribuan cara mengatasinya. Kita tinggal pilih dan menerapkan yang mana sekiranya bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini terdapat berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya dan tidak bikin kamu stres berkepanjangan.

1. Jaringan Internet


Salah satu penyebab utama WhatsApp tidak bisa kirim dan terima pesan mungkin karena jaringan internet yang sedang tidak stabil. Sehingga kita perlu cek jaringan internet pada ponsel kita apakah sudah stabil atau belum. Coba melakukan browsing, jika lelet sudah dipastikan bahwa jaringan internet kamu sedang bermasalah.

Kamu bisa mengatasinya dengan cara melakukan mode pesawat beberapa menit, lalu aktifkan kembali data internet kamu. Namun jika masih belum berhasil juga, kamu bisa cek sisa kuota kamu, apakah sudah habis atau belum. Kuota yang hampir habis, biasanya membuat jaringan internet menjadi tidak stabil. 

Namun, jika kamu melakukan browsing lancar-lancar saja, ada kemungkinan lain yang mana penyebabnya bukan pada jaringan internet.

2. Terbatasnya Akses WhatsApp pada Jaringan Internet


Cara kedua jika bukan pada jaringan internet yang lelet, kamu bisa cek di pengaturan. Apakah aplikasi WhatsApp tidak sengaja kamu batasi dalam penggunaan jaringan internet. Umumnya, di setiap smartphone dibekali dengan fitur pembatasan aplikasi dalam penggunaan jaringan internet. Hal ini bertujuan agar kita tidak terlalu boros dalam penggunaan data.

Silahkan pergi ke pengaturan dan pilih opsi jaringan internet. Di sana kamu bisa cek apakah WhatsApp tidak sengaja kamu batasi dalam penggunaan jaringan internet dan sudah mencapai batasnya atau belum.

3. Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim dan Terima Pesan dengan Bersihkan Cache


Cara ketiga ini sebenarnya cukup simple. Kebanyakan aplikasi yang sampah atau cachenya sudah menumpuk akan mengganggu kinerja sebuah aplikasi. Salah satunya adalah WhatsApp. Jadi, kamu cukup pergi ke manajemen aplikasi, di sana kamu bisa cek apakah cache WhatsApp sudah menumpuk atau tidak. Setidaknya kamu bersihkan saja cache nya, yang mungkin bisa meringkan kinerja aplikasi WhatsApp pada HP kamu. 

Cache aplikasi bukan hanya disebabkan oleh adanya iklan. Seperti aplikasi WhatsApp yang mana tidak ada iklannya sama sekali. Maka dari itu, WhatsApp adalah aplikasi media sosial terbaik yang bisa kita gunakan. 

Pada aplikasi WhatsApp, cache yang menumpuk bisa saja terjadi karena status WA dan pesan-pesan yang terhapus. Sehingga kita perlu bersihkan sampah tersebut, yang mana sudah tidak kita perlukan lagi. 

4. Update WhatsApp


Penyebab berikutnya, bisa saja saat ini kamu sedang menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah usang alias perlu pembaharuan. Cukup cek di Google PlayStore, dan cari aplikasi WhatsApp. Jika di sana terlihat ada tombol 'Update', kamu cukup klik tombol tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi WhatsApp tidak bisa kirim dan terima pesan yang bisa kamu coba. Jika cara-cara tersebut masih belum bisa mengatasinya, kamu bisa cari cara lain yang mungkin lebih akurat. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "WhatsApp Tidak Bisa Kirim dan Terima Pesan? Ini Cara Mengatasinya!"