Perbedaan antara Getting Old Dan Growing Old


antara Getting Old Dan Growing Old


Jika anda ditanya, pilih mana antara Getting Old (bertambah tua) atau Growing Old (tumbuh menua)?Mungkin bingung menjawabnya. Apa perbedan diantara keduanya? 

Tulisan tentang perbedaan Getting Old dan Growing Old ini muncul dalam salah satu postingan di grup WhatsApp alumni. Berdasarkan hasil penelusuran, ternyata artikel tersebut juga dipublikasi di beberapa blog/web. Namun kemudian admin menemukan bahwa sumber asalnya ditulis oleh Dr. Kasiman,S.Kep,Ns,SE,SH,M.Kes (Mkk.Pdpk ).
 
Mengingat isi pesan yang ingin disampaikan lewat tulisan itu sangat bermanfaat bagi siapa saja, maka admin tergerak ikut mempublikasikan dengan harapan semakin banyak menjangkau orang-orang yang belum sempat membacanya. 

Geting Old dan Growing Old


Ketika suatu hari saya diskusi dengan isteri, pada satu momen saya menunjukkan perasaan bahwa saya tersinggung. 

Isteri saya kemudian berkata: "Sekarang kok mudah tersinggung ya? Itu gejala Getting Old, lho..."

Saya kemudian diam sejenak. 

Konon mudah tersinggung, marah, kecewa dengan perlakuan orang yang dirasakan kurang menghormati, ingin dihargai, tidak mudah lagi bercanda, semua perkara menjadi sangat serius, adalah gejala Getting Old.

Getting Old adalah istilah untuk mengatakan bahwa seseorang _bertambah tua. Getting Old adalah keniscayaan, karena setiap orang pasti bertambah tua.

Banyak orang yang Getting Old tanpa Growing Old. Bertambah menjadi tua tetapi tidak bertambah bijaksana dan dewasa sikapnya.

Growing Old adalah menjadi semakin matang mengelola emosi, bijaksana dan siap hidup sendiri, banyak kesibukan yang produktif dengan waktu yang dimiliki, dan bertanggung jawab atas tindakan ucapan serta pikirannya.

Beda Geting Old Dan Growing Old


Getting Old ternyata sangat berbeda dengan Growing Old.

Setiap orang tanpa berbuat apa-apa pasti akan Getting Old, tapi utk Growing Old ternyata perlu mempersiapkan diri menghadapi kenyataan sesuai usia untuk lebih bijaksana menghadapi kehidupan.

Growing Old – perlu pengelolaan emosi, persiapan yang sangat serius dan menyadari perilaku sesuai dengan usia, baik cara berfikir maupun kemampuan fisik.

Growing Old berbeda dengan kekanak-kanakan, seperti merengek, tidak bertanggungjawab, tidak ada komitmen, atau hanya maunya sendiri.

Growing Old menanggapi tantangan dengan tabah dan tenang, memberikan yang terbaik sesuai kemampuan dengan ikhlas, kebesaran jiwa, dan tentunya lebih bijak.

Getting Old ibarat membiarkan waktu berlalu, menyesali masa kini dan selalu menyanyikan kidung;
"Yesterday – I am not half the man I used to be" seperti lantunan the Beatles.

Glorifikasi masa lalu, dulu saya begini, dulu saya begitu – sekarang hanya lagu. Ini gejala Getting Old; menggurui, meremehkan orang, mudah tersinggung.

Inilah rupanya gejala yang dicurigai oleh isteri saya hinggap pada diri saya.

Menanggapi sinyalemen isteri, saya pun mulai berbenah dan memutuskan untuk Growing Old.

Nasehat Growing Old bukan untuk melemahkan semangat dan menerima nasib. Sebaliknya, bangun dan tetap tegak. Growing Old; menjadi lebih bijak, bukan hanya Getting Old; menjadi lebih tua.

Sangat tragis kalau menjadi tua tanpa lebih bijak. Setiap orang boleh setuju boleh tidak.

Tua bukan berarti sakit dan berpenyakitan. Nikmati hidup dengan pikiran dan fisik yang sehat.

Tetap aktif dan buat diri berguna, baik di rumah tangga, di keluarga kecil, di keluarga besar, di lingkungan, mudah-mudahan bisa sampai lingkungan yang lebih besar lagi, bermanfaat tidak harus secara materi, bisa tenaga, pikiran, ilmu, nasihat, kasih, perhatian, dan sebagainya.

Semoga tulisan singkat tentang perbedaan antara Getting Old dan Growing Old ini dapat merubah sikap mental dan perilaku dalam menjalani kehidupan kita hari ini dan esok. 


I believe the second half of one’s life is meant to be better than the first half. The first half is finding out how you do it. And the second half is enjoying it.”

Saya percaya paruh kedua kehidupan seseorang dimaksudkan untuk menjadi lebih baik daripada paruh pertama. Babak pertama adalah mencari tahu bagaimana Anda melakukannya. Dan babak kedua menikmatinya.
- Frances Lear -

Posting Komentar untuk "Perbedaan antara Getting Old Dan Growing Old "